in , ,

Peter & Paul Fortress Rusia, Kemegahan Berbalut Cerita Pilu

Arsitekturnya Dijamin Bakal Bikin Melongo

Peter & Paul Fortress
Peter & Paul Fortress (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Jika suatu saat berkesempatan jalan-jalan ke Rusia, Teman Traveler wajib mampir ke Peter & Paul Fortress di St Petersburg. Benteng kuno ini tak hanya megah dan bersejarah, namun juga menyimpan aura misterius bikin penasaran. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Ruang Rindu Malang, Seteguk Kopi yang Bikin Kangen

Terdapat Katedral

20190604_170732_2_lRL.jpg
Peter & Paul Cathedral (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Komplek Peter & Paul Fortress memiliki sebuah bangunan katedral yang dulunya sempat jadi gedung tertinggi di Rusia. Arsitekturnya merupakan paduan antara gaya Barat dan Rusia. Tak heran jika gedungnya nampak lumayan unik.

20190604_172837_2_o9G.jpg
Bangunan tertinggi Rusia pada masanya (c) Ruth Devi/Travelingyuk
20190604_171524_2_p4l.jpg
Iconostatis (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Menjelajah ke bagian dalam, Teman Traveler akan melihat sebuah bagian mencolok di altarnya. Terdapat sebuah dinding megah yang biasa disebut Iconostatis. Kalian bakal melihat sejumlah lukisan dan patung yang sekaligus jadi pemisah antara umat dan pemuka agama.

Makam Peter The Great

20190604_171656_2_vD3.jpg
Makam Peter The Great dan keluarga (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Aura mistis akan mulai Teman Traveler rasakan begitu mengunjungi sudut ini. Di hadapan kalian bakal terhampar tempat peristirahatan terakhir Peter The Great, Kaisar Pertama Rusia yang sangat terkenal. Ia berjasa membangun St Petersburg dan menjadikannya sebagai ibu kota negeri Beruang Merah.

Makam Nicholas II

20190604_172226_2_V1T.jpg
Makam Nicholas II dan keluarga (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Selain makam Peter the Great, di sini Teman Traveler juga bisa melihat tempat peristirahatan terakhir kaisar terakhir Rusia beserta seluruh keluarganya. Sayangnya, Nicholas II tercatat harus turun tahta dalam revolusi Bolsheviks karena dianggap tak mampu memberi kesejahteraan pada rakyat. Bersama seluruh anggota keluarganya, ia lantas dibunuh pada 1918.

Tahun 1979, jenazah Nicholas II dan keluarga ditemukan di Yekaterinburg. Setelah dibuktikan melalui penelitian DNA mendalam, semuanya lantas dimakamkan di Peter & Paul Cathedral pada 1998.

Makam Alexander II

20190604_172343_2_ET0.jpg
Makam Alexander II (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Selain kedua kaisar di atas, Teman Traveler juga akan menemukan makam Alexander II di sini. Tak hanya dinobatkan sebagai Kaisar Rusia, beliau juga merupakan Raja Polandia dan Grand Duke Finlandia. Ia dikenal karena beberapa gebrakan di masa pemerintahannya. Sayangnya kematiannya juga cukup tragis.  Jadi terjawab ya, mengapa aura misterius sangat terasa di sini?

Komplek benteng sendiri sebenarnya tak pernah digunakan sebagai tempat perlindungan semasa peperangan. Begitu pembangunannya selesai, semua strukturnya justru digunakan sebagai penjara. Peter The Great bahkan pernah memenjarakan Alexis, putranya sendiri, lantaran diduga akan melakukan kudeta. Ia akhirnya meninggal di dalam penjara.

Itulah sedikit ulasan mengenai Peter & Paul Fortress, sebuah bangunan kuno yang menyimpan banyak sejarah dan kisah pilu. Jangan lupa mampir jika Teman Traveler berkesempatan liburan di Rusia ya. Next

ramadan

Takut Alami Mabuk Udara Saat di Pesawat? Coba 5 Tips Ampuh Ini

4 Cara Gila Jelajah Indonesia, Ada yang Rela Jalan Kaki