in , ,

Kuliner Semarang, Ini 5 Tempat Makan yang Bikin Lidah Bergetar

Menjelajah Kuliner Semarang, Kafe Fancy Sampai Kedai Legendaris

Gigglebox Village Semarang
Gigglebox Village Semarang (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Tak hanya wisatanya, kuliner Semarang juga wajib dijelajahi. Teman Traveler bisa temukan banyak kafe fancy, hingga beragam kedai legendaris di Kota Lumpia. Begitu beragam, takkan cukup disambangi dalam sehari saja. Namun agar kalian tak bingung, yuk simak rekomendasi lima kuliner Semarang berikut ini.

Baca juga : Resto Khas Negeri Sakura yang Recommended di Bogor ya Hanya Midori Restaurant!

Gulai Kepala Ikan Pak Untung 

img_20190629_192111__2__nzZ.jpg
Gulai kakap segar  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Tempat makan ini beralamat di Jalan Singosari Raya no. 79. Di sini Teman Traveler bisa pesan aneka sop atau gulai dengan bahan utama ikan. Buat yang kurang suka kepala ikan, bisa pesan memesan Gulai Belly Salmon. 

Oya, Teman Traveler bisa pilih sendiri kuahnya, sop atau gulai. Jika ingin rasa segar dan gurih, sebaiknya pesan yang terakhir. Paduan asin dan asamnya benar-benar mantap. Aromanya terasa makin kaya berkat kehadiran daun kemangi, lombok utuh, dan daun jeruk. Dijamin ampuh hilangkan rasa amis.

Menu lain yang bisa Teman Traveler pesan antara lain Belly Kakap, Ikan Nila, Sirip Salmon, dan Fillet Salmon. Selain itu masih ada aneka sayuran dan olahan laut, seperti tumis kangkung, tumis kemangi, serta beragam olahan udang dan cumi.

Soal harga Teman Traveler tak perlu khawatir. Meski tempatnya sudah terkenal, semua menu di sini dipatok dengan harga bersahabat, antara Rp13.000 hingga Rp50.000. Sangat terjangkau bukan?

GiggleBox Village

20180218_153001__2__HO0.jpg
Area outdoor Gigglebox Village  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Puas menyantap gulai kepala ikan, Teman Traveler bisa meluncur ke Jl. Kompol Maksum no. 219. Kalian akan menemukan Gigglebox Village, sebuah kafe yang tawarkan nuansa ala perkampungan Eropa. Interiornya diatur sedemikian rupa hingga mirip seperti di Benua Biru. Sangat pas untuk dijadikan latar belakang berfoto.

20180218_153918__2__IXY.jpg
Asyik untuk berfoto (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Jika Teman Traveler datang siang hari, sebaiknya memilih duduk di area indoor yang teduh. Sayangnya, kawasan ini kerap disesaki pengunjung sehingga kalian harus sabar antre.

Pemandangan di area outdoor sebenarnya sangat eye catchy, tapi bakal sangat terik jika nongkrong di sini saat tengah hari. Namun saat pagi atau sore, tempat ini bakal jadi area makan yang sempurna. 

Bicara soal menu, di sini kalian bisa pilih aneka menu berkonsep western maupun Asia. Pilihannya beragam mulai dari blackpepper tenderloin toast, salmon mentai toast, chicken katsu donburi, hingga nasi ayam bistik. Harganya bervariasi, mulai Rp18.000 hingga Rp78.000.

Lekker Paimo 

img_20190629_164154__2__xTj.jpg
Lekker Paimo (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Untuk menikmati pencuci mulut, Teman Traveler bisa mampir ke kedai lekker legendaris ini. Meski hanya berjualan di gerobak biasa, pelanggan Lekker Paimo luar biasa banyak. Kala mampir ke sini, saya memilih pesan lekker rasa pisang cokelat, karamel, dan blueberry

Dari segi rasa sebenarnya tidak ada yang istimewa, namun isiannya memang sangat melimpah. Menariknya, harga yang ditawarkan sangat murah. Berkisar mulai dari seribu rupiah hingga Rp15.000. Tak heran jika lekker ini sangat terkenal di seantero Semarang.

Buat Teman Traveler yang berencana makan di tempat, wajib bersabar ya. Antrean di sini bisa cukup panjang, selain itu tempat duduknya juga sangat terbatas. Sebaiknya beli lewat ojek online saja jika ingin lebih praktis.

Tekodeko Kuffiehuis

20180217_182901__2__BoR.jpg
Kopi Gendhis lengkap dengan cookies  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Jika sedang jalan-jalan ke kawasan Kota Tua, Teman Traveler wajib mampir ke sini. Tekodeko Kuffiehuis pada dasarnya adalah kafe yang manfaatkan bangunan tua Belanda dan tawarkan konsep homey. Pas banget dijadikan tempat nongkrong sekaligus bersosialisasi bareng teman, kerabat, atau orang tersayang. 

Menu andalan di sini adalah kopi akulturasi yang terdiri dari lima jenis. Teman Traveler bisa pilih antara Cheng Li, Kopi Kota Lama, Kopi Londo, Kopi Gendhis, dan Kopi Arab. Semua bahannya menggunakan biji kopi asli Indonesia.

Saya sendiri sempat mencicipi Kopi Gendhis dengan gula jawa bakar sebagai topping. Rasa kopinya cukup kuat, namun terasa lembut di mulut. Tekodeko juga memberikan compliment berupa cookies. Seru kan?

Carnivor Sky Bar and Grill

a2fb9866_b387_4935_b0f9_959070288863_KcF.jpg
Carnivor Sky Bar and Grill  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Sebagai penutup, kalian bisa mampir ke sini saat malam. Tempatnya berada di rooftop Edge Hotel di bilangan Jalan Sultan Agung. Sekalian makan, mata bakal dimanjakan dengan pemandangan malam cantik khas Kota Lumpia. 

2ccad426_5416_4c45_9a53_a3ee58252236_q1F.jpg
Pemandangan malam Semarang (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Lantaran mengusung konsep fancy, harga yang ditawarkan di sini cukup mahal. Teman Traveler harus sediakan antara Rp70.000 hingga Rp300.000 untuk mencicipi menu di sini. 

6b7264c4_e054_4ea9_ab75_ce80c5bb1fad_4fw.jpg
Salah satu menu (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Teman Traveler bisa pilih aneka menu menarik seperti grilled norwegian salmon, meat ribs, barbeque chicken pizza, carnivor meat chaver, atau lainnya. Sementara buat kalian yang bisa menyantap menu non-halal, tersedia crispy pork knuckle atau crispy pork belly roll. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi kuliner Semarang yang bisa Teman Traveler coba di Kota Lumpia. Segera susun rencana dari sekarang dan siapkan juga dana cukup. Selamat kulineran di Venetie van Java. Next

ramadan

Terhipnotis Cantiknya Danau Ranau, Gerbang Menuju 2 Provinsi

Tamansari Jogja

Tamansari Jogja, Asyiknya Jalan-jalan di Istana Air