in , ,

Candi Kotes, Situs Bersejarah Menakjubkan yang Berada di Pelosok Blitar

Bangunannya terpisah jadi 3 lho

Jawa Timur dari dulu terkenal dengan banyaknya wisata candi yang tersebar di mana-mana. Mungkin yang paling dikenal adalah Mojokerto dengan peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih tegak berdiri di setiap sudut kotanya. Namun, sebenarnya tak hanya Mojokerto yang punya candi, Blitar pun juga memilikinya. Namanya adalah Candi Kotes. Nah, kalian mau tahu seperti apa candinya? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Jakarta – Jogja Hanya 25 Menit Naik Hyperloop, Bisa Sering-Sering Traveling!

1. Lokasi Candi Kotes

candi kotes
Bagian depan candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Candi ini berlokasi di Dukuh Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Untuk menuju lokasi, kalian bisa menempuh perjalanan melewati jalur utama Malang – Blitar. Setelah sampai di Kecamatan Talun kalian cukup mengarah ke Dukuh Sukosewu, Kecamatan Gandusari.

2. Candi yang Terawat

candi kotes
Pelataran candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ketika Teman Traveler datang ke candi ini, pasti takjub dengan suasananya. Candi Kotes begitu bersih dan sangat terawat. Bisa kalian lihat pada area jalannya dan candi itu sendiri. Kemudian, situs tersebut juga dilengkapi dengan tanaman hijau di sekitarnya yang semakin menambah keindahan.

3. Tiga Bagian Candi Terpisah di Beberapa Tempat

candi kotes
Altar candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak seperti candi pada umumnya, situs satu ini bentuknya sangat unik. Semua tubuhnya terpisah menjadi tiga bagian. Ada altar candi yang dilengkapi dengan anak tangga. Kemudian bangunan utama yang kini hanya tersisa kaki candi. Selanjutnya ada bangunan utama lain yang telah terpisah menjadi dua bagian.

candi kotes
Bangunan utama candi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

4. Terdapat Tiga Buah Candi Kecil di Area Depan

lrm_export_20190811_083116_DMZ.jpg
Tiga candi kecil (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pada bagian paling depan komplek candi ini 3 buah candi kecil. Konon katanya, candi mungil ini difungsikan untuk meletakkan sesajen atau persembahan saat upacara keagamaan umat Hindu. Bahkan, fungsi itu tidak menghilang sampai saat ini.

5. Ada Bekas Bangunan Candi

lrm_export_20190811_083431_gCx.jpg
Bekas candi yang rusak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sangat disayangkan sekali karena bangunan utama candi hanya tersisa bagian kakinya. Kemudian terdapat beberapa upak atau penyangga candi yang sudah tak utuh lagi. Sehingga para pengunjung tidak bisa belajar lebih jauh tentang struktur bangunannya.

6. Ada Sisa Artefak Candi

lrm_export_20190811_083048_oO6.jpg
Artefak candi yang tersisa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tapi Teman Traveler jangan berkecil hati lantaran bangunan utama sudah tak utuh lagi. Kalian masih bisa melihat peninggalan lainnya yang berupa artefak candi. Di benda bersejarah satu ini kalian dapat melihat ornamen khas candi Hindu dan juga terdapat pahatan kepala harimau.

Nah, begitulah hasil jalan-jalan kita di Candi Kotes, Kabupaten Blitar. Bangunannya cukup unik karena terpisah menjadi beberapa bagian. Kalau Teman Traveler berkunjung ke Blitar, jangan lupa datang ke mari, ya. Next

ramadan

5 Akomodasi Homey dan Instagramable di Jakarta, Staycation Berkualitas Bikin Hati Bahagia

Pantai Panjang Bengkulu, Bukti Keindahan Sempurna Pesisir Sumatera