in ,

Cahaya Baru, Restoran Khas India Selatan di Medan yang Jadi Idaman

Restoran Cahaya Baru di Medan

Cahaya Baru di Medan
Cahaya Baru di Medan

Kuliner Indonesia tidak hanya dipengaruhi oleh makanan Tionghoa yang datang melalui pedagang Cina di masa lalu. Pengaruh makanan India juga masih begitu kental di tanah air. Bahkan, ada satu restoran yang menyediakan menu khas India Selatan. Namanya Cahaya Baru yang terletak di Medan. Lalu, apa keunikan dari tempat makan ini? Yuk, simak ulasannya berikut.

Baca juga : Jerowaru and Its Beautiful Beaches

1. Interior Resto yang India Banget

Menu Spesial Cahaya Baru
Menu Spesial Cahaya Baru via instagram/@jenzcorner

Pecinta kuliner Medan pasti tak asing lagi dengan Cahaya Baru. Yap, restoran di Jalan Teuku Cik Di Tiro ini cukup nyentrik dengan konsep yang diusung. Dari pintu masuk, kamu bakalan dimanjakan aneka ornamen khas India. Ada lukisan dewa-dewi yang dipajang rapi di dinding. Ternyata konsep ini diciptakan oleh Antoni dan Yakoba yang merupakan pasutri keturunan India.

Kuliner di Cahaya Baru
Kuliner di Cahaya Baru via instagram/@grace_charine

2. Menu Makanan Khas India yang Menggiurkan

Mogulai Paratha
Mogulai Paratha via instagram/@cahayabaru_indianfood

Tidak hanya interiornya yang India banget, sebagian besar menu di sini merupakan makanan khas kampung halaman Shahrukh Khan. Lebih tepatnya makanan khas India bagian selatan yang didominasi dengan menu bercita rasa pedas. Aneka menu yang siap memanjakan lidah di sini adalah kari, nasi briyani, cutlet (mirip perkedel dari buncis dan wortel), vadai (kue dari kacang hijau), hingga samosa.

Kuthu Paratha
Kuthu Paratha via instagram/@cahayabaru_indianfood

3. Kari Spesial yang Jadi Andalan

Kari di Cahaya Baru
Kari di Cahaya Baru via instagram/@v24x

Dari banyaknya menu yang disajikan, Cahaya Baru terkenal dengan karinya. Tentu saja hanya kari ayam dan daging. Sementara kari sapi tidak tersedia karena masyarakat India menganggap dosa menyantap daging sapi. Hidangan ini biasa disajikan bersama dengan roti seperti capati. Yap, roti gurih yang disantap dengan kari ini cukup mengenyangkan. Nah, jangan lupa pula untuk memesan minumannya. Salah satu yang bisa kamu coba adalah teh tariknya. Diracik spesial dengan kombinasi teh dan susu yang sempurna.

Nasi Briyani di Medan
Nasi Briyani di Medan via instagram/@mgdalenaf

Itulah ulasan dari Cahaya Baru yang merupakan restoran dengan menu khas India Selatan di Medan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba makan di sini? Tenang, Cahaya Baru buka dari jam 11 siang dan tutup jam 10 malam. Next

ramadan
Kerajinan daerah Indonesia

Pilihan Kerajinan Daerah yang Bisa Untuk Oleh-oleh, Suka yang Mana?

Sebelum Traveling ke Filipina, Pahami Dulu Hal Ini