in , ,

Candi Gampingan, Secuil Sisa Sejarah yang Tersembunyi di Yogyakarta

Candi Gampingan
Candi Gampingan

Biar tak bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, menyusuri sudut lain Kota Yogyakarta wajib hukumnya bagi Teman Traveler. Yogyakarta bukan sekadar Malioboro atau hamparan pantai yang membentang sepanjang jalur selatan, lho!

Baca juga : Raa Cha Suki & BBQ, Santap Sajian Thai di Bali Tanpa Bikin Kantong Bolong

Tentu masih banyak objek wisata sarat sejarah dan berhubungan dengan Yogyakarta di masa lampau. Di timur Yogyakarta terdapat sebuah area cagar budaya bernama Candi Gampingan. Apa bedanya dengan candi lainnya? Yuk simak ceritanya!

Penemuan Candi Gampingan

img_20190727_092617_jlT.jpg
Kompleks Candi Gampingan (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Keberadaan Candi Gampingan mulai terkuak pertama kali pada Juni 1995. Penemuan tersebut sama sekali tak disengaja oleh Sarjono saat ia menggali tanah untuk membuat batu bata.

Kemudian dari penemuan tersebut dilakukan peninjauan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) dan hasilnya ditemukan struktur bangunan candi yang berada pada kedalaman 120 cm. Diyakini tertimbunnya candi adalah akibat abu vulkanik.

Kondisi Candi Gampingan

Komplek Candi Gampingan terbilang kecil. Berbentuk kotak dan dikelilingi tanaman layaknya pagar pembatas. Di komplek tersebut juga terdapat angkruk untuk tempat istirahat serta papan informasi seputar Candi Gampingan.

img_20190727_092934_9m7.jpg
Kondisi Candi Gampingan sekarang (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Sejak pertama kali ditemukan hingga sekarang, kondisi Candi masih berupa tumpukan bebatuan. Tidak ada bangunan candi yang berdiri kokoh layaknya candi-candi lainnya. Salah satu bangunan Candi Gampingan mempunyai ukuran 4,64 x 4,65 m, sedangkan lainnya sama sekali tak berbentuk.

Meski bentuknya yang tak utuh lagi, area Candi Gampingan masih terawat dengan baik terutama kebersihannya. Ketika saya ke lokasi, ada seorang bapak paruh baya yang sedang menyapu area candi. Tampaknya ia melakukan pekerjaan tersebut secara rutin untuk menjaga candi tetap terawat.

Lokasi Candi Gampingan

img_20190727_093102_Kwi.jpg
Candi Gampingan tampak depan (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Area Candi Gampingan tak susah ditemukan. Teman Traveler cukup menuju ke Jl. Wonosari KM 13. Kemudian menuju ke selatan sekitar 500 meter.

Memasuki area pedesaan yang masih didominasi persawahan, di sana lah Candi Gampingan berada tepatnya di Dusun Gampingan, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Teman Traveler dimudahkan dengan adanya plang petunjuk ke Candi Gampingan hingga sampai ke lokasi.

Meski bentuk bangunan candi tak utuh lagi, tetapi keberadaan Candi Gampingan tetaplah memiliki nilai historis yang layak untuk diketahui. Punya rencana ke sini? Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Belajar Membuat Gerabah di Kasongan

Merasakan Pengalaman Membuat Gerabah di Jogja, Hasilnya Boleh Dibawa Pulang

Pantai Pindakan

Indahnya Pantai Pindakan, Cocok bagi Penyuka ‘Balancing Art’