in

5 Kota di Indonesia yang Jadi Penghasil Kopi PALING ENAK SEDUNIA

2. Ubud & Kintamani, Penghasil Kopi Luwak yang Nikmat Berharga Selangit

Kalau ke Bali jangan cuma menjelajahi pantainya saja. Jika kamu pecinta kopi ada dua daerah yang wajib kamu singgahi yaitu Ubud dan Kintamani. Dua daerah di Bali ini terkenal memproduksi kopi berkualitas tinggi yang digandrungi penikmat kopi dari dalam dan luar negeri. Dari kawasan Kintamani, sepanjang jalur wisata dari Tampaksiring hingga Singaraja terdapat 15 ribu hektar kebun kopi demikian pula di Ubud yang banyak terdapat kebun serupa yang dibuka untuk kepentingan wisata.

Baca juga : Napak Tilas Saksi Lokasi Demo Indonesia, Bisa Jadi Wisata Politik

Umumnya kebun-kebun kopi di daerah ini dibuka secara cuma-cuma meski beberapa mematok tarif yang cukup tinggi. Namun merasakan wisata berkeliling kebun kopi memang memberikan pengalaman yang luar biasa menyenangkan. Terlebih setiap wisatawan akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan mengenai proses penanaman pohon kopi, merawatnya, memanen hingga memproduksi hingga menjadi minuman siap saji.

Kopi Luwak Kintamani [image source]
Kopi Luwak Kintamani [image source]
Yang paling terkenal dari kopi di Bali ini adalah kopi luwak yang dihasilkan dari “kotoran” binatang luwak atau musang. Jadi binatang ini sangat pandai memilih kopi berkualitas dan memakannya. Tapi biji yang ikut termakan tidak akan dicerna sehingga keluar lagi bersama feses. Biji ini kemudian dicuci hingga benar-benar steril yang selanjutnya dibikin kopi.

Kopi luwak sangat nikmat sebanding dengan harganya yang juga selangit. Kabarnya di luar negeri setengah kilo kopi luwak dihargai hingga jutaan rupiah. Kamu yang ikutan wisata kebun kopi ini akan disuguhi minuman kopi secara gratis tapi jika ingin mencicipi rasa kopi luwak setiap traveler dikenai biaya sekitar Rp. 50 ribu per cangkir. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Misteri Gunung Argopuro, Tempat Istana Dewi Rengganis

8 Tempat Paling Romantis di Indonesia Buat Nembak Si Dia Untuk Jadi Pacarmu