in ,

Destinasi Pantai di Singkawang yang Pemandangannya Bikin Betah, Jadi Malas Pulang

Pemandangan menawan pantai yang ada di Singkawang Kalimantan Barat.

Deretan Pantai di Singkawang
Deretan Pantai di Singkawang

Kota Singkawang dulunya merupakan bekas tempat pertambangan emas dan persinggahan pedagang dari Monterado. Sekarang, kota ini telah berkembang pesat dan memiliki pesona alam yang indah terutama pantainya. Nah, beberapa pantai di Singkawang ini bisa dijadikan rujukan untuk berlibur di akhir pekan bersama keluarga nih. Air yang jernih dan bebatuan uniknya langsung akan membuatmu jatuh hati. Mana saja? Langsung simak saja yuk!

Baca juga : Kuliner Enak di Sekitar Stasiun Malang, Turun Kereta Langsung Kenyang

 

Pantai Pasir Panjang

Panorama Pasir Panjang dari atas
Panorama Pasir Panjang dari atas via Instagram/nicholassaputra

Pantai di Singkawang selanjutnya yang punya panorama nggak kalah indah adalah Pasir Panjang. Hamparan pasir bersih dan air yang jernih, membuat tempat ini pas dijadikan sebagai destinasi untuk melakukan beberapa aktivitas seperti berenang, bermain sepakbola, voli, dan lain-lain. Fasilitas yang disediakan juga lengkap. Pengunjung akan dipermudah dalam hal berwisata seperti adanya sepeda air, penyewaan perahu motor, pondok wisata, toko souvenir, dan masih banyak lagi. Beralamat di Jalan Pasir Panjang No.89, Kecamatan Sedau, Singkawang Selatan, pengunjung ditarik biaya sebesar Rp10.000 per orang di hari biasa dan Rp20.000 untuk hari pekan.

Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung di Singkawang
Pantai Batu Burung di Singkawang via Instagram/herrysobiran

Berada di Sedau, Singkawang Selatan, Pantai Batu Burung memiliki keunikan tersendiri. Di pantai ini banyak sekali terdapat batu-batu granit yang berserakan dan sering dihinggapi burung, oleh karena itu dinamakan Pantai Batu Burung. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat sore atau senja. Teman Traveler akan disuguhi panorama langit berwarna kemerahan ditemani dengan matahari terbenam. Untuk menuju ke sini juga tidak terlalu sulit, karena aksesnya berada di pinggir jalan raya. Selain itu juga terdapat papan petunjuk yang lengkap, jadi nggak perlu khawatir tersesat!

Pantai Kura-Kura

Baatu-batu di Pantai Kura-Kura
Baatu-batu di Pantai Kura-Kura via Instagram/efndl

Berlibur ke kota ini, sayang rasanya jika tak menyambangi Pantai Kura-Kura. Pantai yang masih terasa alami dan belum banyak dibenahi ini masih terjaga kelestariannya. Hamparan air laut yang berwarna biru memiliki pesona yang indah dan tak jarang di tempat inilah kura-kura naik ke darat untuk bertelur. Selain itu, batu-batu yang bertebaran di kawasan pantai juga menjadi daya tarik. Jika memulai perjalanan dari Pontianak, Teman Traveler bisa menuju ke Tanjung Gindul, dengan perjalanan darat selama 3 jam. Kemudian harus menusuri jalan setapak sepanjang 3 km untuk mencapai pantai satu ini.

Pantai Sedau

Pantai Sedau
Pantai Sedau via Instagram/tiaricisss

Selanjutnya ada Pantai Sedau yang berlokasi di Sedau, Singkawang Selatan. Punya air dan hamparan pasir yang bersih, tempat ini juga kerap dijadikan sebagai destinasi andalan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan. Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orangnya. Kalau Teman Traveler berangkat dari pusat kota, untuk sampai ke sini hanya butuh waktu selama 35 menit berkendara.

Wisata Pantai di Singkawang memang punya pemandangan yang bikin betah. Bahkan salah satu pantainya juga kerap disinggahi hewan kura-kura. Segera atur jadwal liburan untuk menikmati suasana senja di sini ya! Bagaimana, mau ajak siapa nih? Next

ramadan
Konservasi Penyu di Kabupaten Sambas via Shutterstock

Ekowisata di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat Dikembangkan, Demi Konservasi Penyu

Wisasta air terjun di kawasan Cibodas

Wisata Curug di Kawasan Cibodas, Sukses Bikin Mata Jadi Melek!