in , ,

Coban Srengenge, Air Terjin di Malang dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Coban Srengenge
Coban Srengenge

Kabupaten Malang bisa dibilang gudangnya air terjun yang masih sangat alami dan terjaga keasliannya. Ada banyak keuntungan kalau kita berburu air terjun di seputar Kabupaten Malang, yaitu tiket masuknya yang sangat terjangkau. Tapi di sisi lain ada juga yang menjadi tantangan, medannya berbukit naik-turun dan kebanyakan cenderung curam. Untuk para pecinta alam sejati inilah yang dicari, karena akan terasa petualangannya.

Baca juga : Roti Gempol Bandung, Rasanya Nampol Nikmatnya Dua Jempol

Lokasi yang banyak menyimpan air terjun indah di Kabupaten Malang adalah di daerah perbukitan, salah satunya yang ada di wilayah selatan tepatnya di Ampelgading. Daerah yang merupakan perbatasan dengan Lumajang ini berada di kaki gunung Semeru. Di sini salah satu air terjun yang bisa kita kunjungi adalah Coban Srengenge, tepatnya ada di daerah Desa Tirtomarto Ampelgading Kabupaten Malang.

Untuk menuju lokasi ini kita bisa berpatokan pada Indomaret Tirtomarto, tepat di seberangnya ada jalan turunan menuju ke arah selatan. Kita cukup mengikuti jalan tersebut sampai ke lokasi Coban Srengenge. Coban Srengenge ini ada 3 buah bagian air terjun, disebut Srengenge 1, 2, dan 3 sesuai tingkatan dari yang paling atas, tentunya tiap-tiap lokasinya punya tingkat kesulitan medan yang berbeda.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini jika kita menggunakan motor bisa langsung diparkir di parkiran halaman rumah warga yang lokasinya kurang lebih hanya 100 meter dari air terjun, Tarif tiket masuk di sini hanya Rp 10.000,- saja sudah termasuk parkir. Kalau kita membawa mobil, terpaksa harus diparkir di ujung gang sebelum masuk ke area parkir motor. Setelah itu kita cukup jalan kaki sampai ke lokasi dan dimulailah petualangan.

1. Coban Srengenge 1, Kecil Tapi Menawan

Sesuai yang dikatakan tadi, Coban Srengenge ini ada 3 tingkatan. Yang pertama ini adalah Coban Srengenge 1, lokasinya paling dekat dengan lokasi area parkir motor, hanya berjalan kaki tidak sampai  100  meter saja. Jalan menuju Coban Srengenge yang paling atas ini juga masih relatif mudah, jalannya pun sudah dicor membuat kita nyaman untuk menuruninya, sehingga yakin kalau ibu-ibu pun juga pasti bisa sampai ke Coban Srengenge 1 ini.

Begitu sampai kita disambut sebuah tempat duduk dengan payung yang membuat teduh, tepat disampingnya ada sebuah air terjun yang tidak begitu tinggi tapi punya air yang amat sangat bening, inilah yang dinamakan Coban Srengenge 1. Diseberang aliran air dari air tejun ini juga ada gazebo untuk kita bersantai atau mengambil foto, karena dari sisi seberang memang lebih terlihat keindahannya. Untuk menyeberangi aliran air ini kita tidak perlu takut karena arusnya juga tidak terlalu deras, cukup dengan hati-hati menapak batu kita hanya perlu berjalan perlahan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan melewati batas tali karena diujung aliran sungai ini langsung terjun ke bawah yang nantinya adalah aliran Air Terjun Srengenge 2.  Air terjun yang tidak begitu tinggi tidak membuat tempat ini kurang menarik, kita bisa berfoto disini, atau mandi di airnya yang bening dan sangat dingin.

2. Menikmati Indahnya Aliran Besar Coban Srengenge 2

Setelah puas menikmati Air Terjun Srengenge seri pertama kita tentu penasaran melanjutkan perjalanan ke Srengenge 2. Untuk menuju tempat ini kita hanya perlu melanjutkan rute perjalanan dari Coban Srengenge 1 tadi. Jalan setapak yang dilalui juga sudah dicor seperti yang kita lewati tadi, hanya saja bedanya jalanan ke Srengenge 2 ini kebanyakan turunan curam yang membuat kita harus selalu hati-hati walaupun tangga untuk turun pun juga sudah dicor seperti kita turun loteng dari rumah.

Menuruni tangga ke Air Terjun Srengenge perlu beberapa kali belokan. Kalau kita sudah mendengar derasnya aliran air berarti kita sudah sampai, dan benar saja di sebelah kiri kita langsung berdiri megah Air Terjun Srengenge 2 yang jelas dan pasti lebih indah dan gagah dari pada yang pertama tadi. Selain gagah tentunya juga sangat indah karena tanaman hijau mendominasi di sekeliling air terjun ini.

Untuk masuk wisata ini memang relatif murah, tapi perawatan tempat ini sangat terlihat sekali progresnya. Kalau datang ke tempat ini sekitar 2 tahun yang lalu tidak akan ditemui jalan cor atau tanaman-tanaman yang indah, yang ada cuma rerumputan liar. Kalau sekarang tepat di hadapan air terjunnya sudah ada taman yang tertata rapi dengan bunga yang cantik, ada juga papan kayu yang bisa kita gunakan untuk spot berfoto menikmati air terjun.

