in , , ,

Curug Surodipo Temanggung, Keindahan yang Tersembunyi di Perbukitan

Air terjun lima tingkatan yang ekstrem di Temanggung

fi curug surodipo

Keindahan air terjun satu ini tersembunyi di perbukitan, Curug Surodipo Temanggung Jawa Tengah, menyuguhkan panorama alam menakjubkan. Curug ini memiliki beberapa tingkat yang bisa Teman Traveler jelajahi, cocok untuk mengisi libur lebaran nanti. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Batagor H.Isan, Kuliner Lezat & Ikonik di Kota Bandung

Air Terjun Diantara Bukit

air terjun diantara bukit
Ilustrasi via instagram onitograph

Curug Surodipo air terjun yang tersembunyi diantara perbukitan dengan ketinggian kurang lebih 1.200 meter dari permukaan laut. Keindahan alam sekitar sangat menakjubkan, dalam bukit hijau menjulang terdapat aliran air jernih yang menyegarkan.

Meskipun terbilang tinggi air terjun ini mempunyai aliran yang tidak menimbulkan arus besar karena air turun melalui bebatuan terlebih dahulu. Kolam alaminya juga tidak begitu lebar, ditambah berbagai ukuran bebatuan menghiasi.

Memiliki Lima Tingkatan Air Terjun

memiliki lima tingkatan
Ilustrasi via instagram lembahtrocoh

Kemudian air terjun ini memiliki lima tingkatan dengan masing-masing ukuran berbeda yang pertama mempunyai tinggi sekitar 120 meter, curug kedua 10 meter, kemudian tiga dan empat sekitar 40 meter, serta tingkat kelima 50 meter. Jarak antar air terjun dengan yang lain sekitar 50 meter.

Biasanya pengunjung lebih sering menuju tingkat pertamanya sebab akses menuju curug lebih mudah dan tingkatan lain cukup ekstrem, harus didampingi pemandu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan
Ilustrasi via instagram zaqi.abd_

Setelah sampai pada tingkatan air terjunnya Teman Traveler bisa melakukan aktivitas seru seperti bermain air, merasakan kesegaran aliran curug. Jika menyukai tantangan harus mencoba trekking menuju tingkatan air terjun lainnya, di sini juga bisa berkemah pada tempat yang disediakan.

Selain itu berburu sunrise bisa juga dilakukan, apalagi saat cuaca cerah akan berasa di atas awan. Lalu Teman Traveler akan disuguhkan pemandangan pelangi diantara air terjunnya, tak ketinggalan view pegunungan tampak dari kejauhan.

Fasilitas, Harga Tiket dan Lokasi

fasilitas harga dan lokasi curug surodipo
Ilustrasi via instagram anggarawepe

Selanjutnya untuk fasilitas wisata ada area parkir, warung makanan serta minuman, taman bunga, gazebo, spot berkemah dan kamar mandi umum. Harga tiket masuk Rp 4.000 per orang, jika ingin berkemah harus membayar Rp 15.000 per orang sudah termasuk tiket masuk, persewaan tenda mulai Rp 50.000 sampai Rp 70.000 dan harga sewa pemandu lokal Rp 100.000.

Curug Surodipo berlokasi di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota sekitar 28 km dengan waktu 50 menit perjalanan. Jam operasional wisata pukul 08.00-16.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan Curug Surodipo Temanggung yang dapat dijadikan alternatif dalam mengisi libur lebaran Teman Traveler. Next

ramadan
fi makanan khas lebaran di berbagai negara

Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara, Hidangan Merayakan Kemenangan

fi pasir angin

Menikmati Suasana Buka Puasa Akhir Ramadan di Kafe Pasir Angin Bogor