in ,

Kegagahan Curug di Bogor, Dikelilingi Dinding Batuan Alami yang Eksotis

Curug di Bogor dengan Kokohnya Dinding Batuan Alami yang Eksotis

Batuan Alami yang Tersusun Rapi di Curug Cikuluwung

Kurang lebih ada puluhan curug atau air terjun di Bogor yang bisa Teman Traveler kunjungi. Jika bicara soal kejernihan air dan keindahan yang dimiliki, semua punya. Hanya curug-curug di Bogor berikut ini punya keunikan yang membuat keindahannya semakin bertambah-tambah, yaitu keberadaan dinding-dinding batu di sekitar curug yang seolah punya magis. Lalu, mana sajakah curug di Bogor yang dikelilingi batuan alami nan cantik dan eksotis?

Baca juga : Wisata Bogor Serba Hijau, Cocok untuk Liburan Awal Tahun Agar Lebih Semangat!

1. Curug Leuwi Lieuk

Jernihnya Air Curug Leuwi Lieuk Dikelilingi Batuan
Jernihnya Air Curug Leuwi Lieuk Dikelilingi Batuan via Instagram/mr_sunuy

Langsung viral di beberapa media sosial, Curug Leuwi Lieuk menyusul ketenaran Curug Leuwi Hejo yang sudah lebih dulu terkenal. Ketenaranannya bisa diterima, sebab air terjun ini memang menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Dinding-dinding bebatuan alami yang mengelilingi dan seperti melindungi kejernihan airnya, membuat siapa saja yang melihat langsung terpana. Curug Leuwi Lieuk bahkan dijuluki sebagai Grand Canyon-nya Bogor.

Curug dan genangan air di Leuwi Lieuk seperti sedang bersembunyi, karena itulah, untuk mencapainya, Teman Traveler harus berjalan kaki selama 35 menit dari area parkir yang sudah disediakan di kawasan curug. Meski begitu, sesampainya di lokasi, terpuaskan adalah sebuah jaminan. Di curug ini, kesenangan yang bisa Teman Traveler rasakan adalah sensasi melompat dari atas tebing dengan ketinggian 3 sampai 7 meter. Sementara itu, kedalaman kolamnya mencapai 4 sampai 6 meter. Cukup dalam, karena itu berhati-hati ya.

2. Curug Cikuluwung

Batuan Alami yang Tersusun Rapi di Curug Cikuluwung
Batuan Alami yang Tersusun Rapi di Curug Cikuluwung via Instagram/kasbiesayagabalfas

Berada di Kecamatan Pamijahan, Bogor, Curug Cikuluwung istimewa dengan jajaran batuan yang meninggi. Batuan yang mengelilingi air curug, tertata rapi, seperti sengaja memberi ruang pada air untuk mengalir dengan sempurna di tengah-tengahnya. Air di Curug Cikuluwung berwarna biru saking jernihnya. Di sini, Teman Traveler bisa bebas berendam atau sekadar membasahi kaki untuk merasakan sejuknya udara Bogor.

Untuk menuju kawasan ini, Teman Traveler harus melewati jalan setapak hingga tebing. Tenag saja, perjalanan yang melelahkan tidak akan sia-sia, karena sesampainya di sana, pemandangan ajaib dan penuh pesona siap menyambut kedatangan Teman Traveler semua. Siapkan uang retribusi agar bisa masuk ya. Gak mahal kok. Dan yang pasti, dengan tiket kurang lebih seharga Rp 10 ribu, Teman Traveler sudah bisa ngadem.

3. Curug Leuwi Hejo

Siapa Mau Merasakan Sejuknya Air di Curug Leuwi Hejo
Siapa Mau Merasakan Sejuknya Air di Curug Leuwi Hejo via Instagram/rizkiifebriann

Jika ingin menikmati suasana curug dengan suasana yang lebih ramai, Teman Traveler bisa datang ke Curug Leuwi Hejo. Keeksotisan curug ini, berikut dengan bebatuan alaminya, memang sudah seperti selebritas papan atas. Ia dikunjungi, diminati, oleh banyak pemuja keindahan alam.

Batuan alami yang mengelilingi air jernih di curug ini, seperti siap menjaga Teman Traveler yang berenang atau sekadar bermain air dari gangguan banyak hal. Sehingga, yang dapat dirasakan hanya ketenangan. Curugnya memang tidak terlalu besar, tetapi cukup untuk membuat Teman Traveler semuanya puas dan takingin segera pulang. Curug yang terletak di Sentul Bogor ini bisa dikunjungi dengan membayar retribusi sekitar Rp 15 ribu.

4. Curug Barong

Kokohnya Bebatuan di Curug Barong
Kokohnya Bebatuan di Curug Barong via Instagram/fajar_hidayattt

Curug di Bogor dengan dinding bebatuan alami yang eksotis lainnya bisa ditemukan di Curug Barong. Untuk menuju curug ini, Teman Traveler harus mau melewati jalan yang lumayan, harus melewati bebatuan, rumput dan tumbuhan liar. Meski demikian, semua lunas terbayarkan dengan kesegaran air serta bebatuan yang masih sangat alami.

Curug Barong bukan tipe curug dengan air kucuran yang tinggi. Tetapi, hal ini tidak mengurangi kejernihan air serta keindahannya, Teman Traveler. Air yang mengalir pada curug ini merupakan air dari Sungai Cirangrang. Dijamin masih asli dan bening. Teman Traveler bisa menemukannya di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

5. Curug Rahong

Merasakan Kesegaran Curug Rahong
Merasakan Kesegaran Curug Rahong via Instagram/widiniss

Dengan track yang lumayan menyulitkan, Curug Rahong di Cigudeg, Bogor Utara ini juga siap membuat Teman Traveler semua mulai mencintai perpaduan antara batuan dan air yang alami. Meski begitu, harus tetap waspada sebab jalan menuju Curug Rahong tergolong masih sulit. Teman Traveler bahkan harus menyusuri sungai dengan batuan besar.

Curug di Bogor dengan batuan alami yang mengundang kagum ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Jika ingin bermain di bawah derasnya, Teman Traveler harus tetap waspada. Jangan terlalu terbawa bahagia hingga luput memperhatikan tanda-tanda bahaya. Perhatikan pusaran air atau gelombang air di sekitar curug, karena jika lalai, akan membahayakan keselamatan Teman Traveler.

6. Curug Mariuk

Berenang di Tengah Curug Mariuk
Berenang di Tengah Curug Mariuk via Instagram/abee_aries

Kali ini, kita sambangi pedalaman Bogor untuk kembali memuaskan rasa kekaguman pada curug-curugnya. Curug yang harus Teman Traveler kunjungi selanjutnya bernama Curug Mariuk. Curug ini terletak di Desa Cibeureum, yang masih merupakan bagian dari kawasan Sentul, Bogor. Suasana di sekitar curug masih sangat asri. Tentu saja masih dengan bebatuan alami yang menimbulkan efek nyaman dan tenang. Keberadaannya belum terlalu banyak terekspose, namun justru itu yang membuatnya mbetahi, terutama bagi Teman Traveler yang hobi menyendiri.

Keberadaan curug di Bogor memang tidak habis dibicarakan. Meski rata-rata memiliki keindahan yang serupa, namun bebatuan alami yang mengelilingi mereka dapat menambah keindahannya. Selamat basah-basahan! Next

ramadan

Danau Lut Tawar Aceh, Oase di Tengah Bukit Barisan Ujung Indonesia

Duduk Santai Menikmati Semilir Angin di Koguna Beach

Pantai di Sulawesi Tenggara, Waktunya Berjemur dan Berburu Sunset