in , ,

Coban Beruk dan Barnawi, Surga Tersembunyi Jabung

Bertualang Menjelajah Coban Beruk dan Barnawi

Coban Beruk
Coban Beruk (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Mungkin tak banyak yang tahu di mana itu Jabung, karena daerahnya memang tidak begitu terkenal. Padahal banyak keindahan alam tersembunyi di situ, salah satunya Coban Beruk dan Barnawi.

Baca juga : Ruang Rindu Malang, Seteguk Kopi yang Bikin Kangen

Jabung masuk dalam wilayah Tumpang, sebuah daerah yang mempunyai kekayaan wisata kesenian dan coban alias air terjun di Malang. Jumlahnya mencapai ratusan. Penasaran soal keseruan menjelajah Coban Beruk dan Barnawi? Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

Tracking yang menantang menuju Coban Beruk

coban beruk dan barnawi
Perjalanan menuju Coban Jabung (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Perjalanan menuju Coban ini memang cukup menantang karena harus melewati kebun warga sekitar. Tidak ada jalan setapak atau penunjuk arah karena memang tempat ini jarang ada pengunjung. Jadi kami harus menyewa guide lokal, bahkan jalannya pun kadang harus melawan arus sungai.

Coban beruk , koleksi FB Pribadi
Coban Beruk (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Coban yang pertama kami kunjungi bernama Beruk. Untuk menuju ke sini memang menguras tenaga tapi kami puas. Airnya bening dan segar bahkan bisa diminum langsung. Sebelum melanjutkan perjalanan kami habiskan waktu beberapa menit untuk istirahat dan foto foto sebentar di Coban Beruk.

coban beruk dan barnawi
Aliran air di Coban Beruk (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Tracking seru menuju Coban Barnawi

Setelah dirasa cukup istirahat kami lanjutkan perjalanan menuju Coban Barnawi. Rute untuk menuju Coban ini memang agak ekstrem karena harus menaiki bebatuan yang setinggi 5 meter atau bisa juga memutar melewati kebun warga lagi.

Lagi lagi kami harus berjalan menyusuri sungai tapi resikonya kaki kita bisa ketempelan lintah. Tapi keseruan perjalanan ini memang sangat menyenangkan karena kami iringi dengan senda gurau teman-teman.

rute menuju coban barnawi, koleksi FB pribadi
Perjalanan menuju Coban Barnawi (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Setelah 10 menit berjalan kaki melewati sungai kecil dan kebun warga akirnya kami sampai juga di Coban Barnawi. Ternyata memang Coban ini sangat keren, airnya jernih segar bahkan kami mengambil air ini untuk membuat kopi. Dulu Coban ini dinamakan Barnawi karena pernah ditemukan seseorang yang bernama Barnawi.

Coban Barnawi , koleksi FB Pribadi
Coban Barnawi (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Pesona Coban yang jarang terjamah manusia

Coban Barnawi, Koleksi FB
Foto : Coban Barnawi, Sumber : Koleksi FB pribadi

Di atas Coban Barnawi masih ada lagi bernama Coban Tarzan 1 mungkin untuk artikel selanjutanya aku dan rekan-rekan akan menjelajah Coban tersebut.

Sebenarnya oleh guide lokal ada beberapa coban yang lain di atasnya tapi karena hari sudah sore kami tidak berani meneruskan perjalanan lagi. Kami memutuskan untuk kembali pulang dengan beberapa koleksi foto yang ada di ponsel kami masing-masing. Capek dan seru itulah kebahagiaan yang kami peroleh pada saat itu.

Bagi Teman Traveler yang hobinya menjelajah wisata Malang, Coban Beruk dan Barnawi bisa di jadikan jujukan. Apalagi tempat ini tersembunyi dan jarang terekspos oleh umum. Sudah siap liburan ke sini? Next

ramadan

Written by Rudiyanto

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Jelajah Wisata Alam Kabupaten Tanah Laut, Ada Pantai Sampai Bukit

Nasi Krawu Buk Tiban

Nasi Krawu Buk Tiban, Konsisten Nikmat Sejak 1979