in , ,

Tips Camping Buat Pemula, Merasakan Pengalaman Baru yang Seru

Buat Pemula Perlu Baca Tips Berikut

Camping Buat Pemula (c) Intan Deviana Travelingyuk
Camping Buat Pemula (c) Intan Deviana Travelingyuk

Sedang bosan bermalam di hotel dan ingin lebih menyatu dengan alam? Artinya, Teman Traveler wajib menjajal camping. Nah, kira-kira apa saja sih hal-hal yang harus dipersiapkan Teman Traveler yang newbie dalam hal ini? Berikut akan dijelaskan tips penting buat para pemula yang penasaran ingin mencoba camping. Simak, ya!

Baca juga : Pantai Kusik, Keindahannya Menantang Selera Bertualang

Camping Buat Pemula
Sukamantri Camping Ground (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pertama, Siapkan Peralatan Utama Camping

Camping Buat Pemula
Tenda sewaan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler harus menyiapkan beberapa peralatan utama camping, seperti tenda, matras, dan sleeping bag. Kalau memungkinkan dan dirasa akan sering digunakan, tak ada ruginya untuk membeli peralatan tersebut sebagai investasi di camping berikutnya. Namun, kalau sekadar dipakai sesekali, kamu dapat menyewanya di outdoor equipment rental yang biasanya tersedia di camping area.

Kedua, Siapkan Perlengkapan Memasak

Camping Buat Pemula
Memasak dengan kompor outdoor dan nesting (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Camping saja tanpa menyempatkan memasak di camping area serasa kurang lengkap. Jadi, biar maksimal, Teman Traveler sebaiknya menyiapkan perlengkapan memasak juga. Supaya tak repot, sudah ada kompor outdoor dan nesting (satu set panci untuk aktivitas outdoor) berukuran kecil yang bisa kamu bawa.

Seperti biasa, perlengkapan masak ini juga bisa kamu beli atau menyewanya. Yang terpenting, jangan lupa membawa alat makan, pisau, dan bahan-bahan memasak.

Ketiga, Siapkan Perlengkapan Pelengkap Camping

flashlight_3770623_1920_0Dr.jpg
Ilustrasi senter via Pixabay

Maksud dari perlengkapan pelengkap ini adalah alat-alat yang bermanfaat selama kegiatan camping, namun sering kali lupa terbawa. Contohnya adalah senter, sabut atau spons cuci piring, dan trash bag. Selain itu, jangan lupa juga persiapkan keperluan pribadi Teman Traveler seperti obat-obatan, pakaian ganti, dan alat mandi.

Keempat, Survei Lokasi Camping

Camping Buat Pemula
Citamiang Camping Ground, Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bagi pemula, biasanya Teman Traveler bakal kebingungan memilih lokasi camping yang recommended. Artinya, kamu harus melakukan survei lokasi-lokasi camping melalui info di internet atau bertanya kepada kerabat yang sudah sering melakukannya.

Camping Buat Pemula
Mudah dijangkau kendaraan umum atau pribadi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tips memilih lokasi camping buat pemula adalah carilah tempat yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Kemudian, pilihlah camp area yang menawarkan fasilitas lengkap seperti toilet, musala, warung kelontong, dan jika perlu lokasi camping yang menawarkan pemandangan yang indah.

Kelima, membeli atau membawa air galon

gallon_787382_1920_Nou.jpg
Ilustrasi air galon via Pixabay

Supaya hemat, Teman Traveler sebaiknya menyiapkan air galon untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama camping. Terutama bagi kamu yang memutuskan memasak di lokasi.

Jika tidak membawa kendaraan sendiri dan repot membawa air galon dari rumah, kamu bisa membelinya di warung-warung terdekat camp area. Biasanya, warung kelontong tersebut menyediakan air galon ukuran kecil yang memang dikhususkan untuk para campers.

Keenam, camping di musim kemarau

img_20191006_073029_hBA.jpg
Kondisi camp ground saat kemarau (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meskipun kondisi rumput dan tanah di sekitar area camping terasa lebih kering, namun memilih camping di musim kemarau bagi pemula merupakan pilihan tepat. Teman Traveler bisa lebih puas menikmati aktivitas tersebut tanpa perlu kerepotan karena hujan yang mendadak turun.

img_3140_AkO.JPG
Danau Mandalawangi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika di sekitar camp area terdapat spot wisata yang bisa dikunjungi seperti air terjun, sungai, kebun teh, danau, atau hutan mangrove, kamu juga dapat lebih leluasa mengunjungi dan menikmatinya.

Ketujuh, ajak sahabat biar makin seru

img_4657_Z4A.JPG
Camping bersama sahabat (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Aktivitas camping bakal makin seru kalau dilakukan beramai-ramai. Jadi, jangan lupa mengajak kawan dekatmu yang hobi bertualang untuk ikutan juga. Bakal lebih baik kalau salah satu rombongan ada yang sudah pernah melakukan camping. Dijamin, Teman Traveler akan membawa pulang banyak pengalaman berharga.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Teman Traveler lakukan sebelum memutuskan kegiatan camping. Hal yang tak boleh dilupa saat beraktitivitas di alam adalah pepatah berikut: take nothing but pictures, leave nothing but footprints. Selamat mencoba! Next

ramadan
Business Hotel Asahi Rp17 Ribuan

Nginep di Jepang Cuma 17 Ribuan, Tapi Ada Syaratnya!

6 Taman Hits di Kota Malang Untuk Bersantai