in ,

Camilan Tradisional Khas Bali yang Nikmat Menggoyang Lidah

fi camilan tradisional khas Bali

Jika berkunjung Pulau Dewata untuk berwisata jangan lewatkan wisata kuliner mencoba berbagai macam makanan khasnya. Berikut rekomendasi camilan tradisional khas Bali, berbagai pilihan yang nikmat menggoyang lidah, wajib dicoba Teman Traveler. Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Warung Kopi Purnama, Warung Unik dengan Nuansa Klasik di Bandung

1. Kaliadrem

kaliadrem
Ilustrasi via instagram horisonseminyak

Pertama ada Kaliadrem merupakan sajian pelengkap sesaji saat Hari Raya Galungan, berbentuk seperti donat tetapi segitiga dan biasanya diberi taburan wijen di atasnya. Terbuat dari tepung beras, gula merah, gula pasir, kelapa parut dan garam dengan cita rasa manis dan gurih yang seimbang. Nikmat dimakan bersama teh atau kopi saat sore hari. Teman Traveler dapat mencoba kue Kaliadrem ini di Bali pada berbagai pasar tradisional.

2. Batun Bedil

batun bedil
Ilustrasi via instagram rujakumabali

Berikutnya ada Batun Bedil, mirip seperti bubur candi tetapi ada bahan yang membuatnya berbeda. Bahan untuk membuat kue tradisional ini adalah tepung beras, tepung kanji, lalu dibentuk bulat-bulat atau pipih setelah itu direbus. Sebagai pelengkap menikmatinya disajikan bersama kuah terbuat dari gula merah, santan, tepung beras, pandan dan lainnya. Cita rasa manis legit dan gurih akan terasa, uniknya kue ini rendah kalori.

Jika ingin mencobanya bisa ditemui di Pasar Senggol Kreneng, Jalan Kamboja, Denpasar, Bali dengan satu porsinya dibanderol Rp 5.000. Jam operasional pasar pukul 07.00-22.00 WITA, buka setiap hari.

3. Bendu

bendu
Ilustrasi via instagram agung_srikeswari

Kemudian ada kue Bendu, seperti kue dadar gulung pada umumnya namun yang membedakan adalah cara memasaknya tidak menggunakan minyak. Terbuat dari adonan tepung ketan, air kembang sepatu, kelapa parut yang sudah matang lalu diisi gula unti khas Bali setelah itu dibungkus daun pisang. Cita rasa gurih dan manis legit sangat lezat untuk camilan bersama teh atau kopi. Bendu bisa ditemukan pada pasar tradisional di Bali, dibanderol Rp 2.000 per buah.

4. Rujak Bulung

rujak bulung
Ilustrasi via instagram waroeng_kelan_indah

Selanjutnya ada Rujak Bulung yang berbeda dengan rujak lainnya, berbahan dasar rumput laut utuh direbus, disiram dengan kuah pindang, cabe rawit, parutan kelapa bakar, lengkuas dan ditaburi kedelai. Memiliki cita rasa asin, gurih, dan pedas yang menggugah selera. Teman Traveler dapat membelinya pada warung di beberapa pantai Bali, dibanderol Rp 5.000 per porsi.

Demikian rekomendasi camilan tradisional khas Bali yang lezat dan bisa dijadikan referensi kuliner Teman Traveler di Pulau Dewata saat liburan. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi wisata alam boyolali

Wisata Alam di Boyolali, Keindahan Alam yang Instagenik

Danau Rana, Serpihan Surga di Tengah Pedalaman Pulau Buru