in ,

Ramai Tagar Ganjardaurulangapk, Ini 10 Barang Kreatif Daur Ulang Alat Peraga Kampanye

10 Daur Ulang Alat Peraga Kampanye yang Kreatif Bukan Main

Daur Ulang Alat Peraga Kampanye
Daur Ulang Alat Peraga Kampanye

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beberapa hari terakhir sudah membuat heboh masyarakat degan sayembara yang dilakukannya. Ganjar menggelar lomba daur ulang alat peraga kampanye (APK) Pilpres 2019 bagi masyarakat. Melalui lomba ini, ia menantang masyarakat menyulap sampah APK menjadi berbagai produk kerajinan. Bagi pemenang utamanya, akan diganjar uang sebesar Rp 20 juta.

Baca juga : Kue Tradisional Dengan Gula Merah, Manis-manis Bikin Nagih

Apa yang dilakukan oleh Ganjar ini juga merupakan salah satu kampanye untuk mengurangi sampah plastik. Ditambah lagi mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah bekas APK sembarangan. Sebab seperti yang kita ketahui bersama, kebanyakan APK ini terbuat dari bahan yang tak ramah lingkungan, sehingga sulit terurai dalam tanah. Dari hasil lomba tersebut banyak barang kreatif hasil daur ulang, berikut ini 10 di antaranya.

1. Tas Belanja

Tas belanja, via Instagram/rice_ria
Tas belanja, via Instagram/rice_ria

Barang pertama yang cukup menyita perhatian adalah tas belanja. Penggunaanya praktis dan bisa membantu mengurangi sampah bekas APK. Bentuknya cantik, mudah dibawa, desainnya juga istimewa, ada kancingnya, lebih aman. Cukup kreatif bukan?

2. Sandal Indoor

Sandal indoor, via Instagram/riffi.awe
Sandal indoor, via Instagram/riffi.awe

Ada benda lainnya yang terbuar dari APK, yakni sandal indoor. Ini merupakan sandal indoor yang terbuat dari banner kampanye. Warnanya juga senada, cocoklah digunakan di dalam ruangan saja. Berguna dan cantik bentuknya.

3. Pouch Kuning

Pouch kuning, via Instagram/studionyaayu
Pouch kuning, via Instagram/studionyaayu

Benda daur ulang APK kreatif dan multifungsi lainnya adalah pouch berwarna kuning ini. Memiliki ukuran 60×90, pouch satu ini banyak kegunaan. Bisa digunakan untuk tempat ponsel, dompet dan lain-lain. Selain ditenteng, pouch hasil daur ulang ini juga bisa digantungkan di pergelangan tangan. Mantap bukan?

4. Duffle Bag

Duffle bag, via Instagram/adino_fatt
Duffle bag, via Instagram/adino_fatt

Benda lainnya yang terbuat dari daur ulang APK ini adalah duffle bag yang keren. Warnannya juga cantik, lengkap dengan bahan tambahan lainnya. Misanya saja ada resleting dan talinya. Gambarnya juga disesuaikan jadi seperti duffle bag asli. Kreatif bukan main.

5. Tas Serut

Tas serut, via Instagram/atika_putrie88
Tas serut, via Instagram/atika_putrie88

Ada benda lainnya yang cukup kreatif yakni tas serut. Siapa sangka APK yang selama ini dibuag begitu saja bisa jadi barang seuinik ini ya Teman Traveler? Salah satu cara mengurangi sampah yang begitu kreatif, bisa dicontoh.

6. Layang-layang

Layang-layang, via Instagram/rizkilonggarsetyawan
Layang-layang, via Instagram/rizkilonggarsetyawan

APK juga bisa digunakan untuk menjadi mainan anak-anak, jadi layang-layang. Biasanya layang-layang dibungkus dengan kertas atau plastik, ternyata bisa juga dari banner bekas. Bentuknya juga kreatif dan kokoh sekali.

7. Sling Bag

Sling bag, via Instagram/ekokuntadhi
Sling bag, via Instagram/ekokuntadhi

Masih ada barang lainnya yang terbuat dari banner APK, yakni sling bag. Menyulap barang-barang bekas menjadi lebih berguna memang menjadi ajang edukasi ya. Kalau diberi sling bag ini, kamu mau atau enggak?

8. Tempat Jilbab dan Sepatu

Tempat sepatu dan tas, via Instagram/megadwnt_
Tempat sepatu dan tas, via Instagram/megadwnt_

Daur Ulang Alat Peraga Kampanye selanjutnya adalah tempat jilbab dan juga sepatu. Harga tempat jilbab dan juga sepatu di pasaran cukup menguras kantong ya. Nah, jika ada banner yang tidak terpakai, kamu bisa membuatnya sendiri. Asal ada kemauan ada jalan kok, yuk lestarikan lingkungan dengan cara-cara yang lebih kreatif.

9. Pouch Gantung Multifungsi

Pouch gantung multifungsi, via Instagram/mahmudative
Pouch gantung multifungsi, via Instagram/mahmudative

Kreatif, mungkin itu merupakan pujian yang bisa diberikan kepada penggagas pouch gantung multifungsi ini. Untuk meletakkan berbagai barang, supaya rapi dan menghemat tempat juga. Bisa untuk menggantung makanan, kosmetik, dan lain sebagainya. Istimewa sekali memang.

10. Payung

Payung, via Instagram/tanganmamach
Payung, via Instagram/tanganmamach

Daur Ulang Alat Peraga Kampanye selanjutnya juga tak kalah unik. Siapa sangka bekas banner akan menjadi payung yang sangat berguna saat hujan atau matahari terik ini? Payung dengan ukuran yang cukup besar dari daur ulang sampah APK. Solusi yang begitu cerdas juga.

Bagaimana Teman Traveler, apakah kamu punya ide lainnya membuat barang dari APK? Yuk berbagi di kolom komentar. Siapa satu jadi ladang inspirasi untuk teman lainnya lho. Next

ramadan

Kasus Unik di Bandara, Sejumlah Orang Ini Rela Tenggak Minuman Dalam Jumlah Banyak

Baso Aci di Bogor, Pedas dan Hangatnya Siap Libas Dingin Kota Hujan