in ,

Rawon di Probolinggo, Ada yang Sudah 7 Dekade Lamanya

Empat Rekomendasi Rawon di Probolinggo

Rawon di Probolinggo
Rawon di Probolinggo

Rawon merupakan kuliner berkuah hitam khas Jawa Timur yang bisa ditemui dengan mudah. Terutama di Surabaya, Pasuruan, Probolinggo dan sekitarnya. Warna hitam dari kuliner ini berasal dari kluwek, bumbu khas Nusantara. Biasanya, dalam seporsi rawon akan ada daging sapi, tauge kecil, daun bawang, sambal, dan tidak lupa kerupuknya. Kali ini Travelingyuk akan memberikan list rawon di Probolinggo sebagai rekomendasi.

Baca juga : Villa di Bali yang Sediakan Kolam Renang Bunga, Bikin Suasana Makin Romantis

Rawon Nguling

Rawon Nguling, via Instagram/njajansik
Rawon Nguling, via Instagram/njajansik

Rawon Nguling merupakan salah satu tempat yang cukup populer di Probolinggo, bahkan di Indonesia. Rawon ini sudah hadir sejak tahun 1942. Lokasinya berada di Jl. Raya Tongas No. 75, Tambak Rejo, Tongas Probolinggo. Jam bukanya mulai dari 05:00 hingga 21:00 WIB.

Tempatnya luas, parkirannya juga sangat cukup untuk menampung mobil. Jangan sampai melewatkan tempat ini jika jalan-jalan ke Probolinggo. Salah satu rawon legendaris yang banyak diburu oleh para traveler yang datang ini bahkan sudah ada cabangnya di Malang, dan rasanya tidak kalah nikmat dari pusatnya. Nah, satu porsi rawon di sini dihargai RP37.000 saja.

Rumah Makan Tongas Asri

Rumah Makan Tongas Asri, via Instagram/horizonhoman
Rumah Makan Tongas Asri, via Instagram/horizonhoman

Kemudian ada Rumah Makan Tongas Asri yang bisa untuk dicoba kenikmatan rawonnya. Rumah makan ini berlokasi di Jl. Raya Tongas Km. 84, Bulak, Tambakrejo, Tongas, Probolinggo. Rawon di sini memiliki rasa yang pas, dagingnya juga begitu empuk. Citarasa yang cukup rekomended buat dicoba.

Selain rawon, banyak juga menu-menu yang bisa dicoba di sini. Misalnya saja semur lidah, bakmoy, mie goreng dan lain-lain. Tempat makan di Probolinggo ini buka mulai jam 05:00 sampai dengan 24:00 WIB. Satu porsi nasi rawon empal di sini dibanderol Rp20.000.

Sari Rawon

Rawon di Sari Rawon, via Instagram/koh_aming
Rawon di Sari Rawon, via Instagram/koh_aming

Menu rawon di Probolinggo enak lainnya bisa ditemukan di Sari Rawon. Tempatnya sederhana, namun tertata rapi. Sudah menggunakan AC dan harganya pun cukup bersahabat. Tak ketinggalan rasa rawonnya yang nikmat, kuahnya tidak terlalu kental, empalnya juga begitu empuk. Bumbu-bumbunya juga terasa. Ada menu nasi pecel dengan siraman kuah rawon yang rasanya bikin ketagihan.

Depot Sari Rawon ini berlokasi di Jl. Raya Pesisisr, Sumberasih, Probolinggo. Jam bukanya, mulai dari jam 06:00 WIB sampai dengan 22:00 WIB. Ada menu lainnya yang juga banyak dipesan yakni nasi cumi hitam. Untuk harga rawonnya, satu porsi Rp17.000, per Desember 2018.

Depot Warket

Rawon Warket, via Instagram/salmanphotographyku
Rawon Warket, via Instagram/salmanphotographyku

Rawon di Probolingge enak selanjutnya ada Depot Warket yang bisa jadi lokasi untuk berburu rawon enak. Lokasinya berada di Jl. Raya Pasuruan-Probolinggo, Tongas, Probolinggo. Tempat makan 24 jam di Probolinggo ini menyuguhkan beragam menu yang enak.

Fasilitas di sini juga memadai, seperti toilet yang bersih, mushola, parkir luas, dan wastafel untuk mencuci tangan. Selain rawon, menu andalan di sini adalah ketan. Jika kebetulan sedang lewat, jangan segan untuk mampir.

Sungguh suatu kesia-siaan jika kamu traveling ke Probolinggo dan tidak mencicipi rawon, terutama Rawon Nguling yang melegenda. Ada yang sudah pernah Teman Traveler coba? Next

ramadan
via Instagram/irma_nurlinasari

Lokasi untuk Menikmati Bunga Edelweis di Indonesia, Kagumi Tanpa Memetik

Liburan Kykuu di Bali

Destinasi Wisata di Bali, Pilihan Anastasia Herzigova alias Kykuu Istri Ge Pamungkas