in , ,

Curug Cikaso, Surga Tersembunyi Mirip Amazon di Sukabumi

Keindahan Alamnya Dijamin Bikin Terperangah

Curug Cikaso
Curug Cikaso (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Hai Teman Traveler, buat kalian yang sedang liburan di Sukabumi jangan lupa mampir ke Curug Cikaso. Destinasi bernuansa alam yang berada di kawasan Ujung Genteng ini tawarkan panorama sungai keren bagai Amazon di Amerika Selatan. Tak heran jika tempat satu ini cukup populer di kalangan wisatawan, tak kalah dari Geopark Ciletuh. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Best Places for Ngabuburit in Bandung

Perjalanan Menuju Curug

img_4866_01_6wx.jpeg
Curug Cikaso (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Air terjun ini berada di antara Jampang Kulon dan Surade. Arusnya nampak sangat megah dan menawan. Wajar saja jika tempat ini kerap jadi bidikan favorit para fotografer dan wisatawan. Foto-foto kerennya sudah banyak beredar di media sosial.

Untuk menuju sini, Teman Traveler bisa menumpang kendaraan roda empat maupun dua. Jika kalian berangkat dari Bogor, bisa langsung ambil jalur menuju Ciawi dan lanjut belok kanan ke arah Lido-Sukabumi. Jika bingung, langsung saja gunakan panduan dari aplikasi Google Maps.

Perjalanan dari Bogor menuju Sukabumi bakal memakan waktu kurang lebih 3-4 jam. Jika Teman Traveler terkena macet, perjalanan mungkin bisa molor hingga lima jam. Nah, tips agar terhindar dari situasi semacam itu, sebaiknya kalian berangkat malam hari. Namun tetap hati-hati dan jaga stamina ya. Jika mulai lelah dan mengantuk, jangan ragu untuk beristirahat di beberapa rest area yang sudah tersedia. 

Tiket Masuk dan Sewa Perahu

screenshot_2019_08_20_11_40_47_531_com_qNZ.jpeg
Gerbang utama curug (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Begitu sampai di lokasi, Teman Traveler bisa lanjutkan perjalanan dengan melakukan trekking selama kurang lebih 15-30 menit. Opsi lain, kalian bisa menumpang perahu dan menyusuri aliran Sungai Cikaso. Tarif sewanya dipatok antara Rp60.000 hingga Rp120.000, dengan kapasitas penumpang maksimal 10 orang.

Tiket masuk Curug Cikaso sendiri dibanderol Rp27.000 per mobil, plus tarif parkir Rp6.000. Sementara untuk pejalan kaki, hanya perlu bayar Rp3.000 per orang. Tapi ingat, semua bakal tetap harus membayar biaya kebersihan Rp2.000 per orang.

img_4858_Knm.JPG
Perjalanan naik perahu (c) Endah Lestari/Travelingyuk
ydxj2409_Eke.jpg
Menikmati pemandangan sekitar (c) Endah Lestari/Travelingyuk
img_4855_t77.JPG
Sungai terpisah jadi dua warna (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Lantaran datang bersama beberapa kawan, saya memutuskan menyewa perahu. Sepanjang perjalanan kami dimanjakan view yang cukup memukau. Aliran sungai terlihat seperti terpisah dengan dua warna berbeda, mirip seperti di Amazon lho. Konon ini terjadi akibat aktivitas penambangan pasir yang dilakukan dekat sini.

Berburu Spot Instagenic di Curug

ydxj2289_01_HOs.jpeg
Sesaat setelah sampai (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Setelah menempuh perjalanan yang mengasyikkan, kami lantas sampai di Curug Cikaso. Teman Traveler sebaiknya berhati-hati di sini, usahakan mengenakan alas kaki yang sesuai. Pasalnya kalian bakal melewati medan lumayan sulit berupa bebatuan dan tanah basah. Terasa sangat licin dan kalian bisa terpeleset jika tidak berhati-hati.

img_4885_01_vPZ.jpeg

Kami lantas tak membuang waktu untuk berburu foto keren. Untungnya, Curug Cikaso memiliki beberapa spot Instagenic yang benar-benar menarik untuk diabadikan. Teman Traveler bisa bebas berpose di kawasan sekitar aliran air terjun, hasilnya dijamin epik dan memuaskan deh.

Tips Berkunjung

ydxj2315_01_LYc.jpeg
Berpose dekat air terjun (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Sedikit tips buat Teman Traveler yang ingin mampir ke sini. Jika datang saat musim hujan, harap berhati-hati karena jalanan di sekitar sini sangat licin. Selain itu, debit air bisa bertambah drastis secara tiba-tiba.

Berikutnya, jika ingin menyewa perahu sebaiknya lakukan tawar-menawar dulu agar tidak mendapat harga terlalu mahal. Terakhir, akan lebih bagus jika Teman Traveler mampir di pagi hari karena suasananya bakal relatif sepi. Kalian jadi bisa lebih leluasa berburu foto.

Itulah sekilas ulasan mengenai Curug Cikaso, sebuah destinasi alam keren di Sukabumi yang bisa jadi alternatif liburan Teman Traveler di akhir pekan. Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik mampir ke sini? Next

ramadan
Destinasi Romantis di Seoul

4 Destinasi Romantis di Seoul, Buat Honeymoon ala K-Drama

Bukit Persil

Bukit Persil, Ada Piramida di Kota Lumpia!