in ,

Pilihan Kerajinan Daerah yang Bisa Untuk Oleh-oleh, Suka yang Mana?

Tujuh Kerajinan Daerah untuk Oleh-oleh, Unik dan Klasik

Kerajinan daerah Indonesia
Kerajinan daerah Indonesia

Indonesia sungguhlah bangsa yang kaya. Tak hanya keindahan alam luar biasa yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang berkali-kali, kuliner nusantara pun tak main-main enaknya. Ada lagi, yaitu kerajinan daerah-daerah di Indonesia sangat unik. Nggak cuma gantungan kunci, ada beragam karya cantik dari tangan Indonesia yang keren untuk diborong dan dijadikan oleh-oleh. Apa saja, ya?

Baca juga : Mengintip Taman Indah dengan Pendopo Bersejarah di Kediaman Walikota Bandung

1. Kerajinan Batok

Kerajinan batok
Kerajinan batok via Instagram/@bathokjogja

Sebagai negara tropis, tidak susah menemukan pohon kelapa di Indonesia. Beberapa daerah seperti Blitar, Jogja, dan Semarang banyak menciptakan kerajinan dari batok yang dibentuk menjadi mangkok, gelas, hiasan dinding, bahkan tas. Yakin nggak mau punya yang seperti ini di rumah?

2. Ukiran Kayu

Kerajinan kayu
Kerajinan kayu via Instagram/@aulbandung

Kerajinan kayu juga banyak ditemukan di tanah air kita. Tak hanya menjadi gantungan kunci, patung, dan teman-temannya, kini bahkan ada tas yang terbuat dari ukiran kayu. Wah, ternyata kreatifitas masyarakat Indonesia memang tak ada duanya, ya.

3. Batik

Batik
Batik via Instagram/@mahkotabatikid

Sudah bukan rahasia, batik menjadi salah satu warisan leluhur yang menjadi kebanggaan tanah air. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan corak andalan yang bermakna masing-masing. Kain dengan motif klasik dan cantik ini bahkan sudah terkenal di luar negeri. Tak hanya itu, batik pun pernah dilirik menjadi motif tas rancangan desainer kelas dunia. Super keren, bukan?

4. Kerajinan Kulit

Kerajinan kulit
Kerajinan kulit via Instagram/@gravelleather

Jalan-jalan ke Jogja, juga Garut, kamu akan mendapati beragam kerajinan daerah yang menarik perhatian. Salah satunya adalah kerajinan kulit yang disulap menjadi tas, sepatu, hingga jaket. Kualitas kulitnya pun tak main-main, lho. Tak sedikit kerajinan kulit Indonesia yang sudah diekspor dan laris manis di pasar dunia. Bagaimana, yakin tak mau punya yang seperti ini?

5. Kerajinan Rotan

Kerajinan rotan
Kerajinan rotan via Instagram/@_alex_dxb_

Sedang hits di Bali, yaitu kerajinan rotan yang dibentuk dalam wujud tas berbagai model. Selain Bali, rotan juga menjadi kerajinan daerah Jepara, Malang, dan masih banyak lagi. Mau punya? Datang saja ke Pasar Ubud atau Sukawati, Bali. Hati-hati khilaf dan memborong semuanya, ya. Siap-siap melihat banyak wisatawan asing yang kepincut dengan tas-tas rotan yang lucu ini.

6. Tenun

Kain tenun
Kain tenun via Instagram/@tenunikatmurah

Tak hanya batik, Indonesia juga memiliki kain tenun sebagai kerajinan daerah yang cocok untuk oleh-oleh. Kamu bisa menemukan tenun di Sumba, Makassar, Aceh dan masih banyak lagi. Masing-masing daerah memiliki corak tenun yang berbeda, namun sama-sama cantik. Seperti yang terlihat pada gambar, kain tenun kini banyak digunakan sebagai properti foto. Keren, kan?

7. Kerajinan Bambu

Kerajinan bambu
Kerajinan bambu via Instagram/@bambumandiri

Kerajinan daerah Indonesia lainnya yang tak kalah bagus adalah dari bambu. Sudah sejak lama, bambu digunakan untuk membuat berbagai keperluan masyarakat, dari tempeh untuk menjemur hingga tempat berteduh. Seperti yang diketahui, tempat menginap dari bambu memiliki banyak peminat, khususnya dari luar negeri. Kerajinan daerah dari bahan yang satu ini pun banyak diburu untuk oleh-oleh.

Nah itu tadi beberapa contoh kerajinan daerah Indonesia yang unik dan cocok diborong untuk buah tangan. Nggak ada lagi nih selain di tanah air kita yang kaya raya. Bagaimana, kamu sudah punya yang mana? Next

ramadan

Ombak Tinggi Menyapu Gili Trawangan, Begini Penjelasan Resmi SAR Mataram

Cahaya Baru di Medan

Cahaya Baru, Restoran Khas India Selatan di Medan yang Jadi Idaman