in ,

Mampir Bandara Silangit, Jangan Lupa Melipir Buat Coba Camilan Tapanuli Utara Ini

Camilan Tradisional Khas Tapanuli Utara yang Patut Dicicip

Ombus Ombus Khas Tapanuli Utara

Bandar Udara Silangit merupakan salah satu bandara internasional yang terletak di Siborongborong, Tapanuli Utara. Teman Traveler yang sedang singgah di Tapanuli Utara jangan sampai melewatkan kuliner yang ada di kawasan tersebut. Ada camilan Tapanuli Utara yang bisa dimakan sambil menunggu jam keberangkata. Ada apa saja? Yuk baca lebih lanjut.

Baca juga : Kuliner Pilihan Yayan Ruhian, Si Mad Dog yang Ikut Berperan di John Wick 3

Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk via Instagram @horastapanuliutara

Sesuai dengan namanya, kacang ini berasal dari Desa Sihobuk Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara. Kacang tanah merupakan komoditi terbesar yang dihasilkan dari desa ini, sehingga penduduk setempat pun memanfaatkan hal tersebut dengan mengolah kacang untuk dipasarkan. Selain itu konon munculnya kacang Sihobuk sebagai bentuk mengenang korban bencana longsor yang terjadi di kawasan tersebut beberapa waktu silam. Keistimewaan kacang Sihobuk terletak pada pengolahannya, kacang tanah yang masih berada di dalam kulit digoreng dengan pasir sungai. Kacang Sihobuk memiliki citarasa gurih dan tekstur empuk. Teman Traveler yang mencicip kacang ini masih bisa menemukan sedikit serbuk pasir di kulit kacang ini.

Pohul Pohul

 

Pohul Pohul via Instagram @pariwisata_sumut

Makanan ringan ini terbuat dari beras yang direndam semalaman kemudian dikeringkan dan dijadikan tepung. Dicampur dengan kelapa parut dan gula merah yang telah disisir kasar. Setelah adonan jadi, dicetak menggunakan tangan. Dari sinilah istilah pohul pohul yang berarti genggaman tangan muncul. Pohul pohul ada yang mentah dan ada pula yang dikukus. Memiliki citarasa perpaduan gurih kelapa dan manisnya gula merah.

Lappet

Lappet via Instagram @davidbein1april

Lappet atau biasa juga disebut lampet merupakan makanan ringan yang bahannya sama dengan pohul pohul. Kalau pohul pohul tidak dibentuk dengan kepalan tangan, maka lappet dibungkus daun pisang dibentuk kerucut. Camilan Tapanuli Utara ini memiliki citarasa gurih manis dengan aroma khas daun pisang.

Ombus Ombus

Ombus Ombus via Instagram @rasasayange

Terbuat dari tepung beras kemudian dalamnya diisi gula merah, kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Ombus ombus berarti embus embus yang berasal dari wilayah Siborongborong, kue tradisional ini paling enak dimakan ketika panas menemani udara dingin di kawasan ini. Sehingga sebelum memakan harus diembus embus dahulu alias ditiup. Jajanan ini biasanya dijadikan sebagai sarapan ditemani dengan segelas teh hangat.

Bagi yang hendak berlibur ke Tapanuli Utara jangan lupa menjajal sedapnya jajanan tradisional Tapanuli Utara ya. Sayang kalau sampai melewatkan kelezatannya. Teman Traveler sudah pernah mencoba yang mana nih? Next

ramadan
Liburan di Bromo ala Backpacker

Tips Liburan Hemat di Bromo ala Backpacker, Catat ya!

Kreasi Es Nusantara Jadi Kuliner, Unik dan Kekinian di Jakarta