in , ,

Bukit Arosbaya Madura, Dari Dinding Tambang Jadi Wisata Gemilang

Pesona Keindahan Alamnya Bikin Mata Terbelalak

Bukit Kapur Arosbaya
Bukit Kapur Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk

Madura adalah pulau sejuta pesona yang simpan banyak destinasi andalan seperti Gili Labak hingga Pantai Sembilan. Namun tunggu sampai Teman Traveler mengunjungi Bukit Kapur Arosbaya. Masuk ke sini, kalian bakal merasakan pengalaman seru. Rasanya seolah masuk dalam benteng dengan deretan balairung indah. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga : Mama Noi Surabaya, Resto Thailand dengan Konsep Unik nan Instagenic

Wisata Sisa Penambangan Kapur   

Bukit Kapur Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk
Bukit Kapur Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk

Wisata di Madura ini memiliki keunikan yang tidak ada di destinasi serupa lainnya. Kebanyakan tebing kapur berwarna putih, namun di sini Teman Traveler akan disambut corak kemerahan, dengan pahatan tak beraturan. Hingga kini, warga setempat masih memanfaatkannya sebagai penambangan.

Pengunjung Wisata Bukit Kapur Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk
Pengunjung di sekitar bukit (c) Willy/Travelingyuk

Dari aktivitas tersebut dihasilkan balok-balok pengganti batu bata yang dikirim ke berbagai kota, termasuk Surabaya. Meski demikian, Teman Traveler tidak perlu khawatir karena aktivitas liburan kalian di Bukit Kapur Arosbaya takkan terganggu.   

Sejuk di Tengah Panasnya Madura

Bukit Kapur Arosbaya memiliki udara sejuk (c) Willy/Travelingyuk
Memiliki udara sejuk (c) Willy/Travelingyuk
Suasana sejuk di Bukit Kapur Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk
Suasana sejuk di sekitar bukit (c) Willy/Travelingyuk

Pulau Madura dikenal memiliki suhu lumayan panas. Namun uniknya, begitu masuk ke kawasan yang juga dikenal dengan nama Bukit Pelalangan ini Teman Traveler bakal merasa sejuk luar biasa. Hal ini dikarenakan dinding-dinding kapur di sini selalu lembab dan basah, membuat bagian dalamnya selalu lebih dingin.

Dinding Tebing Instagenic

Dinding tebing Bukit Pelalangan Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk
Dinding tebing (c) Willy/Travelingyuk
Spot foto di Bukit Kapur Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk
Spot foto di Bukit Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk

Salah satu alasan mengapa banyak pengunjung rela datang jauh-jauh ke Arosbaya adalah karena ingin menikmati keindahan pahatan dinding tebing kapur. Proses penambangan membantu terciptanya gua dalam beragam ukuran. Semua terhubung dengan jalan lumayan lebar. Beberapa sengaja dipahat untuk menciptakan bentuk tertentu. Pengunjung bisa menggunakannya sebagai spot foto Instagenic. 

Masih Berfungsi Sebagai Tambang   

Masih berfungsi sebagai tambang (c) Willy/Travelingyuk
Masih berfungsi sebagai tambang (c) Willy/Travelingyuk

Meski sudah ramai didatangi pengunjung, terutama saat weekend, Bukit Kapur Arosbaya masih dimanfaatkan sebagai tambang. Saya sendiri sempat bertemu dengan Bapak Husen selaku guide di sekitar sini. Menurut beliau, wisata ini mulanya terkenal berkat media sosial.

Tambang yang berubah jadi tempat wisata (c) Willy/travelingyuk
Tambang berubah jadi tempat wisata (c) Willy/Travelingyuk

Beliau yang merupakan penduduk asli Arosbaya mengatakan bahwa aktivitas pertambangan masih dilakukan. Hal itu terlihat dari balok-balok kapur yang tertata rapi di beberapa sudut siap untuk diangkut.   

Kuliner dan Oleh-oleh Sekitar

OLeh-oleh di Bukit Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk
Oleh-oleh di Bukit Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk
Bukit kapur Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk
Bukit Kapur (c) Willy/Travelingyuk

Indahnya Bukit Kapur Arosbaya tampak seperti ngarai-ngarai di Amerika Serikat. Begitu megah. Puas menikmati keindahannya, jangan lupa mencicipi kuliner di sekitar sini. Di warung-warung sekitar kalian bisa menikmati rujak dan membeli oleh-oleh khas Madura. Beberapa di antaranya adalah rengginang lorjuk, petis, hingga kerupuk.   

Tiket dan Cara Menuju Bukit

lrm_export_186765174588623_20190820_143353661_2Yh.jpeg
Penjaga di sekitar tempat wisata (c) Willy/Travelingyuk

Menuju sini Teman Traveler bisa menumpang kendaraan roda dua maupun empat. Namun kendaraan ukuran besar seperti bus atau long ELF tidak bisa masuk karena jalannya cukup sempit. Penduduk setempat juga sediakan jasa ojek dengan biaya sekitar Rp5.000 sekali jalan, dari parkiran besar menuju lokasi.

Bukit Kapur Arosbaya yang Cantik (c) Willy/Travelingyuk
Bukit Kapur Arosbaya (c) Willy/Travelingyuk

Secara administratif Bukit Kapur Arosbaya masuk wilayah Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Untuk masuk sini, Teman Traveler harus membeli tiket seharga Rp5.000.

Itulah beberapa hal tentang Bukit Kapur Arosbaya yang terkenal karena keindahannya. Selain sebagai tempat ngadem, Teman Traveler juga bisa menjadikannya sebagai opsi lokasi foto pre-wedding. Bagaimana, sudah menentukan kapan mau ke sini?    Next

ramadan

Tips Menghadapi Banjir Saat Berwisata, Liburan Tetap Aman dan Tenteram

4 Makanan Sepele yang Dilarang di Dunia, Orang Lamongan Pantang Santap Lele?