in ,

Soto Seger Mbok Giyem, Kuliner Boyolali yang Jadi Primadona

Soto Seger Mbok Giyem dari Boyolali

Soto Seger Mbok Giyem

Ada rencana untuk liburan ke Jawa Tengah? Cobalah mampir ke Boyolali. Ada banyak kuliner enak yang pastinya bikin kamu rindu kota ini. Salah satunya Soto Seger Mbok Giyem yang menjadi primadona. Seenak dan seterkenal apa kuliner Boyolali yang satu ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga : Selamatan Desa Ngaglik, Tradisi Lawas yang Terus Terjaga

Soto Legendaris yang Bikin Ketagihan

Soto Seger khas Boyolali
Soto Seger khas Boyolali via instagram/@ky.foodstagram

Meski tersemat nama Mbok Giyem, tapi tokoh ini sudah digantikan oleh putera puterinya. Yap, Soto Seger Mbok Giyem kini dikelola oleh anak-anak pemiliknya. Warung makan sederhana ini terkenal dengan kelezatannya yang tak berubah sejak pertama kali buka, yaitu sekitar tahun 1950. Menariknya, warung di Jalan Garuda, samping Pasar Sunggingan ini tetap bertahan setelah krisis moneter. Termasuk juga banyaknya pesaing dengan menu lebih kekinian.

Soto Seger yang menggugah selera
Soto Seger yang menggugah selera via instagram/@wanderfannie

Punya Banyak Cabang

Seporsi soto Mbok Giyem
Seporsi soto Mbok Giyem via instagram/@cikkummommysetrong

Krisis moneter memang membuat banyak perubahan di warung ini. Semula banyak menu yang ditawarkan, seperti sate kambing bakar. Setelah krisis tersebut, pemilik dari warung ini memutuskan hanya menjual soto. Siapa sangka, keputusan tersebut membuat warung ini punya banyak cabang. Bukan hanya di Boyolali, tapi juga ada cabang di Pekalongan, Semarang, Solo, bahkan Jakarta. Nah, untuk menikmati seporsi soto seger ini tak perlu ke Boyolali kan?

Seporsi soto segar yang menggugah selera
Seporsi soto segar yang menggugah selera via instagram/@lets.go.eat

Murah tapi Tidak Murahan

Kuah Soto Segar
Kuah Soto Segar via instagram/@desy.monik

Keunggulan dari soto seger ini terdapat pada kuah beningnya. Soto Mbok Giyem terkenal murah dan komplit. Semangkuknya berisi irisan daging ayam atau daging sapi, toge, bawang merah goreng, kentang goreng, dan nasi. Hingga artikel ini ditulis, harganya dibanderol Rp7.000. Kamu juga bisa memesan porsi mangkuk normal atau mangkuk kecil. Sebagai pendamping, ada pilihan lauk mulai empela hati, telur puyuh, sate kikil, hingga telur dadar. Kurang lengkap apa coba? Banyak pilihannya pula.

Lauk Soto Seger yang Bervariasi
Lauk Soto Seger yang Bervariasi via instagram/@mhdwsn

Langganan Artis Ibukota

Lauk Soto Seger
Lauk Soto Seger via instagram/@semarangfoodmatters

Pelanggan Soto Seger Mbok Giyem bukan hanya dari Boyolali. Namun, banyak artis ibukota juga pernah mampir dan mencicipi soto Mbok Giyem. Sebut saja Ucok Baba, Syahrul Gunawan hingga Tukul Arwana. Namun, beberapa di antaranya tidak langsung datang ke Boyolali, tapi makan di cabang soto seger. Banyak dari mereka yang mengaku jika cita rasanya tak jauh beda.

Soto enak yang punya banyak cabang
Soto enak yang punya banyak cabang via instagram/@wspramono

Artis ibukota saja mau singgah dan mencicipi Soto Seger Mbok Giyem, masa kamu tidak sih? Jangan lupa singgah ke sini ketika berkunjung ke Boyolali ya! Next

ramadan

Nikmatnya Siomay dan Es Sekoteng Boper yang Nendang di Kota Bogor

Keseruan Festival Cheng Ho

Rekomendasi Festival Wisata di Bulan Juli, Lengkap dari Jawa Hingga Papua