in , ,

Dali Ni Horbo Khas Batak, Keju Asli Indonesia

Menikmati makanan tradisional khas Batak

fi dali ni horbo

Biasanya keju berasal dari negara-negara di Benua Eropa, Teman Traveler tahu tidak jika ada keju asli Indonesia yaitu Dali Ni Horbo. Makanan olahan yang terbuat dari susu kerbau khas Batak. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga : 4 Hotel Low Budget di Surabaya Barat yang Bisa Kamu Singgahi

Asal-usul Dali Ni Horbo

asal usul dali na horbo
Ilustrasi via instagram valentinalimbong

Dali Ni Horbo adalah makanan khas di daerah Tapanuli, Sumatra Utara, nama Dali berarti susu sedangkan Horbo artinya kerbau. Merupakan olahan susu kerbau dengan cara tradisional.

Pada zaman dahulu proses pembuatan dali ni horbo ini merupakan tradisi leluhur orang Batak yang membentuk sebuah perkumpulan sesama suku. Sejak saat itu, dali ni horbo menjadi makanan hampir selalu ada di rumah orang Batak.

Tradisional dan Tanpa Bahan Pengawet

tradisional tanpa pengawet
Ilustrasi via instagram herawatiaritonang

Proses memasak keju khas Batak ini secara tradisional tanpa bahan pengawet, dan dengan bahan alami. Saat ini tidak hanya susu kerbau saja tetapi bisa juga memakai susu sapi.

Bahan-bahannya yaitu 1 liter susu kerbau atau susu sapi, air perasan satu lembar daun pepaya hijau segar untuk mengurangi bau amis dan air perasan setengah buah nanas segar, sebagai bahan proses pengentalan.

Cara membuatnya, susu direbus selama 10 menit hingga mendidih, setelah itu api dikecilkan ditambahkan air perasan nanas sampai kental serta masukkan air perasan daun pepaya secukupnya. Jika sudah mendidih, dituang pada cetakan kemudian ditunggu sampai dingin. Tekstur dali ni horbo ini biasanya lembut sepeti tahu dengan aroma susunya yang khas.

Diolah Dengan Bumbu Khas Arsik

diolah bumbu khas arsik
Ilustrasi via instagram prima_sari_rumapea

Dali ni horbo ini biasanya langsung dikonsumsi begitu saja atau diolah kembali menjadi makanan khas Batak yaitu Arsik. Arsik sendiri adalah bumbu kuning khas Batak dari rempah-rempah seperti asam cekala, bunga kecombrang, lokio, kemiri, kacang tanah, kunyit, andaliman dan lainnya. Memiliki cita rasa asam dan pedas.

Lokasi Kuliner Arsik dan Dali Ni Horbo

lokasi kuliner ikan arsik
Ilustrasi via instagram lva_galeri

Selanjutnya ada rekomendasi lokasi kuliner di Sumatra Utara untuk Teman Traveler yang ingin mencicipi Arsik dan Dali ni Horbo.

Pertama ada Rumah Makan Family yang dekat Danau Toba, menyediakan menu ikan arsik beserta makanan khas lainnya. Harga per porsinya mulai Rp 15.000 hingga Rp 50.000. Berada di Jalan Pelabuhan Pasar, Sibonor Ompu Ratus, Nainggolan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Jam operasional pukul 08.00-22.00 WIB, buka setiap hari.

Kemudian Teman Traveler bisa membeli keju khas Batak Dali Ni Horbo per porsinya mulai Rp 25.000, datang saja ke alamat Perum Sejahtera Indah 2 N.08, Jalan B.Terompet, Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Medan, Sumatra Utara. Jam operasional pukul 11.00-17.00 WIB.

Demikian ulasan makanan tradisional Dali Ni Horbo Khas Batak dan rekomendasi tempat kulinernya, Jangan lupa mencoba saat ke Sumatra Utara ya Teman Traveler. Next

ramadan
fi razor crest star wars siberia

Razor Crest Pesawat Tempur Star Wars Ada di Siberia

Taman Brantas

Taman Brantas, Tempat Hits di Kediri