in , ,

Terhipnotis Cantiknya Danau Ranau, Gerbang Menuju 2 Provinsi

Menghibur diri dengan keajaiban alam Sumatera

Bicara tentang kekayaan Indonesia memang tak pernah ada habisnya. Salah satunya yang bisa kita diskusikan adalah keberadaan danau-danaunya yang memukau. Salah satunya yang akan dikulik adalah Danau Ranau. Di manakah lokasinya? Apa sih daya tariknya? Yuk, baca terus ulasan saya berikut!

Baca juga : 4 Minuman Serba Boba di Surabaya, Sudah Coba yang Mana?

danau_ranau_3_MdD.jpg
Danau Ranau (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 125 kilometer persegi dengan kedalaman mencapai 225 meter.

Yang membuat spesial dari tempat ini adalah letaknya yang merupakan perbatasan antara Provinsi Lampung dan Palembang. Selain itu danau ini juga diapit Gunung Seminung yang cantik menghijau, serasa melengkapi keindahan yang dimiliki kawasan wisata ini.

Lokasi Wisata

danau_ranau_1_gjT.jpg
Danau Ranau (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Persisnya, kawasan wisata hits ini terletak di perbatasan antara Liwa, Kabupaten Lampung Barat, dan Oku, Sumatera Selatan. Untuk menuju ke danau, Teman Traveler harus menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari pusat kota Liwa. Jaraknya hampir memakan waktu 6-7 jam dari kota Bandar Lampung ataupun Palembang.

Fasilitas yang tersedia 

danau_ranau_2_OfU.jpg
Danau Ranau (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Fasilitas wisata Danau Ranau ini dari tahun ke tahun terus mengalami pembenahan. Terakhir ketika saya mengunjunginya di tahun ini, sarana yang tersedia sudah cukup lengkap. Sebut saja cottage, warung kantin, toilet, musala, kolam air hangat, perahu sewa, jembatan yang menjorok ke danau, hingga perahu dayung plastik, semuanya sudah tersedia.

Sayangnya, karena kebetulan saya datang bukan di waktu liburan, pengunjung yang datang tidak begitu banyak. Sedihnya, beberapa wahana nampak tutup, begitu pula jet motor dan para penjual makanan.

Harga tiket dan fasilitas

danau_ranau_4_L8k.jpg
Danau Ranau (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp10.000 untuk motor dan Rp20.000 hingga Rp50.000 untuk mobil. Sedangkan untuk fasilitas-fasilitasnya sendiri, seperti pemandian air panas contohnya, pengunjung akan ditarik harga tiket nya sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5000 untuk anak-anak.

Untuk sampai ke kawasan wisata ini, kalian harus menyewa perahu untuk menyeberang. Harga sewanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000 untuk pulang-pergi.

Teman Traveler juga bisa menginap di cottage yang disediakan seharga Rp250.000 per malam. Jika mau ditambah AC dan kamar mandi yang lebih bersih, kalian bisa menginap di kamar yang lebih bagus dengan harga Rp500.000 hingga Rp600.000. Nilai plusnya, kalian bisa langsung melihat pemandangan danau yang indah dan cantik. Keren, bukan?

Itu tadi sepotong kisah tentang salah satu danau terbaik di Sumatera ini. Tertarik untuk mengunjunginya? Next

ramadan
Pantai Karang Mayit Situbondo via Doc. Tim koral xpdc Himapala Unesa

Pesona Pantai Karang Mayit di Situbondo, Punya Spot Diving Favorit

Gigglebox Village Semarang

Kuliner Semarang, Ini 5 Tempat Makan yang Bikin Lidah Bergetar