in , ,

Bukit Teletubbies Bali, Gak Kalah Indah dengan Lainnya

Melihat Cantiknya Pesona Bukit Teletubbies Bali

Pesona Bukit Teletubbies Bali
Pesona Bukit Teletubbies Bali (c) Putu Rima/Travelingyuk

Siapa tak kenal dengan Bali? Saking indahnya, pulau mungil di selatan Indonesia kerap dikenal dengan julukan ‘Island of God’. Namun selain pantai, Pulau Dewata punya pesona keindahan lain dalam bentuk lanskap perbukitan indah. Wisatawan kini mengenalnya dengan nama Bukit Teletubbies Bali.

Baca juga : Tak Hanya Milo, Ini Varian Es Kepal Lainnya Yang Ikut Beken

Seindah destinasi bernama serupa di daerah lain, Bukit Teletubbies Bali juga tawarkan panorama hamparan hijau nan memukau. Seperti apa persisnya? Yuk, simak ulasan saya berikut ini Teman Traveler.

Dulu Bernama Pohon Gamal

lrm_export_6560556763538_20190905_175449867_ni0.jpeg
Panorama bukit dan flora di sekitarnya (c) Putu Rima/Travelingyuk

Bukit Teletubbies Bali merupakan kawasan perbukitan luas dengan hamparan padang rumput hijau di permukaannya. Di sekitarnya terdapat sejumlah tanaman bunga dan pepohonan. Dari puncaknya, Teman Traveler bisa leluasa menebar pandangan ke segala penjuru dan melihat panorama langit biru dan lautan luas.

Nama Teletubbies disematkan lantaran dari kejauhan nampak seperti bukit dalam serial anak-anak produksi BBC tersebut. Namun sebelum dinamakan sedemikian rupa, tempat ini dikenal sebagai Bukit Pohon Gamal. Sebutan ini diberikan karena di sekitarnya banyak tumbuh pohon gamal yang biasa digunakan masyarakat sebagai pakan ternak sapi.

Waktu dan Jarak Tempuh

lrm_export_6407612241417_20190905_175216922_93n.jpeg
Indahnya pemandangan di sekitar bukit (c) Putu Rima/Travelingyuk

Destinasi ini bisa Teman Traveler temukan di Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Secara geografis, letaknya ada di sisi tenggara Nusa Penida.

Untuk sampai sini, Teman Traveler harus menyeberang dengan fast boat dari Kusamba atau Sanur. Jika berangkat dari Sanur, kalian bakal sampai di Nusa Penida dalam waktu kurang lebih 45 menit. Namun jika memilih menyeberang dari Kusamba, cuma butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai tujuan.

Begitu beres menyeberang, Teman Traveler masih harus melintasi jalur sepanjang 22 km sebelum sampai di bukit. Saran saya, sebaiknya kalian menyewa motor atau mobil karena perjalanan ini bakal memakan waktu kurang lebih 40-45 menit.

Biaya Perjalanan

Menikmati wisata Bukit Teletubbies Bali butuh biaya yang cukup lumayan. Namun ingat, Teman Traveler masih bisa sekalian mengunjungi objek wisata menarik lain di sekitaran Nusa Penida.

Untuk perjalanan fast boat pulang pergi, Teman Traveler harus rogoh kocek sekitar Rp150.000an. Sementara biaya sewa motor di Nusa Penida biasanya dipatok Rp70.000an per hari. Ingat, perkiraan biaya ini belum termasuk ongkos untuk makan dan menginap ya.

Pesona Memikat

2018_11_30_07_irr.jpg
Wisatawan abadikan indahnya perbukitan (c) Putu Rima/Travelingyuk

Berwisata ke sini tidak akan terlalu ribet karena akses jalannya mudah dan sinyal telekomunikasi sudah cukup bagus. Selain itu juga cukup ramah kantong lantaran tidak ada biaya untuk tiket masuk. Panorama yang tersaji juga cukup indah, ditambah lingkungan sekitar lumayan bersih.

Sayangnya destinasi satu ini belum terlalu dikembangkan sepenuhnya. Teman Traveler bakal sulit menemukan toilet umum, warung, maupun pondok untuk berteduh. Namun hal tersebut jangan sampai menyurutkan semangat kalian berkunjung ke sini ya.

Tips Berkunjung

lrm_export_6189068134150_20190905_174838378_rfL.jpeg
Trekking di sekitar bukit (c) Putu Rima/Travelingyuk

Sedikit tips, saat mampir ke sini Teman Traveler jangan lupa memakai sunblock dan sunscreen karena sinar mentari di Nusa Penida biasanya cukup terik. Berikutnya, jangan lupa juga membawa bekal air jika kalian ingin menjajal trekking di sekitar bukit.

Soal waktu berkunjung, sebaiknya hindari musim kemarau sebab hamparan di sekitar bukit akan nampak coklat. Hal ini terjadi karena semua rerumputan bakal mengering lantaran jarang disentuh hujan. Suasana sekitar juga bakal terkesan lebih gersang.

Bukit Teletubbies Bali belakangan sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Biasanya mereka mampir untuk sekedar berjalan-jalan, namun ada juga yang melakukan photo shoot maupun sesi foto pre-wedding. Teman Traveler jangan lupa mampir jika sedang liburan di Bali ya. Namun apapun yang kalian lakukan di sini, jangan lupa jaga kebersihan sekitar. Next

ramadan

Mengenang Sulli f(x) di Yangsan, Kota Kelahirannya

Potret Air Terjun Tesbatan di Amarasi, Indah dan Asri