in , , , , ,

Pesona Danau Tambing, Konservasi dan Cagar Biosfer Kota Poso

Poso, sudah tidak asing lagi ditelinga akan panorama alamnya yang sungguh menakjubkan. Hamparan hutan yang hijau dan asri memberikan atmosfer udara kota Poso sangat jernih. Terlebih didaerah pedalaman, akan sangat sejuk dan menawan. Satu yang dinanti banyak wisatawan saat berlibur yaitu Danau Tambing yang berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, kini menjadi tujuan favorit wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Danau Tambing sendiri adalah titik awal untuk dapat mendaki Gunung Rorekantimbu.

Baca juga : DeSeloKaton di Boyolali, Kafe Dengan View Gunung Merbabu dan Merapi

Danau Tambing menjadi konservasi cagar alam di Poso. Foto via instagram @natgeoindonesia

Danau Tambing adalah salah satu penopang bagi keragaman satwa dan vegetasi di Desa Sedoa, kecamatan Lore Utara, Poso, Sulawesi Tengah. Banyak mahkluk hidup yang dijaga oleh hutan dan danau ini. Mulai dari ragam burung seperti Rhipidura teysmanni, salah satu burung endemik di Danau Tambing sampai dengan ragam anggrek endemik Sulawesi Tengah seperti Eria densa, atau dikenal dengan Anggrek Salju.

Danau ini menjadi salah satu potensi ekowisata yang dapat dikelola dengan baik bagi masyarakat. Serta sebuah contoh edukasi tentang bagaimana alam dapat selaras dengan mahkluk hidup di sekitarnya. Siapapun yang menepi ke Danau Tambing bakal dapat melihat dan belajar bagaimana alam menjadi sumber kehidupan. Kejernihan air dan kesejukan sekitar danau membuatmu enggan untuk pulang lebih awal.

Salah satu spot foto terbaik di Danau Tambing. Foto via instagram @ranajusmail

Danau dengan ketinggian 1.700 mdpl ini menjadikan hawa sejuk yang menyegarkan para pengunjung terlebih saat kabut menerpa, serasa makin syahdu. Memang disinilah para traveler menanti nanti akan turunnya kabut yang menutupi danau, layaknya di film horor yang menakutkan. Namun dibalik itu, menjaikan background foto benar benar tampak sempurna.

Bersantai di hutan danau Tambing yang rindang. Foto via instagram @ruklychahyadi

Danau yang terleltak di area Taman Nasional Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Una-Una dan Kawasan Wisata Tanjung Karang di Kabupaten Donggala ini dapat kamu jadikan momen berkemah dengan sahabat ataupun keluarga. Jangan khawatir, pengelola danau Tambing juga menyediakan lahan terbuka dibawah pepohonan rindang untuk mendirikan tenda ataupun sekedar piknik bersama. Next

ramadan

Malino Highlands, Hamparan Perkebunan Teh di Tanah Tinggi Makassar

Lereng Asri Cafe, Pilihan Tempat Makan di Trawas Dengan Pemandangan Lereng Gunung