in , ,

Coban Waru, Air Terjun dengan Taman Bunga Indah di Sekitarnya

Ada taman bunga yang bisa bikin kalian betah berfoto

Kabupaten Pasuruan memang kurang terekspose tempat wisatanya. Namun, di balik itu, ada surga tersembunyi bernama Coban Waru. Pemandangannya indah, sehingga membuat kalian betah berada di sana. Kalau Teman Traveler ingin pergi ke sana, simak dulu ulasan berikut.

Baca juga : Tempat Makan Tema Luar Angkasa, Bersantap dalam Pelukan Magis Galaksi

1.Lokasi Coban Waru

coban waru
Air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Air terjun satu ini terletak di Desa Kayukebek, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Untuk menuju ke sana, dari arah Kota Malang akan lebih cepat kalau melewati jalur alternatif Pakis – Jabung – Nongkojajar – Tutur.

Kalau kita melewati jalanan arteri Surabaya-Malang, tepatnya setelah Kebun Raya Purwodadi kita akan menemukan pertigaan yang mengarah ke Nongkojajar atau arah Gunung Bromo. Di sini kita berbelok ke kiri mengikuti jalan sampai menemukan Pasar Tutur. Di pertigaan Pasar Tutur kita berbelok ke kiri dan akan menemukan Indomaret di kanan jalan, dan kita cukup masuk ke dalam gang tepat di sampingnya.

2. Pemandangan yang Indah

coban waru
Pemandangan sekitar air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah kita berhasil menemukan pintu masuk menuju Coban Waru, dari atas tempat parkir motor kita akan disuguhkan pemandangan air terjun indah dengan taman dan hamparan rumput yang menghijau seperti karpet.

Kalau kita melihatnya dari atas sini akan merasa melihat sebuah surga negeri dongeng seperti di film-film animasi. Apa lagi kalau kita datang ke tempat ini pagi hari, keindahan pemandangan ini akan sangat menarik berpadu dengan hawa dingin dan kabut lembut.

3. Ada Beberapa Spot Foto yang Tersedia

coban waru
Gardu pandang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sini, juga terdapat beberapa spot foto yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Spot foto tersebut berupa papan kayu atau gardu pandang dengan pemandangan air terjun di belakangnya. Selain itu, ada 2 spot papan kayu yang bisa kita temui. Adalah spot foto dengan hiasan sayap kupu-kupu dan juga spot foto papan kayu yang dibentuk seperti kelopak bunga.

Berfoto di gardu pandang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

4. Ada Jembatan untuk ke Air Terjun

Jembatan menuju air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah menuruni tangga dari area parkir motor yang dipenuhi spot foto di kanan-kirinya, kita akan sampai di sebuah jembatan kayu yang melintasi sebuah sungai kecil. Jembatan ini sangat indah dengan dipenuhi tanaman hijau dan bunga-bunga di sekitarnya. Untuk mendekat ke arah air terjun kita perlu menyeberang jembatan ini, tapi kita perlu hati-hati karena beberapa papan kayu di jembatan ini sudah lapuk.

5. Bermain di Sekitar Air Terjun

Ayunan di sekitar air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Para pengunjung bisa beraktivitas di dekat air terjun. Seperti menaiki ayunan di depan coban yang bisa digunakan untuk bermain dan juga berfoto. Selain itu, Teman Traveler juga dapat bermain air di tepian aliran air terjun. Namun, para pengunjung dilarang untuk berenang di bawah air terjun, karena sudah ada aturannya.

Bermain di pinggiran air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

6. Ada Taman Bunga

Taman sekitar air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain pemandangan indah dan juga banyak spot foto, coban ini juga mempunyai kelebihan lain. Adalah adanya taman bunga di sekitar air terjun. Dengan bunga-bunga cantik berwarna warni yang siap menemani kalian untuk berfoto-foto.

Itulah sekilas mengenai Coban Waru yang ada di Kabupaten Pasuruan. Kalian yang sedang ada di Pasuruan, wajib datang ke sini, untuk menyaksikan keindahan alam. Jadi, kapan kalian ingin ke sini? Next

ramadan

3 Tips Penting Bagi Pendaki Pemula, Naik Gunung Jadi Lebih Seru

Jurang Tembelan Kanigoro Jogja

Jurang Tembelan Kanigoro, Spot Romantis Bermandikan Sunset di Jogja