in ,

Baru Meluncur! Bus Sakoci Akan Mengantar Pelancong Berkeliling Wisata di Kota Cimahi

Bus wisata Sakoci hadir di Cimahi, bakal mudahkan wisatawan keliling kota tentara!

Bus wisata Cimahi

Pembagian bus wisata merupakan salah satu program Gubernur Jawa Barat. Jika baru-baru ini bus bernama Kidang Pananjung hadir di Purwakerta, kota tentara juga keciratan. Baru saja diresmikan, bus wisata Cimahi bernama Sakoci akan memudahkan pelancong untuk berkeliling kota. Agar lebih jelas, berikut rangkuman informasinya.

Baca juga : 6 Best Hotels in Kuta under USD40

Baru Saja Diresmikan

Baru diresmikan, via Instagram/cimahikota

Pemerintah Kota Cimahi meluncurkan bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) di sela kegiatan Car Free Day (CFD) berlangsung pada hari Minggu (3/3/2019) di Jalan Demang Hardjakusumah setelah tiga kali tertunda. Dalam peluncuran tersebut, wali kota Cimahi yakni Ajay M Priatna kedua kalinya melakukan test drive dengan membawa sejumlah penumpang berkeliling ke sejumlah ruas jalan di kota Cimahi.

Dilansir dari Tribunnews Ajay mengatakan “Car Free Day kali ini lebih istimewa karena berbarengan dengan peluncuran pertama Sakoci atau sarana yang bisa digunakan masyarakat umum untuk mengunjungi tempat bersejarah di Kota Cimahi”.

Memiliki Ciri Khas Militer

Ciri khas berwarna hijau tua, via Instagram/cimahikota

Bus wisata Cimahi yang unik dan antik ini mengusung konsep art deco. Bus memiliki satu lantai dan mirip dengan bus wisata Bandros. Untuk warna, bus didominasi oleh warna hijau tua. Dikutip dari Detik, warna tersebut memang sengaja dipilih untuk menonjolkan kekhasan Cimahi sebagai kota militer.

Karena terdapat banyak pusat-pusat pendidikan militer. Bagi Teman Traveler yang berminat naik bus wisata ini siapkan tarif sebesar Rp20 ribu bagi dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak.

Dilengkapi Pemandu Wisata

Adanya pemandu wisata, via Instagram/cimahikota

Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) DPC Kota Cimahi akan menjadi pemandu wisata untuk bus wisata Sakoci. Mereka pun telah siap karena selama satu minggu sudah mendapat pelatihan penguatan materi tentang sejarah Kota Cimahi yang nantinya akan disampaikan kepada penumpang ketika berkeliling.

Tour Guide berjumlah 19 orang yang akan bergantian setiap harinya ini memiliki latar belakang berbeda-beda mulai dari mahasiswa hingga anggota Komunitas Tjimahi Heritage.

Rute yang Dilewati Bus Sakoci

Bus wisata Cimahi, via Instagram/cimahikota

Rute yang akan diambil oleh Bus Sakoci di antaranya Kampung Adat Cireundeu, Makam Kerkof, Gedung Cimahi Technopark, Pusdik Armed, Penjara Poncol, dan beberapa tempat bersejarah lainnya. Bus ini juga menjadi salah satu penunjang wisata Military Tourism yang beberapa waktu lalu sudah diluncurkan.

Kampung Adat Cireundeu, via Instagram/wildamnoer

Seperti yang diberitakan Tribunnews, “Tujuannya agar masyarakat seluruh Indonesia tahu di Kota Cimahi banyak terdapat tempat wisata yang tidak dimiliki tempat lain. Di sini banyak bangunan bersejarah abad ke-18 dan abad 19.” ujar Ajay selaku Wali Kota Cimahi.

Jika kalian berkunjung ke kota tentara, jangan lewatkan kesempatan untuk menjajal bus wisata Cimahi bernama Sakoci ini. Selain diajak berkeliling, Teman Traveler juga dapat pengetahuan mengenai beberapa tempat sejarah yang akan dilewati. Menarik banget kan! Next

ramadan
Keindahan di Taman Leang-Leang

Tak Perlu ke China, Saksikan Indahnya Gugusan Karst di Taman Prasejarah Leang-leang

Senja di Pinisi Makassar

Spot Senja Makassar, Kagumi Keindahan Kota Daeng di Bawah Sorotan Jingga