in , ,

Meneropong Indahnya Curug Cimedang di Desa Malaganti Tasikmalaya

Menikmati sejuknya suasana alam di Curug CImedang Tasikmalaya

Wisata alam curug menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah-daerah dengan ciri khas pegunungan. Curug Cimedang sendiri merupakan nama berasal dari aliran sungai kecil yang mengalir ke air terjun tersebut. Curug mungil ini hanya memiliki tinggi sekitar 5 meter saja, walaupun begitu suasana di lokasi ini sangat sejuk, teduh karena masih banyak pepohonan. Yuk, simak perjalanan berikut.

Baca juga : 7 Potret Pantai Timang, Penakluk Ombak Laut Selatan yang Menawan

Lokasi Curug Cimedang

20190823_090334_O3K.jpg
Berjalan ke curug cimedang (c) Afi Bilqis/Travelingyuk

Curug Cimedang terletak di Kampung Malaganti, Desa Raharja, Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat. curug ini masih menjadi bagian dari Gunung Galunggung, perpaduan air terjun setinggi 5 meter dan kolam kecil di bawahnya membuat curug ini mulai populer di kalangan wisatawan. Terlebih banyak pengguna media sosial yang mengunggah keindahan curug tersebut.

Perjalanan Menuju Curug

Perjalanan menuju curug cimedang (c) Afi Bilqis/Travelingyuk

Lokasi curug ini bisa dikatakan cukup terpencil di dalam hutan sehingga butuh waktu untuk trekking. Untuk mengaksesnya, wisatawan bisa mengarahkan kendaraan dari Kota Tasikmalaya menuju Alun-Alun Singaparna dengan jarak kira-kira 11 kilometer. Dari Singaparna, kemudian putar arah ke Sariwangi, lalu melewati Kampung Malaganti hingga berakhir di Malaganti Center atau stasiun pemancar televisi lokal.

Sesampainya di sana, arahkan kendaraan 300 meter ke barat. Saat bertemu pertigaan sebelum lapangan bola, belokkan kendaraan kearah kiri. Setelah 700 meter, wisatawan akan menemukan penambangan pasir. Kendaraan bisa diparkirkan di sana. Selanjutnya, wisatawan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke arah bawah menuruni jalan berbatu menuju Sungai Cimedang.

Wisatawan juga perlu menelusuri sisi sungai sekitar 20 meter untuk sampai di curug. Meskipun terkesan meribetkan, tapi dijamin perjalanan wisatawan ke curug tersebut tidak sia-sia.  

Keunikan dan Keindahan Curug

20190823_090326_rgW.jpg
Curug Cimedang (c) Afi Bilqis/Travelingyuk

Suasananya yang sejuk dan teduh karena banyak pepohonan juga membuat wisatawan merasa nyaman untuk berlama-lama di sekitar curug. Keunikan dari curug ini adalah di sisi sebelah kirinya terdapat dinding berongga seperti mulut goa. Ada pula spot-spot menarik yang bisa dijadikan latar belakang foto.

Terdapat Penambangan Pasir

img_20190828_193558_zZ5.JPG
Aliran air menuju curug cimedang (c) Nabella Amanda/Travelingyuk

Selain kondisi airnya yang sangat jernih, curug ini juga memiliki kolam yang lumayan besar sekitar 10 meter lebarnya dengan kedalaman sekitar 1,5 meter sehingga aman untuk bermain air. Kondisi sungainya berpasir karena di lokasi ini terdapat penambangan pasir untuk digunakan sebagai bahan bangunan.

Demikian perjalanan wisata ke Curug Cimedang yang sejuk, bisa dijadikan rekomendasi destinasi liburan akhir pekan Teman Traveler. Next

ramadan
Salah satu sudut Kebun Rojo

Kebun Rojo Blitar, Solusi Liburan Murah Ramah Anak

Kehidupan Tidak Pernah Berakhir, Tempat Makan Sehat dan Nikmat