in ,

Wisata Curug di Kawasan Cibodas, Sukses Bikin Mata Jadi Melek!

Mengunjungi Wisata Air di Cibodas yang Segarnya Mampu Tenangkan Pikiran

Wisasta air terjun di kawasan Cibodas
Wisasta air terjun di kawasan Cibodas

Cibodas terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangarango yang berada di Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor, kawasan Cibodas ini bertempat di kaki Gunung Gede sehingga memiliki udara yang sejuk. Bagi Teman Traveler yang suka dengan wisata air, beberapa deretan curug di kawasan Cibodas ini siap ditaklukkan. Yuk, langsung scroll ke bawah!

Baca juga : Bermalam di Balkondes Tuksongo Borobudur, Serasa Jadi Bangsawan dalam Semalam

Curug Ciismun

Curug Ciismun
Curug Ciismun via Instagram/denny899

Buat Teman Traveler yang sedang mencari tempat untuk menenangkan diri, Curug Ciismun wajib dikunjungi. Memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dengan kaki air terjun seluas 5 meter, aliran airnya turun dari sudut pertemuan bukit Agropolitan dengan Bukit Cibodas setinggi 1275 mdpl. Pengunjung dapat menikmati kesegarannya secara langsung. Berada di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, curug di kawasan Cibodas satu ini hanya berjarak sekitar 1 km dari pintu gerbang sebelah timur. Pengunjung hanya perlu menyiapkan budget untuk tiket masuk sebesar Rp6.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Curug Cibogo

Curug Cibogo
Curug Cibogo via Instagram/dongvns

Selanjutnya ada Curug Cibogo yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan letaknya berada tepat di sebelah area Taman Sakura Kebun Raya Cibodas. Suasananya masih terasa sangat alami karena belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Untuk menuju ke Curug Cibogo, pengunjung diharapkan untuk berhati-hati karena jalanan yang licin dan sedikit curam. Air terjun ini punya kolam dengan ukuran yang tidak terlalu besar, namun memiliki debit yang cukup deras. Nah, letak Curug Cibogo ini juga tak jauh dari Curug Ciismun. Bisa sekalian, nih.

Curug Panca Weuleuh

Curug Panca Weuleuh
Curug Panca Weuleuh via Instagram/botakstap

Masih berada di kawasan Kebun Raya Cibodas, ada salah satu air terjun unik bernama Panca Weuleuh. Secara harfiah Panca Weuleuh berarti “lima capek”. Kata ini juga muncul dalam beberapa versi, ada yang mengartikan capek setiap lima menit, ada juga yang menyebut lima tanjakan yang membuat lelah. Wajar saja karena untuk menuju ke air terjun di Cibodas yang ini aksesnya cukup sulit karena berada di ketinggian 2.200 mdpl. Maka itu hanya bisa dikunjungi oleh pendaki gunung karena berada di jalur pendakian Gunung Gede Pangrango. Teman Traveler bisa mengunjungi tempat ini setelah melewati Selter Air Panas dan Kandang Batu.

Rawa Gede

Rawa Gede
Rawa Gede via Instagram/jabrut_cabol

Terakhir yang sayang untuk dilewatkan adalah Rawa Gede yang berada di kawasan Mandalawangi Cibodas Camping Ground. Letaknya pun cukup tersembunyi karena berada di sebelah utara area perkemahan. Para wisatawan harus melewati hutan dan jalan setapak terlebih dahulu. Memiliki ketinggian mencapai 11 meter, air terjun satu ini berperan penting untuk mengairi sawah dan kebun masyarakat yang tinggal di daerah Mandalawangi.

Itulah wisata air berupa curug di kawasan Cibodas. Lokasi yang sempurna untuk menenangkan pikiran dan menyegarkan diri. Jangan lupa untuk mampir dan mengabadikan momen dengan berfoto-foto di sini ya! Bagaimana, mau ajak siapa nih? Next

ramadan
Deretan Pantai di Singkawang

Destinasi Pantai di Singkawang yang Pemandangannya Bikin Betah, Jadi Malas Pulang

Kuliner di Demak, Cocok Untuk Menu Makan Siang Mulai dari 7 Ribu Saja