in ,

4 Cara Gila Jelajah Indonesia, Ada yang Rela Jalan Kaki

Salut dengan orang-orang ini!

Di mana pun berada, Indonesia terlihat indah kalau dipandang dari mana saja. Oleh karenanya, banyak orang penasaran dengan pesonanya. Bahkan, banyak orang yang rela lakukan cara gila untuk jelajah Indonesia, meski terkadang mendapat respon kurang menyenangkan dari beberapa pihak. Mau tahu bagaimana cara mereka untuk mewujudkan mimpi? Simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga : Cireng Bayam Mbak Situr, Cemilan Nikmat ala Bantul

1.Memakai Vespa Bekas 

cara gila jelajah indonesia
Pakai vespa bekas via twitter/phinemocom

Tak ada yang bisa menghalangi seseorang untuk bermimpi. Termasuk mimpi dari Ilham Saputra, laki-laki asal Padang, Sumatera Barat. Dengan modal keyakinan, Ilham melakukan perjalanan mengelilingi 31 provinsi di Indonesia selama 4 tahun dengan vespa bekas. 

Perjalanan yang ia mulai dari tahun 2011 tersebut ternyata tak selalu berjalan mulus. Seperti menemukan jalan menanjak, dihadang orang mabuk dan juga vespanya yang terkadang rewel. Tapi, itu semua tak meruntuhkan semangatnya untuk mewujudkan impiannya sejak dulu. Benar saja, berkat tekadnya yang kuat, ia berhasil mengelilingi Indonesia dengan banyak pengalaman berharga di dalamnya. 

2.Menggunakan Truk 

cara gila jelajah indonesia
Menggunakan truk via instagram/keluarga.kusmajadi

Ide gila lainnya juga diterapkan oleh Keluarga Kusmajadi. Keluarga yang terdiri dari Abah Dodi, Ambu Melati, Abang Hakim dan Dek Sabiya memilih menggunakan truk untuk menikmati indahnya Indonesia.

Ide ini berawal dari Ambu Melati yang ingin menjelajah Indonesia selama satu tahun penuh. Nah, supaya mereka tidak terlalu banyak menghabiskan biaya, mereka memutuskan untuk memakai truk. Namun, truk tersebut dimodifikasi sedemikian rupa supaya Keluarga Sumajadi tetap nyaman. 

3. Mengendarai Sepeda Onthel 

Menggunakan sepeda onthel via twitter/lingkarjatimcom

Selanjutnya, ada Ismail yang telah berhasil mewujudkan cita-citanya dari kelas 6 SD untuk keliling Indonesia. Pria asal Kabupaten Indramayu, Jawa Barat tersebut menjelajah nusantara dengan menggunakan sepeda onthel sambil meminta tanda tangan kepada pemerintah setempat sebagai bukti sudah pernah sampai ke kota tersebut. 

Meski begitu, perjalanannya selama kurang lebih 31 tahun ini mengalami banyak kendala. Seperti mendapat hukum adat dari Suku Dani, diculik kelompok separatis di Timor Leste karena dianggap mata-mata sampai terdampar di Kepulauan Keke Kecil, Maluku. Tapi, itu semua ia jadikan pelajaran berharga yang tidak akan pernah dilupakan seumur hidup. 

4. Berjalan Kaki 

Dengan jalan kaki via Sergapreborn.id

Ada yang tak kalah mencengangkan dari tiga cara di atas. Kali ini ada Prayogi Purnomo Yudistira asal Makassar, Sulawesi Selatan yang berjalan kaki mengelilingi Indonesia. Tujuan dari perjalanan ini adalah untuk menyatukan perbedaan yang kerap terjadi di nusantara. Walaupun niat baik sudah dilakukan, Prayogi menuturkan perjalanan kaki yang dilalui penuh dengan liku, serta medan yang berat. Bahkan barang bawaannya beberapa kali dirampas preman saat menyusuri wilayah Sumatera Utara. 

Namun, itu sama sekali tidak melunturkan niatnya untuk menyebarkan misinya. Dirinya tetap menargetkan menyusuri Indonesia selama tiga tahun. Sehingga tahun 2021 nanti, ia sudah sampai di Merauke. Jadi, kita doakan saja semoga apa yang dicita-citakan Prayogi bisa tercapai. 

Mewujudkan cita-cita untuk menyusuri indahnya nusantara pasti akan terkabul kalau kita memiliki tekad kuat. Buktinya, beberapa orang di atas berani lakukan cara gila untuk jelajah Indonesia. Nah, melihat ulasan di atas, apakah kalian tertarik untuk melakukan hal yang sama atau mungkin lebih nekat lagi? 
Next

ramadan
Peter & Paul Fortress

Peter & Paul Fortress Rusia, Kemegahan Berbalut Cerita Pilu

Serba Serbi Pulau Weh, Pulau Paling Barat di Gugusan Nusantara