in

5 Kota di Indonesia yang Jadi Penghasil Kopi PALING ENAK SEDUNIA

4. Sigi, Sulteng, Ada Kopi Nikmat Saingan Kopi Luwak

Tujuan berikutnya untuk menikmati kekayaan kopi Indonesia adalah di Sulawesi Tengah tepatnya di Kabupaten Sigi. Daerah ini belum banyak dikenal sebagai penghasil kopi tapi di sanalah tempat berasalnya dua varian kopi yang nikmatnya konon mengimbangi kopi luwak. Kopi yang dimaksud adalah Kopi Toratima dan Kopi Pipikoro.

Baca juga : Empat Foodstagram yang Wajib Kamu Follow Sebelum Liburan ke Solo

Sigi punya dua varian kopi yaitu Kopi Toratima dan Kopi Pipikoro [image source]
Sigi punya dua varian kopi yaitu Kopi Toratima dan Kopi Pipikoro [image source]
Kopi tersebut berasal dari desa Porolea yang terletak di pegunungan sisi selatan dari Kabupaten Sigi. Kopi ini dihasilkan dari fermentasi kelelawar dan juga tupai. Meski sama-sama menggunakan media hewan namun berbeda dengan kopi luwak. Jika kopi luwak dihasilkan dari biji kopi yang dimakan musang dan dikeluarkan bersama kotoran maka kopi Toratima ini dimakan kelelawar dan tupai kemudian dimuntahkan lagi dalam bentuk biji yang sudah lepas dari kulitnya.

Lain halnya dengan Kopi Pipikoro, ini adalah kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang ditanam tanpa menggunakan pestisida dan bubuk kimia. Persamaannya kopi-kopi ini diproduksi secara tradisional tanpa tersentuh mesin. Masalah rasa, kedua varian kopi ini juara! Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Misteri Gunung Argopuro, Tempat Istana Dewi Rengganis

8 Tempat Paling Romantis di Indonesia Buat Nembak Si Dia Untuk Jadi Pacarmu