in ,

4 Bukti Surabaya Surganya Pejalan Kaki, Nikmati Kota Pahlawan Tanpa Sumbang Asap Kendaraan

Bakal nyaman banget kalau jalan kaki di sini

Semenjak kepemimpinan Ibu Tri Rismaharini, Surabaya terus berbenah. Kota pahlawan satu ini ingin masyarakatnya menjadi lebih nyaman tinggal di sana. Bahkan, para pejalan kaki pun turut dimanjakan dengan beragam fasilitas. Kalau kalian ingin tahu lebih banyak tentang fasilitasnya, Travelingyuk sajikan beberapa bukti bahwa Surabaya surganya pejalan kaki. 

Baca juga : Pagoda Instagenic di Indonesia, Semuanya Mirip dengan Luar Negeri Lho!

1. Sediakan Lahan Parkir di Tengah Jalan Raya 

surabaya surganya pejalan kaki
Taman Parkir Jalan Wijaya Kusuma via twitter/EncietyNews

Surabaya kembali membuat Indonesia bertepuk tangan, karena membangun area parkir tak biasa. Yaitu berada di tengah jalan raya yang membelah Jalan Wijaya Kusuma. Ada beberapa tujuan dasar dalam pembangunan area parkir satu ini.

Pertama, untuk menghindari kemacetan yang terjadi karena mobil parkir di tepi jalan. Lalu yang kedua untuk mengoptimalkan fungsi trotoar bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda. Selain itu, agar pejalan kaki lebih mudah saat menunggu angkutan umum atau ojek online

2. Ciptakan Pedestrian yang Nyaman 

surabaya surganya pejalan kaki
Pedestrian yang lebar via instagram/hnaamanda

Tak hanya lahan parkir, pedestrian pun juga turut diperhatikan di kota ini. Pemerintah setempat merancang jalur khusus pejalan kaki sedemikian rupa agar lebih nyaman. Kini, ukuran pedestrian sangatlah lebar, yaitu sekitar dua sampai tiga meter. Hal ini tentu membuat para pejalan kaki lebih nyaman dan tak perlu lagi berdesakan. 

Selain itu, pedestrian di kota bersejarah ini juga sangat ramah difabel, khususnya tuna netra. Ini dibuktikan pada bagian tengah pedestrian dipasang batu-batu kecil untuk memudahkan para tuna netra berjalan. Selanjutnya, di bawah pedestrian dibangun box culvert untuk memperlancar saluran air, agar tidak banjir.  

3. Pasang Bola dan Bollard di Pedestrian 

Bollard via twitter/EncietyNews

Kalau kalian sedang berkunjung ke Surabaya, pasti sering kali melihat bola beton atau pajangan berbentuk orang di area pedestrian. Ternyata, itu ada fungsinya lho, Teman Traveler. Adalah supaya pengemudi kendaraan bermotor tidak mengambil hak pejalan kaki. Selain itu, keberadaan dua benda ini juga bisa menambah keindahan area pedestrian. 

Kalian bisa menemukan bola dan bollard ini di beberapa tempat. Untuk bola berada di Jalan Blauran, dan Jalan Embong Malang. Sedangkan bollard berada di depan Surabaya Plaza. 

4. Membangun Jembatan Penyeberangan Orang di Mana-mana

Untuk memudahkan menyeberang jalan, kota yang penuh dengan taman ini juga membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Dengan adanya jembatan ini diharapkan bisa membuat pejalan kaki merasa lebih nyaman untuk menyeberang. Selain itu JPO juga bisa memperkecil kemungkinan kecelakaan yang disebabkan menyeberang jalan.

JPO ini dapat kalian temukan di mana saja, seperti Jalan Basuki Rahmad, Jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan Gubernur Suryo. Tapi, yang paling banyak dikunjungi adalah Jembatan Taman Gantung Tunjungan karena sangat instagenic dan juga teduh. 

Itulah sejumlah bukti bahwa Surabaya surganya pejalan kaki. Jadi, kalian yang ingin melancong ke sana tanpa menggunakan kendaraan, tak perlu khawatir lagi. Semua fasilitas untuk pejalan kaki tersedia lengkap di sini. Apa kalian berniat untuk mencobanya sebentar lagi?  Next

ramadan
Kedai Mie Sutoyo

Kedai Mie Sutoyo, Cwi Mie Legenda Malang dari 1940-an

Private Villa Tradisional Bali

Private Villa di Tengah Alam Bali, Romantic Escape Sebelum Bekerja Kembali