in ,

Lokasi untuk Menikmati Bunga Edelweis di Indonesia, Kagumi Tanpa Memetik

Inilah Lokasi untuk Menikmati Bunga Edelweis di Indonesia

via Instagram/irma_nurlinasari
via Instagram/irma_nurlinasari

Edelweis merupakan salah satu daya tarik pendaki gunung. Tumbuhan endemik yang hanya bisa hidup di areal pegunungan ini memang sangat cantik, sehingga banyak orang tergiur untuk memetik. Padahal, bunga edelweis di Indonesia sangat dilarang untuk dipetik. Hal ini didasarkan pada Undang-undang No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1. Yuk intip di sini, lokasi untuk menikmati bunga edelweis di Indoneisia seperti berikut ini.

Baca juga : Mencicipi Kopi Enak Kurang dari Rp 30 Ribu di Kafe Kopi Bendungan Hilir Jakarta

Lembah Mandalawangi, Gunung Gede Pangrango

Lembah Mandalawangi, via Instagram/erisroman
Lembah Mandalawangi, via Instagram/erisroman

Lembah Mandalawangi ini berada di 100 meter dari Puncak Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 3.019 di atas permukakan laut dan luasnya sekitar 5 hektar. Lembah Mandalawangi ini terkenal menjadi salah satu lokasi favorit Soe Hok Gie semasa hidupnya. Saat pendakian sampai di sini, hamparan padang Bunga Edelweis dan juga kabut akan membuat kamu terhipnotis.

Alun Alun Suryakencana, Gunung Gede Pangrango

Alun-alun Suryakencana, via Instagram/sams_ramlee
Alun-alun Suryakencana, via Instagram/sams_ramlee

Selain di Lembah Mandalawangi, Bunga Edelweis di Indonesia bisa ditemukan saat mendaki Gunung Gede Pangrango, namanya adalah Alun-alun Suryakencana. Disebut demikian lantaran konon sering terdengar suara derap kaki kuda para prajurit Pangeran Suryakencana. Dibalik mitos yang memang bikin merinding itu, ada hamparan bunga edelweis cantik di sini. Lokasi yang bisa dibilang cukup populer memang di kalangan para pendaki.

Tegal Alun, Gunung Papandayan

Tegal Alun Papandayan, via Instagram/etinnlee
Tegal Alun Papandayan, via Instagram/etinnlee

Masih di Jawa Barat tepatnya di Garut, ada Gunung Papandayan yang menawarkan hamparan bunga edelweis yang cantik. Lokasi tepatnya berada di Tegal Alun. Ini merupakan area lapang yang ditumbuhi edelweis. Karena panorama yang cantik itulah, tidak sedikit para pendaki yang singgah. Meski indah, para pendaki dilarang untuk mendirikan tenda di sini. Kawasan yang sangat eksotis untuk mengabadikan keindahan edelweis.

Kalimati, Gunung Semeru

Kalimati Semeru, via Instagram/irma_nurlinasari
Kalimati Semeru, via Instagram/irma_nurlinasari

Lokasi lainnya untuk menikmati keindahan bunga edelweis di Indonesia adalah Gunung Semeru, Jawa timur. Tepat sebeum puncak Mahameru ada Kalimati yang memang biasanya disinggahi. Di sini, para pendaki akan melihat hamparan bunga edelweis dan puncak Mahameru sebagai backgroundanya, kombinasi yang sangat pas. Jika ingin menikmati keindahan lainnya, Ranu Kumbolo tidak boleh dilewatkan.

Itulah lokasi-lokasi yang bisa Teman Traveler sambangi jika ingin menikmati keindahan hamparan bunga edelweis di Indonesia. Ingat ya, selalu jadilah traveler yang cerdas dengan tidak melanggar peraturan. Selamat jalan-jalan. Next

ramadan

8 Geopark Indonesia Baru, Lengkapi Destinasi Liburanmu Menikmati Kemegahan Alam Negeri Sendiri

Rawon di Probolinggo

Rawon di Probolinggo, Ada yang Sudah 7 Dekade Lamanya