in ,

5 Trend Hotel di Tahun 2020, Indonesia Punya Semua?

Hotel Seperti Apa yang Akan Menjadi Trend Tahun 2020?

Trend Hotel 2020
Trend Hotel 2020 via shutterstock

Tahun akan segera berganti, biasanya dibarengi pula dengan perubahan maupun perkembangan trend pada berbagai bidang. Begitu pula dengan dunia traveling, salah satunya akomodasi. Melihat dari maraknya beragam jenis tempat menginap di sepanjang tahun 2019, berikut Travelingyuk rangkum 5 trend hotel yang akan bertahan dan berkembang pada 2020.

Baca juga : Camorra Eat & Drink Bogor, Sajikan Pizza Berbentuk Gunung Meletus

1. Hotel Eco-friendly

Ilustrasi Kamar Tanpa AC di Akomodasi Eco-friendly via shutterstock

Trend hotel yang akan bertahan dan bahkan terus berkembang pada tahun 2020 adalah eco-friendly. Tempat menginap yang bukan sekadar berlokasi di sekitar atau tengah-tengah wisata alam, namun juga mengaplikasikan unsur ramah lingkungan dalam segala aspek.

Seperti penggunaan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik, produk lokal organik untuk seluruh perlengkapan hotel, dan material bangunan berbasis alam (kayu, bambu, & batu). Selain itu, tamu diajak untuk ikut terlibat dalam pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) dan pelestarian lingkungan. Misalnya saja adanya tur ke hutan hujan atau mengenal hewan endemik.

Indonesia punya beberapa tempat menginap serupa, salah satunya adalah Sarinbuana Eco Lodge di Kabupaten Tabanan, Bali. Tidak menutup kemungkinan, hotel lain di penjuru Nusantara juga mengikuti jejak eco lodge ini.

2. Hotel Bunk Beds Mewah

Trend Hotel 2020
Bunk beds mewah ala Bong Hostel via Instagram @bong_hostel

Akomodasi dengan tempat tidur tumpuk atau bunk beds memang cukup familiar sebab dapat ditemukan di hostel. Namun tidak menutup kemungkinan tempat menginap yang punya kamar tipe bunk beds akan berkembang di tahun 2020 yaitu dengan tampilan yang lebih mewah.

Bukan saja pada bentuk tempat tidurnya namun bisa juga tampilan bangunan maupun fasilitasnya. Sesungguhnya sudah ada beberapa akomodasi yang menerapkan hal tersebut. Salah satunya dapat Teman Traveler temukan pada Bong Hostel di Nusa Lembongan.

3. Hotel Nomaden

Trend Hotel 2020
Hotel Nomaden via Instagram @mister_tripper

Berikutnya ada hotel nomaden (nomadic hotel) alias berpindah-pindah, di mana tidak ada lokasi permanen dari akomodasi ini. Mereka berpindah setiap beberapa bulan sekali ke beragam tempat yang dekat wisata alam atau tepat di tengah-tengahnya (seperti hutan).

Umumnya mereka akan membuat basecamp di suatu rumah pribadi. Lalu menyediakan tempat tidur, bar, restoran terbuka di sekitar rumah tersebut. Di sinilah para tamu dapat menyatu dengan alam lebih maksimal.

4. Hotel Tengah Hutan

Trend Hotel 2020
Hideout Bali via shutterstock

Hotel tunggal di tengah hutan menjadi trend akomodasi yang dapat dikatakan akan berkembang pada tahun 2020. Apalagi tempat menginap semacam ini sudah mulai hadir di kawasan wisata seperti Bali, sebut saja Hideout Bali. Mereka menyediakan 1 rumah bambu di tengah hutan yang dapat dihuni oleh sekitar 4 orang. Jauh dari hiruk pikuk dan dapat lebih menikmati quality time.

5. Hotel Vegan

Ilustrasi Sajian Berbasis Tanaman di Hotel via shutterstock

Trend akomodasi tahun 2020 selanjutnya adalah hotel vegan. Sangat memungkinkan untuk diaplikasikan apalagi semakin banyak wisatawan vegan dan vegetarian dari mancanegara yang  berkunjung ke Indonesia.

Selama ini memang sudah ada beberapa restoran hotel yang menyediakan pilihan makanan vegan dan vegetarian. Namun, belum populer untuk mengaplikasikannya pada keseluruhan aspek hotel. Misalnya saja tidak menggunakan selimut dari sutra, wol, maupun bulu. Pun penggunaan bahan yang murni berbasis tanaman, mulai dari makanan sampai produk hotel.

Marilah kita tunggu hotel seperti apa yang akan menjadi trend pada tahun 2020. Teman Traveler sendiri lebih memilih staycation di akomodasi seperti apa? Next

ramadan

5 Candi Tertua di Indonesia, Keindahan Sejarah yang Tak Luntur Dimakan Waktu

Youtuber Dilarang Masuk Restoran di Korea Selatan