in , ,

Danau Talang, Pesona Tersembunyi di Ketinggian

Berakhir Pekan Syahdu di Danau Talang Sumatra Barat

Merasa lelah dengan rutinitas dan kebisingan kota? Teman Traveler bisa coba melepas penat dengan bertualang sambil menikmati panorama Danau Talang, sebuah destinasi cantik nan tersembunyi di Nagari Aia Batumbuk, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Baca juga : Yogya Gamelan Festival 2019, Makin Seru di Edisi ke-24

Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, perairan di Danau Talang terlihat begitu tenang. Selain itu lokasinya dikelilingi bukit hingga suasana sekitarnya terasa sangat nyaman. Yuk, simak cerita lengkap saya soal danau satu ini Teman Traveler.

Danau Vulkanik nan Mempesona

d2fec5e8_b55c_4b68_8620_6b0d012a3814_KLZ.jpg
Menikmati keindahan sekitar (c) Nella Mr/Travelingyuk

Danau Talang terbentuk dari aktivitas vulkanik gunung bernama sama. Tercatat sebagai salah satu gunung api aktif di Sumatera Barat, letusan Gunung Talang membentuk dua kawah besar dan salah satunya kini menjelma menjadi danau.  

Pemandangan di sekitar danau ini tampak makin indah berkat kehadiran bebatuan gunung. Menurut cerita masyarakat setempat, batu-batu tersebut merupakan sisa-sisa dari letusan gunung beberapa waktu silam.

Akses Menuju Danau

kebun_teh_fgZ.jpg
Hamparan kebun teh menuju danau (c) Nella Mr/Travelingyuk

Danau Talang bisa ditempuh via jalur darat dengan perjalanan sekitar tiga jam dari Padang, Sumatera Barat, menuju ke arah Solok. Begitu sampai di Solok, kalian hanya tinggal menempuh perjalanan darat selama kurang lebih satu jam.

Begitu memasuki kawasan Alahan Panjang, Teman Traveler akan dibuat takjub dengan indahnya hamparan kebun teh luas. Belum lagi ditambah kehadiran perkebunan sayur warga dan kawasan perbukitan yang luar biasa. Semuanya tampak begitu mempesona, dibalut sejuknya udara khas dataran tinggi.

Akses menuju Danau Talang sendiri butuh waktu sekitar satu jam menumpang sepeda motor dari Aia Batumbuak. Teman Traveler harus ekstra hati-hati karena jalannya penuh tanjakan dan kondisinya cukup rusak.

Sangat Cocok untuk Berakhir Pekan

sunset_2_Pp2.jpg
Suasana menjelang senja (c) Nella Mr/Travelingyuk

Danau yang berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Jika Teman Traveler datang di waktu yang tepat, kalian bakal disambut panorama sunset yang sangat indah. Sembari duduk santai, kalian bisa nikmati eloknya mentari yang perlahan menghilang di balik Gunung Talang.

sunset_Rz3.jpg
Menikmati sunset (c) Nella Mr/Travelingyuk

Begitu malam tiba, Teman Traveler bisa mendirikan tenda dan membuat api unggun. Mengobrol di depan kobaran api sambil menyeruput kopi tentu bakal jadi momen asyik saat liburan. Soal udaranya jangan ditanya, dingin bukan main. Alahan Panjang terkenal sebagai Negri paling dingin di Sumatera Barat, dengan suhu terendah mencapai 14° celcius.

Berkemah

tenda_PyK.jpg
Berkemah di pinggir danau (c) Nella Mr/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang hobi lakukan perjalanan penuh tantangan dan mencari ketenangan di alam bebas, danau ini adalah tempat pas untuk kalian. Berkemah di sini bakal tawarkan keseruan yang tak kalah menarik dibanding bermalam di kawasan pegunungan.

Tahukah Teman Traveler, danau ini juga sering disebut sebagai Telaga Sunyi karena letaknya tersembunyi dan jauh dari keramaian. Tentu saja sangat pas untuk mengusir kebosanan dari hiruk pikuk kota.

Aktivitas Menarik

paja_gilo_9Wf.jpg
Pesona sekitar danau (c) Nella Mr/Travelingyuk

Tak sekedar kemping, di danau ini Teman Traveler juga bisa berkeliling di dengan menumpang sampan nelayan sekitar. Tentunya jangan lupa meminta izin pada pemiliknya ya. Oh ya, kalian juga bisa lho memancing di sekitar sini. Jadi jangan lupa membawa peralatannya dari rumah ya.

kaki_ZWd.jpg
Menikmati waktu di sekitar danau (c) Nella Mr/Travelingyuk

Pemandangan yang ditawarkan Danau Talang memang memukau, sangat cocok buat Teman Traveler yang ingin lepas penat dengan nikmati pesona alam sekitar. Jika kalian berencana menjelajah wisata Sumatra Barat, jangan lupa mampir ke sini ya. Jangan lupa jaga keasrian dan kebersihan selama berada di sekitar danau.

ramadan
Keindahan Pantai Sinden

Pantai Sinden, Keindahan Tersembunyi dengan Wahana Ekstrem

Seporsi cungkring

Cungkring, Si Sedap Asal Bogor yang Mulai Langka