in , ,

Cantiknya Kebun Raya Purwodadi yang Bikin Jatuh Hati

Menyibak pesona taman raya Jawa Timur

Banyak cara menikmati akhir pekan, seperti berpiknik, pergi nonton atau bahkan di rumah saja. Bagi pecinta wisata pendidikan, tidak ada salahnya untuk mencoba pergi melihat cantiknya Kebun Raya Purwodadi.

Baca juga : Keren, Antri Paspor Baru di Jakarta Bisa Pakai WhatsApp Lho!

Ruang Terbuka Hijau yang Cantik

Dokumentasi Pribadi
Kebun Raya Purwodadi LIPI (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Kebun Raya Purwodadi merupakan kawasan ex situ tumbuhan yang berada pada ketinggian 300 m dpl. Kebun Raya Purwodadi ini memiliki luas 85 Ha. Di dalamnya terdapat lebih dari 11.000 koleksi spesimen tumbuhan yang cantik-cantik.

Dokumentasi Pribadi
Bangku di bawah pohon yang rindang (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Destinasi ini juga dikenal dengan nama ‘Hortus Iklim Kering Purwodadi’ dan didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh L.G.M. Baas Becking. Kebun raya ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia. Kebun Raya ini buka dari pukul 08.30 sampai 16.00.

Bisa Keliling dengan Mobil Pribadi

Dokumentasi Pribadi
Gazebo untuk bersantai (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Keindahan di setiap sudut Kebun Raya Purwodadi sangat sayang untuk dilewatkan. Pengunjung yang datang dengan kendaraan umum maupun dengan sepeda motor bisa menikmati kebun raya dengan berjalan kaki. Sepeda motor bisa diparkirkan di tempat yang sudah disediakan di luar pintu masuk kebun raya.

Selain itu, di sini juga ada mobil keliling terbuka beserta sopirnya yang akan mengantarkan Teman Traveler untuk berkeliling kebun. Jika teman traveler datang menggunakan mobil pribadi, teman traveler bisa membawa masuk mobil pribadinya.

Dokumentasi Pribadi
Taman Bougenville (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Selain di luar, di dalam Kebun Raya Purwodadi juga disedikan beberapa tempat parkir untuk mobil. Jadi kalian yang membawa masuk mobilnya bisa memarkirkan sejenak mobilnya agar bisa berfoto maupun berjalan-jalan.

Spot Foto yang Menarik

Dokumentasi Pribadi
Pohon-pohon cantik yang berjajar sepanjang jalan (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Kebun Raya Purwodadi ini sangat sering digunakan sebagai tempat pemotretan. Baik pemotretan model maupun pemotretan prewedding. Fotografernya pun mulai dari yang hanya menggunakan kamera pocket sampai kamera profesional.

Dokumentasi Pribadi
Pohon dan batu (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Jadi keindahan kebun raya ini sudah tidak diragukan lagi Teman Traveler. Ada banyak spot foto menarik yang layak dicoba. Para pecinta fotografi pasti tidak akan bosan berada di tempat ini. Pastikan kapasitas memori kamera yang dimiliki masih banyak ya, biar bisa puas berfoto di sini.

Harga Tiket Masuk

Dokumentasi Pribadi
Tiket masuk Kebun Raya Purwodadi (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Untuk bisa masuk ke Kebun Raya Purwodadi teman traveler wajib membeli tiket. Harga tiketnya Rp9.500 per orang plus Rp1.000 untuk PMI. Untuk mobil pribadi dikenakan tarif mobil keliling sebesar Rp15.500 dan sepeda motor yang di parkir dikenakan tarif Rp3.000.

Wisatawan asing yang ingin masuk ke Kebun Raya Purwodadi dikenai biaya tiket yang berbeda yaitu Rp 16.000. Sedangkan untuk fotografer profesional yang membawa model maupun pasangan prewed dikenai biaya Rp350.000.

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi

Dokumentasi Pribadi
Air mancur (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Kebun Raya Purwodadi memiliki fasilitas seperti toilet, mushollah, kafetaria, taman bermain, kios cenderamata, guest house serta gedung yang bisa disewa untuk acara resepsi pernikahan dan lain-lain. Di dalam kebun raya ini juga terdapat beberapa warung pedagang kaki lima penjual makanan dan minuman yang berjejer rapi. 

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Dokumentasi Pribadi
Jalanan menuju pintu gerbang (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Kebun Raya Purwodadi terletak di Jalan Raya Surabaya – Malang KM 65 Sembung Lor, Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Kebun Raya ini tepat berada di seberang Pintu Tol Purwodadi.

Kebun raya ini mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Teman traveler pengguna kendaraan umum bisa menjatuhkan pilihannya pada bus. Teman traveler bisa naik bus baik dari Malang maupun dari Surabaya dan turun di depan pintu gerbang Kebun Raya Purwodadi. 

Alangkah cantiknya Kebun Raya Purwodadi, yang selain cocok untuk wisata pendidikan ini ternyata mempunyai sisi lain yang menarik. Yuk segera masukkan destinasi favorit Jawa Timur ini ke daftar tempat wisata yang akan Teman Traveler kunjungi. Next

ramadan
Suasana senja di Sea Forest Adventure

Sea Forest Adventure Batam, Seru-seruan Tak Terlupakan Bareng Keluarga

Ruang Santap, Gallery and Cafe Bergaya Tropical Bohemian yang Ramah Anak