in ,

Tips Menghadapi Banjir Saat Berwisata, Liburan Tetap Aman dan Tenteram

cara menghadapi saat terjebak bencana anjir saat liburan

Beberapa daerah di Indonesia sedang mengalami musibah banjir, bencana alam datang biasanya tidak pernah kita duga. Hal-hal seperti ini sangat kita hindari saat sedang berlibur. Lalu bagaimana jika kondisi ini tiba-tiba terjadi? Berikut tips menghadapi banjir saat berwisata. Yuk, simak di bawah ini.

Baca juga : Sosis Kraton, Kafe dan Villa di Bandung dengan Nuansa Bali yang Teduh

1. Bersikap Tenang 

Ilustrasi bersikap Tenang saat bencana via Shutterstock

Saat banjir melanda atau bencana lain tiba yang pertama kali dilakukan adalah bersikap tenang. Jika panik maka akan mengakibatkan bertindak diluar dugaan dan membuat keadaan semakin kacau. Saat bersikap tenang kita akan bisa berpikir lebih jernih untuk mengamankan diri. 

2. Menyelamatkan Benda-benda Penting

Ilustrasi dokumen penting via Shutterstock

Selanjutnya adalah menyelamatkan benda-benda penting seperti tanda pengenal, passport, dompet, handphone dan lainnya. Usahakan taruhlah pada satu tempat jadi akan lebih mempermudah saat bergerak untuk menyelamatkan diri.

3. Berkumpul dengan Warga Lain

Ilustrasi evakuasi banjir via Shutterstock

Jika Teman Traveler saat bencana masih berada pada penginapan sebaiknya segera keluar dan berkumpul dengan yang lain. Agar proses evakuasi lebih mudah dan tidak tertinggal informasi apapun. Jika diluar saat sedang menuju objek wisata, jangan pergi ke mana-mana tetap tenang berada di lokasi aman dari arus banjir sambil menunggu proses evakuasi.

4. Update Terus Keadaan

Ilustrasi memantau cuaca via Shutterstock

Pantau terus keadaan dan cuaca sekitar apakah sudah cukup baik kondisinya atau semakin memburuk. Perlu tahu juga daerah mana saja yang aman dan masih terkena bencana. Bisa juga mengikuti perkembangan lewat aplikasi di handphonemu. Informasi ini juga berguna untuk mengambil keputusan melanjutkan perjalanan atau tetap tinggal sementara.

5. Menghubungi Keluarga dan Pesan Darurat

Ilustrasi menghubungi emergency call via Shutterstock

Jangan lupa untuk menghubungi keluarga jika kalian sedang terjebak bencana dan dalam keadaan baik-baik saja agar mereka tenang. Kirimkan juga pesan darurat ke nomer-nomer darurat di kota tersebut jika memang ada korban jiwa.

6. Membantu Proses Evakuasi

Ilustrasi relawan via Shutterstock

Teman Traveler juga bisa berkontribusi dalam membantu warga sekitar dalam proses evakuasi. Apalagi jika kita mengetahui dan ahli dalam cara menangani bencana, akan sangat membantu mereka. Terkadang juga bala bantuan relawan sangat sedikit, jadi kita bisa meringankan beban relawan lain.

Demikian tips menghadapi banjir saat berwisata, liburan tetap aman. Jangan lupa untuk tetap waspada pada alam sekitar yang memang tidak bisa diprediksi kondisinya.  Next

ramadan

Candi Surawana, Secuil Peninggalan Bersejarah yang Punya Pesona Unik

Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Arosbaya Madura, Dari Dinding Tambang Jadi Wisata Gemilang