in , ,

Candi Gentong, Situs Bersejarah Tersembunyi di Tengah-tengah Komplek Trowulan

Situs ini terdiri dari dua candi

Dari dulu Mojokerto memang populer dengan banyaknya situs bersejarah yang tersebar di setiap sudutnya. Salah satunya adalah Candi Gentong yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Candi yang pertama kali ditemukan tahun 1889 ini mempunyai banyak keunikan di dalamnya. Penasaran bagaimana wujudnya? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Candi Kidal, Pesona Situs Bersejarah di Tengah Kabupaten Malang

1. Lokasi Candi Gentong

candi gentong
Bagian depan candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Candi ini berlokasi di Desa Jambu Mente, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Situs satu ini berdekatan dengan dua candi lainnya yang bernama Gedong dan Tengah. Tapi sayangnya yang tersisa sampai saat ini hanyalah Candi Gentong.

2. Ada 2 Buah Situs Candi Dalam 1 Komplek

candi gentong
Salah satu situs (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke dalam area situs, kalian bisa melihat bangunan berbentuk joglo besar sebanyak 2 buah yang menutupi candi. Satu cungkup terdapat di bagian depan komplek candi, dan satu lainnya ada di bagian belakang.

Kemudian, dalam situs ini memang ada 2 buah candi yang disebut Candi Gentong I di bagian depan, dan Gentong II yang ada di belakang. Untuk menuju lokasi candi II kalian cukup berjalan membelah area taman dengan rerumputan hijau. Jaraknya pun tidak jauh, hanya sekitar 30 meter dari lokasi Candi Gentong II.

3. Candi I yang Ukurannya Lebih Besar

candi gentong
Bagian depan candi I (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bentuk Candi Gentong I ini sangatlah menarik. Bangunan ini tersusun dari 3 buah struktur bata berdenah bujur sangkar. Ketiga struktur ini sepertinya pernah mengalami vandalisme, karena pada masing-masing sisi selatan dinding candi strukturnya terputus pada satu garis.

candi gentong
Dinding candi bagian lain (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu, di sini juga ada kumpulan batu bata yang menjadi bahan dasar pembangunan candi I. Menariknya, beberapa batu yang ada masih terlihat bagus. Jika dibandingkan dengan beberapa candi lain yang berbahan batu bata merah, struktur batu bata yang digunakan di candi I ini cenderung lebih besar.

4. Candi II Lebih Kecil

lrm_export_20190804_185917_zv3.jpg
Candi II (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Candi II yang lokasinya ada di dalam cungkup bagian depan memiliki ukuran 7,10 x 7,10 m dan dikelilingi oleh beberapa bangunan lain. Berdasarkan sisa -sisa batuan yang ada, terdapat 7 buah candi dengan posisi menghadap ke delapan penjuru mata angin.

lrm_export_20190804_190021_wDu.jpg
Detail dari candi II (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pada bangunan inti Candi II bisa ditemukan sumuran, serta 12 ceruk yang hilang salah satunya di sisi selatan. Secara keseluruhan ukuran bangunan Candi II adalah 18,5  x 18,5 m. 

lrm_export_20190804_190002_HDC.jpg

Jika kalian mengamati struktur batu bata merah yang membentuk bangunan Candi II, batu batanya lebih kecil daripada yang ada di Candi II. Bentuk puing batu batanya pun kebanyakan sudah tidak utuh lagi.

Nah, untuk kalian yang ingin berwisata ke Mojokerto, Candi Gentong ini bisa menjadi pilihan. Meski tidak utuh lagi, namun kalian bisa menambah ilmu tentang sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit. Jadi, kapan kalian ingin berkunjung ke sini? Next

ramadan

5 Tips Memilih Pakaian Saat Liburan Musim Dingin, Hangat dan Stylish!

Pantai Wai Ipa, Wisata Indah di Kepulauan Sula Maluku Utara