in , ,

Mengunjungi Pasar Barang Antik di Kota Lama Semarang

Menelusuri pesona kota Lumpia

Semarang dan suasana Kota Lama adalah dua hal yang telah melekat sejak dahulu. Keberadaannya sendiri belakangan semakin eksis sejak digarap serius oleh pemerintah kota. Salah satu yang mau saya bahas kali ini adalah Pasar Barang Antik yang menjadi salah satu daya tarik utama destinasi wisata ini.

Baca juga : Gulai Sapi Tugu Pak Samin yang Melegenda, Nikmat Meski Tanpa Santan

Pasar Barang Antik, Gudangnya Barang-Barang Kuno

img_20190917_175759_JZO.jpg
Piring, cangkir, dan pernak-pernik kuno (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Di dalam area Kota Lama, terdapat sebuah bangunan besar berbentuk seperti gudang bernama Pasar Barang Antik. Tidak ada petunjuk khusus untuk menuju ke tempat ini.

Di dalamnya terdapat banyak stand yang menjual beragam barang antik, dari yang paling kecil hingga yang berukuran besar. Harganya pun bermacam-macam, ada yang murah hingga seharga jutaan rupiah.

img_20190917_181256_RQ8.jpg
Kemasan teh dari masa ke masa (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Selain itu, ada pula lampu klasik dengan berbagai ukuran, kaca, gelas, uang jadul, piring, buku, permainan jadul, dan masih banyak lagi.

Harganya Mulai dari 7.500 Rupiah, Gokil!

img_20190917_180428_qQ8.jpg
Aneka koleksi prangko (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Sudah bukan hal baru lagi jika barang-barang kuno seperti ini memiliki nilai jual yang amat mahal. Terlebih jika barang tersebut memiliki nilai seni dan memori khusus bagi pemiliknya dulu.

Contohlah saja prangko yang saya temukan di sini. Ada yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda, loh! Konon katanya, beberapa di antaranya sudah tidak ditemukan lagi di manapun.

img_20190917_175943_T3o.jpg
Kolekso kartu pos jadul (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Semakin tua usia barang tersebut biasanya nilai jualnya akan semakin tinggi pula, begitu pula dengan barang-barang yang dijajakan di sini.

Salah satu barang menarik yang saya temukan adalah kartu pos bargambar foto jadul. Saya tidak tahu ini dibuat tahun berapa, tapi sedikit kaget ketika melihat harganya. Hanya Rp10.000! Bisa saya koleksi, nih!

Surganya Tempat Hunting Foto

img_20190917_181708_aur.jpg
Beberapa stand di Pasar Barang Antik (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Karena tempat ini merupakan destinasi utama benda-benda kuno, tidak jarang kalian akan menemukan kolektor-kolektor dari berbagai wilayah di Semarang yang mengunjungi tempat ini. Bahkan, ada beberapa yang berasal dari luar kota, seperti Jakarta dan Bandung.

Tapi ternyata, tidak cuma para kolektor yang datang ke sini. Seringkali saya melihat ada banyak sekali anak muda yang datang untuk berfoto dan bereksis ria. Hal ini terjadi karena destinasi wisata yang satu ini memiliki spot-spot foto yang estetik dan instagramable, cocok untuk dimasukkan ke dalam media sosial.

Itulah tadi ulasan saya saat mengunjungi Pasar Barang Antik di Semarang. Bisa dimasukkan ke dalam itinerari kalian apabila berkunjung ke kota ini. Bagaimana, tertarik? Next

ramadan

Jejak Kolonial Cafe Batavia, Sejarah Jakarta di Bangunan Tua

Indonesia Negara Wisata Terbaik

Keren! Indonesia Jadi Negara Wisata Terbaik Dunia 2019, Kamu Sudah Keliling ke Mana?