Menikmati sebuah air terjun tentunya kalau belum merasakan basah terkena cipratan airnya belum puas, di Coban Srengenge 2 ini kita tentu boleh mendekat turun ke bawah di dekat air terjun. Untuk turun ke dekat kolam air di bawah air terjun ini jalannya cukup susah karena banyak bebatuan berlumut yang basah membuat semakin licin dan rawan jatuh. Air terjun yang sangat deras membuat dari jauh pun kita bisa terkena cipratan airnya, derasnya air terjun disini membuat kita tidak boleh turun ke air di bawah air terjun karena dinilai cukup berbahaya. Jadi kalau ingin berfoto cukup di tepian bebatuan saja, jangan kuatir semuanya akan tetap terlihat indah.

Jaman serba medsos seperti sekarang sudah tentu setiap perjalanan ke alam yang kita lakukan pasti akan kita posting, tentunya kita harus membuat postingan foto kita semenarik mungkin. Setelah kita mendapatkan spot indah, kita juga bisa berpose unik untuk menarik perhatian. Mengingat di Srengenge 2 ini kita disediakan papan kayu untuk spot berfoto, kita bisa memanfaatkannya berfoto di sini dengan berbagai macam gaya dengan properti yang kita siapkan.

3. Melepas Lelah Tidur Di Tepi Jurang

Masih di taman tepat di hadapan Air Terjun Coban Srengenge 2 ini selain ada taman bunga dan spot foto yang siap kita gunakan, di sini juga ada sebuah gardu atau tempat beristirahat terbuat dari bambu yang berlatarkan pemandangan jurang dan bukit-bukit dengan pepohonan hijau di belakangnya. Tempat ini bisa kita gunakan untuk duduk-duduk beristirahat melepas lelah, tiduran, atau buat kita yang membawa bekal bisa makan bersama teman-teman, keluarga, atau pasangan di tempat ini, karena tempatnya lumayan luas. Satu hal lagi fasilitas yang tersedia di tempat ini adalah toilet, sangat lengkap sekali kan.

4. Coban Srengenge 3, Keindahan Di Dasar Jurang

Puas bersenang-senang di Coban Srengenge 2?, jangan dulu karena masih ada Coban Srengenge 3 di tingkatan yang paling bawah. Tapi untuk ke Coban Srengenge 3 ini haru melewati jalur turunan yang berbeda, dengan kembali ke area parkir motor dan mengambil jalur memutar dari sisi sebaliknya dengan berjalan kaki. Jangan kuatir nyasar, cukup bertanya ke tukang parkir dimana rutenya pasti bakal diberi tahu.

Coban Srengenge seri ke-3 ini adalah yang paling bawah dan yang paling ekstrim. Disarankan yang datang ke sini sudah terbiasa menuruni bukit atau mendaki gunung, karena jalurnya benar-benar masih sangat alami dan jangan berharap ada jalan setapak yang dicor seperti di Coban Srengenge 1 atau 2 tadi. Mencapai Coban Srengenge 3 ini kita harus tracking menurun curam selama kurang lebih 35 menit sampai 45 menit tergantung kekuatan fisik kita. Jalan setapak yang masih alami dari tanah ditambah tanaman yang rimbun kadang menutupi jalanan memaksa kita harus ekstra hati-hati

Perjuangan keras mencapai Srengenge 3 ini tidak akan sia-sia tentunya, karena akan terbayar dengan air terjun yang indah dan super duper tinggi, walaupun air terjunnya tidak melebar seperti di tingkat 2 tadi. Arus air di bawah air terjun Srengenge 3 ini lumayan deras yang membuat kita harus hati-hati. Mengingat untuk menuju spot terbaik dan melihat air terjun di hadapannya langsung harus menyeberangi aliran sungainya.

Coban Srengenge 3 ini seperti akumulasi dari volume air di Coban Srengenge 1, dan 2 yang ada di atasnya. Karena air yang jatuh kesini amat sangat deras dan membuat kita bisa basah walaupun hanya melihat dari kejauhan. Tapi kalau kita adalah pecinta alam, ini bakal kita anggap air terjun yang paling bagus diantara 2 lainnya, mulai dari keindahannya, dan juga tantangan medannya. Beda dengan kedua air terjun di atasnya tadi, disini tidak tersedia fasilitas buatan seperti spot foto atau toilet. Semuanya masih benar-benar alami seperti aslinya, jadi jangan sampai kita mengotori atau merusaknya.

Setelah tau tentang ketiga seri Coban Srengenge ini kira-kira yang mana favorit kalian?, yang jelas disarankan untuk memilih tujuan sesuai kemampuan fisik kita. Karena semuanya sangat indah dan layak kita datangi. Next

ramadan
Gunung Banyak

Wisata Seru di Sekitar Gunung Banyak Kota Malang

Sunrise di Gunung Kembar Arjuna yang Epic dan Indah Banget