in , ,

Brown Canyon, Wisata Bekas Pertambangan Ala Grand Canyon di Semarang

Brown Canyon Semarang

Bagi kamu yang senang traveling, tentunya ingin mendatangi tempat-tempat yang menarik. Mulai dari tempat yang mudah untuk didatangi hingga tempat yang punya medan menantang.

Baca juga : Suksesnya Kopi Malabar Khas Jawa Barat Yang Mendunia

Brown Canyon Semarang (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Semuanya memiliki keseruan tersendiri, terlebih bila tempat tersebut memiliki ciri khas yang unik akan membuat semangat untuk mengunjungi. Jika ke Semarang, kamu wajib coba ke tempat yang satu ini, yaitu Brown Canyon, salah satu wisata keren yang ada di Semarang.

Mirip wisata terkenal di Amerika Serikat

Pernah mendengar Grand Canyon? Sebuah wisata di Amerika Serikat, tempat ngarai tebing-tebing terjal dan dilalui oleh Sungai Colorado, di utara Ariona. Grand Canyon merupakan wisata yang menarik di Amerika Serikat, karena tempat tersebut unik. Seperti di Amerika Serikat, Semarang juga memiliki tempat yang mirip seperti Grand Canyon, ialah Brown Canyon.

Mirip Grand Canyon (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Bila Grand Canyon di Amerika Serikat terbentuk secara alami, sedikit berbeda dengan Brown Canyon. Tempat ini terbentuk secara tidak sengaja dari tempat pertambangan di Semarang. Dinamakan Brown Canyon karena di tempat ini memiliki tebing-tebing berwarna cokelat serta mirip dengan Grand Canyon.

Bekas pertambangan (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Awal mulanya, tempat ini hanya hamparan luas berwarna cokelat dan memiliki tebing-tebing bekas galian tambang, serta tidak banyak yang mengetahui tempat yang satu ini. Namun, beberapa wisatawan mulai berdatangan saat mengetahui keunikan tempat yang satu ini mirip dengan Grand Canyon. Selain itu acara televisi yang meliput tempat ini, membuatnya mulai dikenal oleh publik. Tidak hanya wisatawaan lokal, tapi juga mancanegara.

Cocok buat tempat refreshing

Perbukitan yang eksotis (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Bagi kamu yang penat dengan aktivitas keseharian, seperti bekerja, bersekolah, atau kegiatan lainnya, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk refreshing. Saat sampai ditempat ini, sejauh mata memandang kamu akan melihat hamparan tanah cokelat serta bukit-bukit yang merupakan ciri khas dari tempat ini, yang jarang kamu temukan di tempat wisata lainnya.

Spot foto menarik

Banyak spot foto menarik (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Hamparan tanah cokelat serta perbukitan tanah sisa galian yang menjulang tinggi, membuat tempat ini sangat menarik untuk diabadikan. Bisa dibilang Brown Canyon adalah salah satu spot foto terbaik yang ada di Semarang. Tidak heran bila banyak yang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto prewedding mereka. Tempat ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin berkunjung bersama keluarga atau bersama teman-teman.

Alamat dan harga tiket masuk Brown Canyon

Jalur yang cukup ekstrem (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Brown Canyon berada di Jalan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Terdapat beberapa jalur yang tersedia, agar bisa menyesuiakan dengan tempat kamu berada kamu bisa mengakses tempat ini melalui Google Maps.

Wisata gratis yang keren (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Untuk mengujungi tempat ini kamu tidak harus membayar tiket masuk karena tempat ini gratis dengan jam operasional 24 jam tanpa ada hari libur.

Tips berwisata ke Brown Canyon

Brown Canyon (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Untuk mengunjungi tempat ini, ada beberapa tips agar saat kamu berwisata dapat menikmatinya dengan baik, yaitu: Next

  • Gunakan kendaraan pribadi karena tempat ini tak dilewati kendaraan umum.
  • Hati-hati dalam berkendara karena jalan sekitar yang bergelombang dan beberapa berlubang.
  • Gunakan masker agar pernapasan tak terganggu oleh debu dari tanah.
  • Harus ekstra hati-hati saat datang di musim hujan karena akan licin dan becek.
  • Walaupun tempat ini terbuka 24 jam, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari serta sore hari. Kamu bisa menikmati sunrise atau sunset.
  • Hindari datang saat jam kerja karena masih ada kegiatan pertambangan.
  • Tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga barang bawaan pribadi.
ramadan
Wayang Jogja Night Carnival di kawasan Tugu Yogyakarta akan berlangsung di tanggal 7 Oktober sebagai puncak acara

Rangkaian Acara Meriah Sambut Ulang Tahun Yogyakarta 7 Oktober Mendatang

Sawala Mie Nyemek & Pancong

Sawala Mie Nyemek & Pancong Bogor, Kuliner Rakyat yang Naik Kelas