in ,

Bukit Batu di Riam Kanan, Sensasi Padang Sabana Serasa di Afrika

Bukit Batu di Riam Kanan yang Panoramanya Sangat Menakjubkan

Via Instagram pergilagi_
Via Instagram pergilagi_

Buat kamu yang ingin jalan-jalan ke Afrika dan belum punya terlalu banyak biaya, ada salah satu destinasi wisata di Indonesia yang lokasinya mirip-mirip. Ada bukit sabana dengan rumput kecoklatan seperti halnya yang terdapat di Tanzania ataupun juga Kenya. Nama tempatnya adalah Bukit Batu atau yang kerap disebut dengan Gunung Batu yang terletak di Riam Kanan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Baca juga : Trip Ke Lombok 3D 2N dari Surabaya Tak Sampai 1,5 Juta, Begini Caranya

Asal Usul Dinamakan Bukit Batu

Bukit Batu Riam, Via Instagram annisaafwina
Bukit Batu Riam, Via Instagram annisaafwina

Lokasi ini dinamakan Bukit Batu lantaran banyaknya batu yang tersembunyi di antara pada ilalang yang terdapat di situ. Karena banyaknya batu itulah, para traveler yang datang sangat perlu untuk berhati-hati saat berkunjung. Lokasinya memang terlihat sangat kering dan juga gersang. Rumput dan padang ilalang yang terdapat di sekitar memiliki warna kuning kecoklatan saat musim kemarau tiba.

Daya Pikat dari Bukit Batu

Alam yang magis dan asyik, Via Instagram xebeee
Alam yang magis dan asyik, Via Instagram xebeee

Nah, selain lokasinya mirip padang sabana yang terdapat di Afrika, panorama di Bukit Batu juga sangat rekomended. Pasalnya, lokasi ini sangat tepat untuk berburu sunrise ataupun juga sunset. Panorama yang cantik akan bakal kamu dapatkan. Pecinta dan para pemburu sunrise dan sunset perlu banget berkunjung ke lokasi satu ini. Istimewanya, semburat jingga kekuningan bakal kamu lihat menyatu cantik dengan rumput ilalang di sekitar lokasi.

Ayo ke sini, Via Instagram hisnawati77
Ayo ke sini, Via Instagram hisnawati77

Satu hal lagi yang sangat menarik bagi para pengunjung, yakni bisa berburu milkyway. Tidak sedikit para pengunjung yang datang mendirikan tenda atau menginap di Bukit Batu. Karena panorama milkyway di sini terlihat dengan jelas bahkan dengan mata telanjang sekalipun.

Alam yang menakjubkan, Via Instagram ari_akbar28
Alam yang menakjubkan, Via Instagram ari_akbar28

Tidak berhenti di situ saja, ada satu hal lagi daya tarik utama di Bukit Batu ini yakni menyesapi keindahan panorama di Waduk Riam kanan dari atas ketinggai Bukit Batu. Ditambah lagi dengan kecantikan dari Gunung Tiwingan yang akan menjadikan panoramanya seperi lukisan, cantik sekali.

Cara Menuju ke Bukit Batu

Lokasi berburu milkyway, Via Instagram gust1an5yah
Lokasi berburu milkyway, Via Instagram gust1an5yah

Lokasi Bukit Batu ini berada di Desa Sungai Luar, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Sementara itu untuk rutenya adalah Banjarbaru sekitar 45 menitan, kemudian menuju ke dermaga sekitar 30 menit. Lalu untuk Bukit Batu perlu memanfaatkan perahu kecil bermesin atau kelotok.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Bukit Batu? Lokasinya sangat Instagenic ala Australia dengan rumput mengeringnya. Jadi, kapan kamu berkunjung ke lokasi ini? Next

ramadan

Wisata Air Terjun di Lampung, Sejuknya Nggak Nanggung-nanggung

Ragam olahan sosis

Parade Sosis Khas Berbagai Negara, Pengen Coba?