in ,

Rekomendasi Festival Wisata di Bulan Juli, Lengkap dari Jawa Hingga Papua

Ragam Festival Wisata Indonesia pada Juli 2018

Keseruan Festival Cheng Ho
Keseruan Festival Cheng Ho via Instagram isi_kayu

Adakah sobat traveler yang merencanakan berwisata bulan ini? Jika memang ya, maka kalian cukup beruntung. Sebab bakal ada banyak event keren yang bakal digelar di Nusantara dalam waktu dekat. Ada deretan festival wisata di bulan Juli yang bisa kalian kunjungi.

Baca juga : SAH! Pernikahan Irish Bella dan Ammar Zoni Bikin Baper, Intip Pine Hill Cibodas yang Jadi Wedding Venue Mereka

Deretan festival wisata di bulan Juli tersebut akan jadi kesempatan bagus bagi para sobat traveler untuk mempelajari lebih dalam soal tradisi masyarakat lokal. Pastinya bakal sangat menarik bagi kalian yang menaruh minat tinggi pada wisata budaya.

1. Festival Lima Gunung

Festival Lima Gunung
Festival Lima Gunung via Instagram sekarhasna

Warga sekitar Magelang bakal lebih sibuk antara 20 hingga 22 Juli mendatang. Sebab sekitar waktu tersebut akan ada festival kebudayaan akbar yang diberi nama Festival Lima Gunung. Dalam pagelaran tersebut wisatawan bisa menyaksikan karya cipta para seniman lokal Kabuaten Magelang, yang berada di bawah bendera Komunitas Lima Gunung.

Disebut Lima Gunung karena para anggotanya berasal dari penduduk di sekitar Gunung Merapi, Sumbing, Merbabu, Andong dan Menoreh. Selain pidato budaya, acara ini juga akan dimeriahkan beragam kegiatan menarik seperti kirab budaya, pameran seni rupa, serta tari-tarian.

2. Festival Cheng Ho

Kemeriahan Festival Cheng Ho
Kemeriahan Festival Cheng Ho via Instagram isi_kayu

Laksamana Cheng Ho merupakan tokoh yang cukup terkenal di Indonesia. Ia adalah seorang Tiongkok yang pernah mendarat di Indonesia dan menjadi salah satu yang punya sumbangsih besar terhadap perkembangan Islam di Nusantara. Pada 29 Juli mendatang, warga Semarang akan mengadakan festival khusus untuk memperingati kedatangan Cheng Ho ke Indonesia.

Sobat traveler wajib datang dan menyaksikan sendiri kemeriahannya di jalanan Semarang. Sebab festival masif ini akan dimulai dari Gang Lombok, tepatnya di Klenteng Tay Kak Sie dan menuju ke Klenteng Sam Poo Kong di Jl Simongan. Akan ada banyak arak-arakan dan kesenian yang kental dengan nuansa ala Tiongkok.

3. Erau Adat Kutai

Erau Adat Kutai
Erau Adat Kutai via Instagram mrvx98s

Ketika Kesultanan Kutai Kartanegara masih berkuasa, sering digelar sebuah ritual khusus bernama Erau Adat Kutai. Tradisi ini biasanya dipraktekkan untuk menyambut penobatan Raja, sultan, maupun putra mahkota. Namun kadang juga digelar untuk memperingati hajatan besar seperti ulang tahun sultan dan lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu, Erau Adat Kutai menjadi salah satu warisan kebudaan Tenggarong yang masih terus dipertahankan hingga kini. Selain upacara adat, wisatawan juga bisa menyaksikan penampilan sanggar seni daerah dan menikmati festival kuliner. Jangan lupa datang ke Kalimantan Timur antara 20 hingga 28 Juli mendatang.

4. Biak Munara Wampasi

Biak Munara Wampasi
Biak Munara Wampasi via Instagram john_emanratu

Tertarik berkunjung ke Indonesia Timur? Juli adalah salah satu bulan yang tepat, terutama bagi sobat traveler yang tertarik mendalami kebudayaan warga lokal. Tinggal berkunjung saja ke Papua Barat, tepatnya di Biak, tempat diadakannya Festival Kebudayaan Biak Munara Wampasi.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa sobat traveler coba. Mulai dari menangkap ikan dari air laut, berjalan kaki di atas batu panas, hingga melihat pemandangan indah di pameran anggrek dan budaya. Dijamin bakal memberikan pengalaman berkesan nan tak terlupakan.

Itulah tadi deretan festival wisata di bulan Juli, mulai dari Jawa hingga Papua. Jika ada sobat traveler yang merencanakan liburan bulan ini, tak ada salahnya mengunjungi salah satu festival tersebut. Next

ramadan

Soto Seger Mbok Giyem, Kuliner Boyolali yang Jadi Primadona

Inilah 5 Destinasi Wisata Masa Depan Sulsel Yang Wajib Kamu Jelajahi