in , , ,

Buah Pala di Berbagai Sajian Masakan Nusantara

Buah Pala menjadi salah satu rempah rempah khas nusantara
Buah Pala menjadi salah satu rempah rempah khas nusantara

Sejuta wisata alam Indonesia memang tidak bisa dipungkiri akan keindahannya. Tercatat lebih dari 16 juta kunjungan wisatawan mancanegara ditiap tahunnya. Meski dua tahun belakangan sempat menurun lantaran Covid-19 namun angka ditahun 2022 mulai berangsur naik puluhan persen. Traveler dari berbagai negara ini tidaklah cukup untuk menikmati destinasi alamnya saja namun berbagai wisata kuliner kerap menjadi tujuan mereka.

Baca juga : Pantai Batu Angus di Sulawesi Utara, Uniknya Sungguh Tiada Tara

Buah Pala menjadi salah satu rempah rempah khas nusantara
Buah Pala menjadi salah satu rempah rempah khas nusantara. Foto via bengkuluinteraktif.com

Berbagai kuliner khas nusantara yang lezat menjadikan dambaan bagi siapapaun yang mendatanginya. Tak lepas traveler lokal mulai menyalurkan hobinya sebagai pecinta kuliner. Tanah Indonesia yang subur menjadikan berbagai macam rempah-rempah terbaik dunia siap mengharumkan cita rasa berbagai jenis makanan khas nusantara. Rempah-rempah ini seperti cengkeh, kayu manis, pala, merica, dan lain sebagainya.

Berbagai jenis rempah inilah tidak pernah terhindar dari berbagai jenis masakan. Salah satunya Pala, selain sebagai penambah cita rasa masakan, pala juga berkhasiat bagi kesehatan. Berikut sajian masakan nusantara yang menggunakan rempah-rempah pala.

Soto Betawi

Soto Betawi Makanan khas Jakarta
Soto Betawi Makanan khas Jakarta. Foto via resepmamiku.com

Soto Betawi termasuk salah satu masakan khas Jakarta yang menggunakan olahan daging sapi juga berbagai jerohan sebagai tambahan toping soto. Untuk mengurangi aroma anyir dari daging dan jerohan inilah menggunakan rempah-rempah berjenis pala. Cita rasa pala inilah yang membuat soto betawi menjadi lebih harum dan lezat.

Sop Buntut

Berbagai masakan berbahan dasar daging sapi ternyata harus membubuhi pala sehingga menambah aroma khas pada masakan tersebut. Tak lain dari makanan jenis sop buntut inilah wajib menggunakan pala. Pala memang satu jenis rempah-rempah yang mampu menghilangkan aroma daging yang cenderung bau anyir.

Rendang dan Olahan Daging Lainnya

Rendang daging dengan bumbu pala yang lezat
Rendang daging dengan bumbu pala yang lezat. Foto via masakanrumahan.com

Olahan daging pastinya menggunakan pala pada setiap bumbunya. Mulai dari daging sapi, daging kambing, kerbau hingga babi pastinya menambahkan pala sebagai bumbu utama. Olahan inilah biasanya dimasak bersamaan dengan santan ataupun kuah lainnya.

Manisan Pala

Manisan Pala dengan taburan gula yang memikat
Manisan Pala dengan taburan gula yang memikat. Foto via kompasiana.com

Buah Pala ternyata tidak hanya dijadikan bumbu masakan, namun juga sebagai bahan manisan. Bagian yang digunakan sebagai manisan adalah aging pala yang dicampur dengan gula dan bahan rempah lainnya. Meski diolah menjadi manisan, ternyata aroma dan cita rasa khas dari buah pala tetap terasa mantap.

Es Pala

Es buah Pala yang nikmat, minuman khas Bogor Jawa Barat
Es buah Pala yang nikmat, minuman khas Bogor Jawa Barat. Foto via pingpoint.com

Es Pala merupakan salah satu jenis minuman khas Bogor Jawa Barat. Dimanapun pasar kuliner Bogor pastinya akan sangat mudah ditemukan ketika mencari es pala. Daging pala yang begitu lezat dan kenyal serta kuah es yang begitu manis nan gurih menambah cita rasa dari es ini. Kesegaran dari es Pala sangat cocok disuguhkan dengan berbagai jenis makanan berat.

Jus Pala

Selain es pala, buah ini juga kerap dijadikan jus layaknya minuman jus buah. Daging dari buah pala yang di blender bersamaan dengan gula dan susu ini memiliki rasa yang lezat dan sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Selain tubuh tetap terjaga hangat juga dapat menambah daya tahan tubuh agar tidak rentan terhadap virus. Jus pala dapat disajikan dengan es atau dalam keadaan dingin.

Sirup Pala

Pala ternyata juga bisa dijadikan sebagai sirup minuman. Bayak ekstrak pala yang biasa dijual ditempat oleh-oleh ini sangat baik bagi tubuh lantaran tidak adanya bahan pengawet atau bahan kimia lainnya yang dibubuhkan dalam olahan sirup. Ekstrak inilah yang kemudian dicampur dengan gula dan menjadi sirup buah pala yang sangat menyegarkan.

Aneka Kue Pala

Selai buah Pala
Selai buah Pala. Foto via cookidoo.com

Buah pala juga bisa digunakan sebagai tambahan pada kue ataupun roti. Biasanya tersedia selai pala untuk sajian roti pembuka sarapan pagi. Rasanya yang begitu segar dan khas akan rempah-rempah layaknya kayu manis ataupun cengkeh. Next

ramadan
Munduk Asri Ubud Bali

Wisata Hutan Rimba Kian Memukau di Munduk Asri Ubud

Ikan hiu menjadi teman berenang di Pulau Serangan Bali

Cantiknya Pulau Serangan, Berenang Bersama Hiu