in , ,

Jejak Kolonial Cafe Batavia, Sejarah Jakarta di Bangunan Tua

Kafe dengan nuansa belanda di cafe batavia

Jika ditanya tempat-tempat yang ‘Belanda’ banget di Indonesia, maka tidak bisa lepas dari Jakarta. Tak terkecuali kawasan yang sekarang populer dengan nama Kota Tua. Di lokasi tersebut terdapat Cafe Batavia yang masih mempertahankan rasa ‘Batavia’. Lewat ulasan berikut ini, Teman Traveler akan diajak memasuki ‘lorong waktu’ yang penuh daya tarik. 

Baca juga : Goutte Coffee & Tea di Bandung, Tempat Ngopi Asyik yang Homey

1. Mengenang Jakarta Zaman Dulu 

Nuansa Cafe Batavia
Nuansa Cafe Batavia (c) Willy Singgih/Travelingyuk 

Jakarta yang sekarang adalah salah satu kota yang menakjubkan dengan berbagai destinasi wisata. Terutama jika kamu ingin menambah wawasan tentang sejarah. Salah satu tempat yang jangan sampai dilewatkan adalah Cafe Batavia.

Di sini, Teman Traveler bahkan bisa sambil menyantap berbagai menu. Dari jendela-jendelanya yang khas zaman dulu, Teman traveler bisa melihat Kota Tua yang ramai dengan pengunjung terutama saat akhir pekan.

Tepat di seberangnya terdapat bangunan besar Museum Fatahillah. Beberapa foto jadul juga dipamerkan untuk menambah rasa takjub siapapun yang berkunjung. 

Cafe Batavia Jakarta
Cafe Batavia Jakarta (c) Willy Singgih/Travelingyuk

2. Tertua Kedua Setelah Gedung Balaikota era Belanda 

Cafe Batavia Jakarta (c) Willy Singgih/Travelingyuk
Cafe Batavia Jakarta (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Cafe Batavia mulai dibangun pada tahun 1837, di masa saat Belanda masih berkuasa sebagai penjajah. Awalnya bangunan ini disediakan untuk mendukung kegiatan pemerintahan. Namun selang beberapa waktu, Kafe ini mengalami beberapa kali pindah kepemilikan.

Setelah menjadi miliki salah satu saudagar Arab, pada tahun 1990 seorang warga Perancis bernama Paul membelinya untuk dijadikan sebagai geleri lukisan. Sekitar tahun 1991 dibeli orang lain dan dijadikan sebagai kafe hingga sekarang. 

Cafe Batavia Jakarta (c) Willy Singgih/Travelingyuk
Pengunjung di Cafe Batavia Jakarta (c) Willy Singgih/Travelingyuk

3. Tempat Nongkrong Unik di Jakarta 

Cafe Batavia Jakarta (c) Willy Singgih/Travelingyuk
Bartender di Cafe Batavia Jakarta (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Teman Traveler yang ingin mencari tempat nongkrong yang suasananya  beda dari biasanya, cobalah datang di kawasan Kota Tua Jl. Pintu Besar Utara No.14, Taman Sari.

Hampir setiap sudut di tempat ini tidak bisa lepas dari nuansa kolonial. Bagian depan ditata seperti teras-teras pertokoan Eropa, lengkap dengan tanaman dan kursi-kursi santai.

Di lantai satu tersedia panggung pertunjukan. Bar di lantai dua juga penuh dengan berbagai macam minuman. Duduk di kafe ini akan membuat merasa seperti seorang priyayi di masa silam. 

Cafe Batavia Jakarta (c) Willy Singgih/Travelingyuk
Bar di Cafe Batavia Jakarta (c) Willy Singgih/Travelingyuk

4. Menu-menu Indonesia 

lrm_export_278581499275783_20190822_122706798_fVI.jpeg
Salah Satu Menu (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Meski tetap mempertahkan gaya bangunan hingga ornamen yang kolonial banget. Namun pengelola tempat kulineran di jakarta ini juga menyediakan menu-menu khas Indonesia. Salah satu yang perlu kamu coba adalah aneka es seperti yang ada di foto ini.

Rasanya segar dan manisnya pas. Terdeia dalam porsi yang cukup besar ditambah siraman sirup dan susu kental manis menggiurkan. Menu lain yang bisa dicoba adalah kwetiau hingga olahan bebek  berbumbu khas Nusantara.

Harga yang ditawarkan memang lumayan mahal, tapi sebanding dengan nuansa unik yang ditawarkan. 

5. Toilet yang Unik 

Toilet di Cafe Batavia (c) Willy Singgih/Travelingyuk
Toilet di Cafe Batavia (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Selain gaya bangunan dan menunya, yang membuat penulis merasa takjub adalah toilet di Cafe ini. Begitu unik dan jarang ada di tempat lain. Bagian dinding-dindingnya dihiasi dengan  banyak foto.

Bahkan beberapa di antaranya nampak vulgar. Bukan hanya itu, di toilet owok tempat buang air kecil berbentuk dinding kaca yang besar. Wastafel pun dibuat dengan gaya  yang antik. 

Itulah beberapa hal mengenai sejarah Cafe Batavia dan beberapa potret keunikannya. Tempat unik di Jakarta ini punya segudang daya tarik. Berniat untuk jalan-jalan ke Kota Tua? Jangan lupa mampir untuk santai di sini ya, Teman Traveler.  Next

ramadan
spbu terindah di dunia

4 SPBU Terindah di Dunia, Indonesia Juga Punya

Mengunjungi Pasar Barang Antik di Kota Lama Semarang