in , ,

Nasi Krawu Buk Tiban, Konsisten Nikmat Sejak 1979

Dimanja Kombinasi Maut Daging dan Srundeng di Nasi Krawu Buk Tiban

Nasi Krawu Buk Tiban
Nasi Krawu Buk Tiban (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Nasi Krawu merupakan sajian khas Gresik yang sering jadi andalan untuk sarapan. Srundeng alias kelapa parut kasar yang disangrai kering tak pernah absen dari kuliner satu ini. Begitu pula dengan paduan daging sapi dan sambal nikmatnya. Jika sedang berada di Gresik, salah satu tempat yang cukup recommended untuk menikmati sajian ini adalah Nasi Krawu Buk Tiban.

Baca juga : Kisah Menyedihkan di Balik Nasi Jamblang, Kuliner Cirebon Sejak Zaman Belanda

Punya Banyak Penggemar Setia

Cabang pertama Warung Buk Tiban (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Cabang utama warung Nasi Krawu Buk Tiban bisa Teman Traveler temukan di Jalan KH. Abdul Karim, Gresik. Mereka biasanya buka mulai pukul 06.00 hingga 17.00. Namun sebaiknya kalian datang lebih awal jika tak ingin kehabisan. Pasalnya warung ini memiliki cukup banyak pelanggan setia, bahkan tak sedikit yang sampai rela antre.

nasi krawu buk tiban
Interiornya cukup sederhana (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tak mengherankan jika Nasi Krawu Buk Tiban kini sudah punya tiga cabang. Saya sendiri sempat tidak yakin bakal langsung dilayani ketika memutuskan hendak mampir ke sini.

Begitu sampai di lokasi, saya lihat tempatnya cukup sederhana. Kiosnya tidak terlalu besar. Namun demikian, beberapa pelanggan tampak sudah memadati area sekitar etalase makanan.

Komponen Lengkap

nasi krawu buk tiban
Ragam campuran variatif dan lengkap (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Ketika hendak menyampaikan pesanan pada penjualnya, keheranan sempat terbersit dalam benak saya. Betapa tidak, komponen tambahan nasi krawu di sini benar-benar lengkap Teman Traveler.

Selain srundeng, suwiran daging, dan sambal, mereka juga menyediakan beberapa komponen lain seperti srundeng dua rasa, kuah dari jeroan, bihun, dan potongan daging tebal.

Nikmat dan Lebih Nendang

Benar-benar beda dari Nasi Krawu biasa (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Begitu dicicipi, sajian nasi krawu di sini memang terasa jauh berbeda dari sajian sejenis di tempat lain. Lebih gurih dan nendang, dengan bumbu yang jauh lebih nikmat. Sambalnya sendiri sempat bikin saya penasaran sebab warnanya cenderung hitam.

nasi krawu buk tiban
Daging tebal dengan tekstur lembut (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Saya sempat coba memadukan sesendok nasi dengan sedikit potongan daging bertabur srundeng dua rasa plus sambal hitam. Hmm, ternyata kombinasi ini sangat enak Teman Traveler. Benar-benar satu suapan yang kaya rasa. Wajib dicoba deh jika sedang liburan di Gresik.

Sambil makan, dalam hati saya pun bergumam, jadi begini rasanya menyantap nasi krawu langsung di daerah asalnya. Benar-benar beda dari hidangan serupa yang pernah saya jajal sebelumnya. Jauh lebih enak dan pastinya bikin ingin kembali lagi suatu saat nanti.

Sepincuk lezat Nasi Krawu Buk Tiban dibanderol Rp22.000-an saja. Sebuah harga yang pantas untuk kuliner nikmat nan legendaris. Bagaimana, adakah di antara Teman Traveler yang sudah ngiler ingin mencoba? Next

ramadan
Coban Beruk

Coban Beruk dan Barnawi, Surga Tersembunyi Jabung

Bubur Ayam Bulgogi

Bubur Ayam Mustofa Bandung, Hits dengan Paduan Bulgogi