in , ,

Bukit Agaran, Cara Indah Menikmati Malam Panjang di Purwokerto

Mengagumi Indahnya Purwokerto dari Bukit Agaran

Berfoto di Bukit Agaran
Berfoto di Bukit Agaran (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Sebagai salah satu kota wisata di Jawa Tengah, Purwokerto
memiliki aneka destinasi yang tak kalah indah dibanding daerah lain. Kerap jadi tujuan liburan utama warga Jateng dan sekitarnya, tak heran jika kota ini dijuluki Kota Peristirahatan. Bukit Agaran adalah salah satunya.

Baca juga : Taman Botanikal Sukorambi, Sejuknya Alam Kabupaten Jember

Bicara wisata Purwokerto, mungkin sebagian Teman Traveler langsung teringat Wana Wisata Baturraden. Padahal sebenarnya masih ada banyak tempat lain yang sangat sayang jika tak disinggahi. Bukit indah ini sebagai contohnya.

Berada Tak Jauh dari Pusat Kota

warung bukit agaran
Deretan warung di kaki bukit (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Bukit Agaran berada di sekitar Gunung Slamet. Letaknya tak terlalu jauh
dari pusat kota. Secara administrafi, tempat ini masuk wilayah Desa Melung, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas.

Dari Purwokerto, hanya butuh waktu sekitar 20-25 menit melalui jalur Baturraden untuk mencapai tempat ini. Teman Traveler bakal melewati jalanan berkelok dengan beberapa tanjakan curam. Namun tak perlu risau karena kalian akan sering menemui banyak pemukiman penduduk. Jadi tak perlu bingung jika hendak bertanya arah.

Keindahan bukit agaran
Panorama Bukit Agaran Purwokerto (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Letaknya yang tak terlalu jauh dari pusat kota membuat Bukit Agaran kerap jadi tempat nongkrong favorit mahasiswa, terutama mereka yang tinggal di sekitar Purwokerto Utara. Mereka bisa menikmati indahnya alam sekitar sembari duduk-duduk santai.

Tiket Masuk Tidak Menguras Kantong

Tak perlu merogoh kocek terlalu banyak untuk nikmati keindahan bukit ini. Cukup membayar tiket seharga Rp5.000, Teman Traveler sudah bebas masuk kawasan ini. Namun sebelum menuju puncak, kalian harus memarkir kendaraan di lapangan yang ada di kaki bukit. Di sekitar sini kalian juga bisa menemukan fasilitas kamar mandi dan mushola.

Trekking Cukup Menantang

jalur bukit agaran
Jalur menuju puncak (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Berikutnya Teman Traveler harus berjalan kaki antara 10-15 menit untuk menuju puncak. Perjalanan ini bakal cukup menguras energi dan menguji
adrenalin, lantaran dilakukan malam hari. Namun tak perlu risau karena pengelola sudah memberikan penerangan cukup.

Beberapa petugas pengelola wisata juga kerap hilir mudik untuk memastikan pengunjung tiba di puncak bukit dengan selamat. Tapi ingat, tetap hati-hati dan jaga kewaspadaan ya Teman Traveler.

Panorama Mengagumkan

spot foto agaran 1
Spot foto di puncak bukit (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Semua lelah yang dirasakan usai mendaki bukit akan langsung hilang begitu sampai di puncak. Gemerlap lampu dari pusat kota akan langsung
menyegarkan mata.

Bisa foto-foto sampai puas (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Asyiknya lagi, hamparan keindahan tersebut bisa Teman Traveler abadikan lewat sejumlah spot foto menarik. Bentuknya beragam, mulai dari rumah, sayap, hingga tangan. Kalian tak perlu membayar biaya tambahan untuk memanfaatkan fasilitas ini.

Menginap Juga Oke

Bermalam di Agaran bisa jadi pilihan (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Jika belum puas, pengunjung bisa bermalam di Bukit Agaran. Pengelola telah menyediakan tenda yang bisa kalian sewa dengan harga antara Rp50.000 hingga Rp100.000 per malam. Jika ingin menyewa, kalian wajib menghubungi perwakilan pengelola di lapangan parkir.

Tak hanya tenda, pengelola juga menyediakan jasa antar makanan menuju puncak bukit. Jadi, jika ingin menikmati gorengan, kopi, atau camilan, Teman Traveler bisa memesan ke petugas yang berjaga di puncak.

Tersedia fasilitas WiFi (c) Ikrom Zain/Travelingyuk

Luar biasanya, wisata Purwokerto ini juga memiliki fasilitas WiFi lho. Teman Traveler bisa membeli paket WiFi khusus dengan rentang harga Rp2.000 hingga Rp5.000. Kalian bisa segera mengunggah foto liburan di Bukit Agaran tanpa perlu merisaukan kualitas koneksi Internet.

Jadi, tunggu apa lagi Teman Traveler? Segera rencanakan liburan ke Purwokerto. Nikmati panorama cantiknya dari puncak Bukit Agaran. Mau ajak siapa, nih? Next

ramadan

Potret Cantiknya Bunga Jacaranda di Berbagai Negara, Nggak Kalah dengan Sakura Jepang

Desa Wisata Penglipuran

Bosan ke Pantai Saat ke Bali? Ini Kegiatan Seru saat Jelajah Desa Wisata Penglipuran