in , ,

3 Tips Penting Bagi Pendaki Pemula, Naik Gunung Jadi Lebih Seru

Teruntuk kalian para hiker pemula, diperhatikan baik-baik ya!

Beberapa waktu belakangan kegiatan alam bebas tidak hanya didominasi oleh para pendaki profesional, namun juga kalangan mahasiswa dan anak muda. Hal itu wajar karena mendaki memiliki banyak sekali manfaatnya. Jika Teman Traveler ingin mendaki gunung, berikut 3 tips bagi pendaki gunung pemula yang bermanfaat buat teman-teman.

Baca juga : Adat Ngarot Indramayu, Perempuan Lambang Kesuburan

Olahraga, khususnya melatih otot kaki

stage_7_photography_gaod3jrpxgs_unsplash_Kyu.jpg
Melatih otot kaki via Unsplash

Melakukan pendakian dibutuhkan tenaga super ekstra. Maka dari itu, mulailah banyak-banyak berolahraga. Kegiatan melatih otot kaki bisa dilakukan dengan lari di pagi atau sore hari.

Usahakan olahraga ini dilakukan secara rutin 2-3 minggu sebelum mendaki. Hal tersebut bertujuan untuk melatih otot kaki agar tidak kaget dalam mendaki gunung mengingat jalur yang harus dilalui tidaklah mudah.

Sebagai sarana untuk berlatih, kalian bisa mncoba berlatih mendaki di Kawah Ijen.

Membawa perlengkapan mendaki

s_b_vonlanthen_d75_5twzdq4_unsplash_CYt.jpg
Carrier bag via Unsplash

Perlengkapan mendaki gunung ini harus kamu persiapkan dengan baik. Apa saja yang harus kamu persiapkan? Untuk perlengkapan rombongan, kamu bisa menyiapkan tenda dome, matras, kompor gas kecil dan cooking set khusus untuk kegiatan alam bebas, dan tas carrier. Kamu juga bisa memakai ransel tidak membawa barang yang banyak.

Hal yang paling sering terlupa bagi para pendaki adalah barang-barang pribadi. Pastikan kamu membawa baju dan celana ganti secukupnya, sleeping bag, sepatu gunung, jas hujan, kotak P3K, dan jaket tebal.

Jangan lupa siapkan stok logistik!

myles_tan_iwcljyv1tjw_unsplash_wGm.jpg
Ilustrasi logistik makanan via Unsplash

Persediaan logistik alias persediaan makanan tidak boleh dikesampingkan ya, Teman Traveler! Kamu pasti membutuhkan asupan makanan selama berkegiatan di alam bebas.

Bahan makanan yang harus kamu bawa ke gunung adalah beras, nasi dan lauk yang sudah dimasak agar tidak ribet memasak ketika di perjalanan, nugget, atau makanan kaleng lain yang kamu suka. Kamu juga bisa membawa telur dan memasukkannya ke dalam beras jika berminat.

Jangan lupa buat ngeksis dan hunting spot terbaik!

alexander_andrews_x62f1wqhuli_unsplash_mag.jpg
Perlengkapan Bertualang via Unsplash

Oh iya, jangan lupa membawa kamera atau smartphone andalan untuk mengabadikan momen kamu selama di gunung. Sayang, kan kalau pergi mendaki tapi tidak sempat mengabadikan dokumentasi apapun?

Satu lagi yang paling penting, jaga kebersihan dan jangan meninggalkan sampah di gunung ya, Teman Traveler! Kita mau agar alam kebangaan kita tetap asri dan tidak tercemar karena ulah kita sendiri.

cimg2476_jrA.JPG
Mendaki gunung (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Demikian tips bagi pendaki gunung pemula yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat! Next

ramadan

Bangga, 4 Budaya Nusantara Ini Jadi Kurikulum Internasional

Coban Waru, Air Terjun dengan Taman Bunga Indah di Sekitarnya