in ,

4 Bukti Agnez Mo Masih Cinta Indonesia, Salah Satunya Promosikan Budaya Nusantara di Video Klipnya

Merayakan keberagaman bersama Agnez Mo

Nama Agnez Mo kembali viral di jagad hiburan Tanah Air. Kali ini penyebabnya adalah wawancara yang ia lakukan bersama Build Series by Yahoo di New York. Pernyataan Agnez mengenai asal usulnya memancing pro dan kontra dan jadi perbincangan hangat di berbagai media.

Baca juga : Cocok untuk Vegetarian, Ini Kuliner Populer Indonesia Berbahan Sayur

Padahal sejatinya penyanyi dan penulis lagu yang sudah tenar sejak kecil ini gemar menyelipkan unsur budaya khas Nusantara dalam setiap musik dan video klipnya. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Bergaya ala Papua lewat Rambut Ikal yang Khas

Image may contain: one or more people and closeup
Gaya rambut ikal khas Papua via Instagram/agnezmo

Pada akhir Juli 2019 lalu, Agnez mengunggah tampilan rambut baru yang bergaya cornrow atau kepang. Ia pun menjelaskan bahwa model ini terinspirasi dari wanita Papua yang gemar mengepang rambutnya hingga berbentuk anyaman.

Selain karena faktor estetik, biasanya mereka melakukannya untuk alasan kepraktisan. Hal ini mengingat rambut keriting sedikit susah untuk diatur.

Meskipun begitu, Agnez sempat dikecam oleh beberapa kalangan karena melakukan ‘cultural appropriation‘ atau tidak menghargai budaya lain. Rambut cornrow, bersama dengan warna kulit gelap diasosiasikan sebagai budaya Afrika.

2. Promosikan Budaya Indonesia dalam Music Video Hitsnya

Image may contain: one or more people, people standing and indoor
Agnez Mo mempromosikan budaya Papua via Instagram/agnezmo

Tak henti-hentinya Agnez mempromosikan kebudayaan Nusantara lewat karya musiknya. Salah satunya adalah lewat video klip terbarunya yang berjudul ‘Diamonds‘. Di sini, ia akan mengkolaborasikan unsur modern dengan kebudayaan khas Papua.

Image may contain: one or more people and closeup
Agnez Mo berpose dengan wanita Papua via Instagram/agnezmo

Agnez sendiri mengaku bangga bisa berkolaborasi dengan mereka. Bahkan ia pun sempat berujar di Instagram, “Orang-orang luar biasa di sebelah saya ini adalah orang Indonesia, terutama dari Papua. Kami mengenakan pakaian tradisional Indonesia. Sungguh menakjubkan, betapa beragam namun serupanya kita. Inilah yang diajarkan budaya saya.”

3. Agnez Mo Kenakan Kostum Batik Kebanggaan

Image may contain: 1 person, agnez mo
Agnez Mo kenakan kostum batik via Instagram/agnezmo

Masih ingat video klip ‘Long As I Get Paid?’ Di sini Teman Traveler bisa melihat betapa anggunnya Agnez mengenakan kebaya modern sebagai kostum utama. Usut punya usut, ternyata busana tersebut merupakan hasil karya desainer ternama Indonesia, Anne Avantie. Sang perancang mengaku tak menyangka bahwa hasil karyanya itu kini dikenal hingga seluruh dunia.

No photo description available, agnez mo
Agnez mengenakan kebaya waktu kecil dan besar via Instagram/agnezmo

Selain itu, Agnez juga pernah mengenakan kebaya dalam video klip lainnya berjudul ‘Coke Bottle‘. Bedanya, desainnya lebih sederhana dengan bagian lengan dan dada atas lebih terbuka. Publik sendiri merespon positif karya musiknya ini sambil mengungkapkan kebanggaan karena budaya Nusantara semakin mendunia.

4. Agnez Mo Bawa Nama Indonesia dalam Tiap Wawancara Asing

Image may contain: one or more people and outdoor, agnez mo
Agnez Mo mencium bendera Indonesia via Instagram/agnezmo

Kepopuleran dan keberhasilannya dalam bermusik di Amerika Serikat membuatnya sering diundang media setempat. Kesempatan ini tidak dilewatkan begitu saja oleh Agnez. Di setiap wawancara dan penampilannya, ia selalu menyelipkan budaya Nusantara.

Bahkan, dalam beberapa sesi, ia tak malu untuk membawa nama Indonesia. Ia pun juga mengungkapkan rasa bangga menjadi bagian dari Tanah Air yang membesarkannya hingga sekarang.

Nah, buat Teman Traveler sendiri, apa yang sudah kalian lakukan dan buktikan sebagai bentuk kecintaan pada Tanah Air? Mari diskusikan bersama! Next

ramadan
Pancake Gelato Boba ala Koono Gelato

Koono Gelato Malang, Ada Gelato Boba yang Lagi Hits

Kedai Kunang-kunang

Kedai Kunang-Kunang, Akomodasi Murah untuk Pendaki Sindoro dan Sumbing