in , , , ,

Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara, Hidangan Merayakan Kemenangan

makanan khas lebaran di negara Islam

fi makanan khas lebaran di berbagai negara

Seperti Indonesia negara mayoritas Islam juga mempunyai makanan khas lebaran di berbagai negara, hidangan untuk merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Mulai dari Pakistan hingga China memiliki makanan wajib Hari Raya Idul Fitri. Yuk simak daftar berikut.

Baca juga : Tojinbo, 4 Fakta Tebing Laut Berhantu Jepang

1. Sheer Khurma, Bangladesh, India dan Pakistan

sheer khurma
Ilustrasi via instagram ministry_of_curry

Pertama ada negara Bangladesh, India dan Pakistan memiliki kemiripan dengan makanan Sheer Khurma, makanan wajib ada setiap Hari Raya Idul Fitri. Sheer khurma atau susu kurma terbuat dari susu, kurma, bihun, gula ditambahkan kacang almond, kunyit, kismis, kapulaga, cengkeh dan bahkan air mawar. Makanan ini dihidangkan pagi setelah sholat Ied.

2. Bolani, Afghanistan

bolani
Ilustrasi via instagram thiskarachigirl

Selanjutnya ada Bolani dari Afghanistan yaitu makanan yang memiliki tekstur dan rasa seperti roti berbentuk pipih. Roti ini dipanggang berisi bayam, kentang, labu, dan lentil, sebagai pelengkap akan dihidangkan bersama saus yoghurt agar roti semakin lezat.

3. Manti, Rusia

manti
Ilustrasi via instagram natalja0991

Kemudian ada negara Rusia yang memiliki populasi umat Islam sebanyak 16 juta orang, masyarakat muslim Moskow setelah menunaikan ibadah sholat Ied akan berkumpul bersama keluarga masing-masing sambil menikmati makanan bernama Manti. Semacam pangsit basah berisi daging sapi atau domba cincang.

4. You Xiang, China

you xiang
Ilustrasi via instagram favorsnetwork

Berikutnya ada You Xiang makanan khas lebaran 20 juta orang umat Islam di China, yaitu camilan tepung goreng yang dimakan dengan sup atau nasi. Terlihat sederhana tetapi ada syarat tertentu dalam pembuatannya, pertama harus berwudhu terlebih dahulu kemudian membakar dupa selama proses memasaknya.

Demikian daftar makanan khas lebaran di berbagai negara saat berkumpul merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Next

ramadan
fi hajar aswad

Potret Jarak Dekat Hajar Aswad Dirilis Arab Saudi Untuk Pertama Kalinya

fi curug surodipo

Curug Surodipo Temanggung, Keindahan yang Tersembunyi di Perbukitan