in

4 Makanan Sepele yang Dilarang di Dunia, Orang Lamongan Pantang Santap Lele?

Semua makanannya sangat sepele, lho

Setiap negara pasti mempunyai aturan untuk setiap warganya. Salah satu halnya adalah menerapkan aturan berupa makanan sepele yang dilarang konsumsi di negaranya. Menariknya, ada salah satu daerah di Indonesia yang juga tidak memperbolehkan mengonsumsi suatu makanan. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini. 

Baca juga : Surabi Cihapit di Bandung, Kuliner Kaki Lima yang Tetap Eksis dan Ternama

1. Kanada Melarang Makan Keripik 

Keripik via shutterstock/Jiri Hera

Pertama, ada Kanada yang melarang makan keripik bagi para warganya. Namun, keripik yang dilarang adalah yang mengandung olestra. Bagi yang belum tahu, olestra merupakan pengganti lemak sintetis yang biasanya ada di kemasan makanan bertuliskan “ringan”. Bahan satu ini sangat dilarang, karena dapat mencegah tubuh menyerap zat dan vitamin bermanfaat serta bisa menyebabkan masalah perut. 

2. Singapura Tidak Memperbolehkan Makan Permen Karet 

Permen karet via shutterstock/karen roach  

Di Singapura, mengunyah permen karet adalah hal yang ilegal dan terlarang. Tak cuma mengunyah, hal ini juga berlaku bagi mereka yang menjual, mengimpor, atau membawa permen karet ke Singapura. Sementara, meludahkan permen karet dianggap sebagai kejahatan terberat.

Sebenarnya, pada awalnya pemerintah Singapura tidak pernah melarang penduduknya mengkonsumsi permen karet. Terlebih lagi ketika permen karet dipercaya mampu meningkatkan aktivitas kreatif otak melalui konsumsi secara rutin.

Namun rupanya, pada tahun 1980-an, pemerintah Singapura terpaksa menerapkan peraturan aneh ini kepada penduduknya. Hal ini dikarenakan pada masa itu pemerintah Singapura kesulitan mengatasi masalah pembuangan sampah permen karet. Masalah sampah permen karet ini pertama kali diketahui lewat kerusakan sistem pintu transportasi Mass Rapid Transit atau MRT. Kerusakan tersebut diakibatkan banyaknya warga yang menempelkan permen karet bekas di pintu MRT.

3. Somalia Melarang Warganya Mengonsumsi Samosa  

makanan dilarang konsumsi
Samosa via shutterstock/Gaus Alex  

Selanjutnya, ada Samosa yang dilarang konsumsi dan juga beredar di Somalia. Makanan yang dibuat dari tepung halus diisi daging atau sayuran itu dilarang masuk ke Somalia karena bentuknya. Samosa dianggap sebagai simbol Kristen ke ‘Al-Shabaab, yang menyerupai Kristen Holy Trinity. Sehingga mereka dilarang membawa Samosa ke Somalia sejak tahun 2011. 

4. Lamongan Tidak Memperbolehkan Warga Memakan Ikan Lele 

makanan dilarang konsumsi
Ikan Lele via shutterstock/Kletr

Di Indonesia, tepatnya Lamongan terdapat sebuah larangan untuk warganya memakan Ikan Lele. Ini dikarenakan adanya sejarah bahwa Bayapati atau suruhan dari Sunan Giri sempat diselamatkan oleh Ikan Lele saat dikejar oleh warga yang mengira kalau dirinya seorang maling. 

Padahal sebenarnya, Bayapati hanya mengambil senjata milik Sunan Giri yang tertinggal. Sejak saat itulah, Bayapati dan semua turunannya berjanji tidak memakan Ikan Lele. Kalau ada yang berani melanggar, maka tubuhnya akan menderita gatal dan keluar bintik putih layaknya Ikan Lele. 

Itulah beberapa makanan sepele yang dilarang konsumsi di berbagai negara. Mulai dari keripik hingga ikan lele yang ternyata punya alasan masing-masing di baliknya. Nah, apakah kalian tahu ada negara lain yang menerapkan larangan serupa? 
Next

ramadan
Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Arosbaya Madura, Dari Dinding Tambang Jadi Wisata Gemilang

Destinasi Romantis di Seoul

4 Destinasi Romantis di Seoul, Buat Honeymoon ala K-Drama