in ,

5 Candi Tertua di Indonesia, Keindahan Sejarah yang Tak Luntur Dimakan Waktu

Bisa tebak apa saja?

3. Candi Borobudur, Jawa Tengah 

Candi Borobudur via instagram/twolostinchina

Di Magelang juga ada Candi Borobudur yang diperkirakan dibangun pada tahun 825 Masehi. Candi Borobudur dibangun oleh raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra, salah satu dinasti besar dan berkuasa yang pernah ada di Nusantara. Lokasi tepatnya berada di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, 

Baca juga : Wajit Asli Cililin, Kuliner Khas Sunda dengan Sejarah Mendalam di Baliknya

Di samping itu, candi yang masuk ke dalam 7 keajaiban dunia ini mempunyai 3 zona di dalamnya. Pertama, Kamadhatu, berupa 160 relief dinding dengan penjelasan Karmawibhangga Sutra (hukum sebab-akibat) yang melambangkan alam dunia.

Kedua, Rupadhatu, Terdiri dari ukiran relief dan patung Buddha yang melambangkan alam peralihan, di mana manusia terbebas dari urusan dunia. Ketiga, Arupadhatu yang merupakan tiga serambi yang mengarah ke kubah di bagian tengah. Area ini tidak ada hiasan relief dan menandakan kemurnian tertinggi.

4. Candi Prambanan, Yogyakarta 

Candi Prambanan via instagram/irmayntis

Sedikit bergeser ke Yogyakarta, ada Candi Prambanan yang ternyata sudah didirikan sejak tahun 856 Masehi. Candi ini sudah dikenal dengan ceritanya yang begitu melegenda, yaitu Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Berupa kisah Roro Jonggrang yang meminta dibuatkan candi sebanyak 1000 kepada Bandung Bondowoso. Namun sayangnya Roro mencurangi dan akhirnya Bandung Bondowoso mengutuknya menjadi candi yang ke seribu.  

Di balik kisahnya tersebut, candi ini menyimpan beragam keindahan. Seperti adanya relief yang menggambarkan tentang kisah Ramayana. Kemudian situs ini juga dikelilingi candi lain di pelataran utamanya, yaitu Siwa, Brahma dan Wisnu. Penasaran dengan keindahannya? Silakan mampir ke Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman.  

5. Candi Gedong Songo, Jawa Tengah 

Candi Gedong Songo via instagram/alinda_gt

Selanjutnya, ada Candi Gedong Songo yang berada di lereng Gunung Ungaran, Semarang. Candi ini adalah peninggalan Wangsa Syailendra pada tahun 972 masehi.

Candi ini dibangun sebagai tujuan pemujaan terhadap para dewa. Oleh karena itu, tak heran bila di kompleks candi terdapat beberapa patung dewa. Seperti siwa mahakala, siwa mahaguru, Ganesha dan beberapa patung dewa yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. 

Itulah deretan candi tertua yang ada di Indonesia. Walaupun umurnya sudah ribuan tahun, tapi keindahannya tak habis dimakan waktu. Melihat seperti ini, ada baiknya kita untuk tetap menjaga kelestariannya agar tidak punah. Caranya adalah dengan tidak melakukan vandalisme saat berkunjung ke situs-situs bersejarah.  Next

ramadan
Market Food Perth (c) Bernadette Riri Travelingyuk

Belanja di Market City Gourmet Food Perth, Borong Bahan Makanan Indonesia

Trend Hotel 2020

5 Trend Hotel di Tahun 2020, Indonesia Punya Semua?